PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH FUNGSI KUADRAT DI KELAS X

Authors

  • Roulina Roulina Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Hardi Tambunan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Lolyta Damora Simbolon Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.1264

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Projek, Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (2) untuk mengetahui besar pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (3) mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (4) untuk mengetahui besar pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (5) mengetahui Pembelajaran Berbasis Projek efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (6) mengetahui Pembelajaran Berbasis Projek efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan Jl. Jambi No. 23D, Pandau Hilir, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20233. Jenis  Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode ekperimen semu (quasi eksperiment). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi kemudian dianalisis statistik inferensial dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :  Pembelajaran Berbasis Projek berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsepdan pemecahan masalah pada materi fungsi kuadrat di kelas X. besar pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X sebesar 0,164%.  besar pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X sebesar 0,210%. efektivitas Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi fungsi kuadrat di kelas X adalah baik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Roulina Roulina, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Hardi Tambunan, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Lolyta Damora Simbolon, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Anggiehlia, A., Anisa, N., & Dalina, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas Xi Ips Di Sma N 1 Talang Ubi Kab. Pali. Harmony: Jurnal Pembelajaran Ips Dan Pkn, 4(1), 33–38.

Anjarini, D. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilomiah Geografi Sma. Universitas Negeri Malang. Http://Repository.Um.Ac.Id/Id/Eprint/62404

Aprianti, N. P. C. D., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Mengwi Badung Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10738

Bradley, J., Moore, E., Simpson, J., & Atkinson, L. (2018). Translanguaging Space And Creative Activity: Theorising Collaborative Arts-Based Learning. Language And Intercultural Communication, 18(1), 54–73. Https://Doi.Org/10.1080/14708477.2017.1401120

Damayanti, S., Nanggala, A., & Suryadi, K. (2023). Building Smart And Good Young Citizens Through Project-Based Learning In Civic Education As A Means Of Preventing Cyberbullying In The Digitalization Era. International Seminar, 5, 113–124. Https://Conference.Unita.Ac.Id/Index.Php/Conference/Article/View/106

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090

Fitz, A. I., Murtini, W., & Schuller, G. (2022). A Project-Based Learning Model To Improve Learning Outcomes For 8th Grade 4 Satap Kismantoro Wonogiri Students. Journal Of Research In Vocational Education, 4(10). Https://Doi.Org/10.53469/Jrve.2022.04(10).04

Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49–60. Https://Doi.Org/Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. Https://Doi.Org/10.15294/Jpp.V35i1.13886

Hasna, Q. A.-A., Handayani, A. D., & Hima, L. R. H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Polya Pada Materi Transformasi Geometri. Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 338–345. Https://Proceeding.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Semdikjar/Article/View/1957

Iswanti, P., Riyadi, R., & Usodo, B. (2016). Analisis Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas X Matematika Ilmu Alam (Mia) 4 Sma Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(6).

Jusita, M. L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 4(2), 90–95.

Lestari, T. P., Sarwi, S., & Sumarti, S. S. (2018). Stem-Based Project Based Learning Model To Increase Science Process And Creative Thinking Skills Of 5th Grade. Journal Of Primary Education, 7(1), 18–24. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jpe.V7i1.21382

Mutakinati, L., Anwari, I., & Kumano, Y. (2018). Analysis Of Students’ Critical Thinking Skill Of Middle School Through Stem Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 7(1), 54–65. Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V7i1.10495

Pramesti, D., Probosari, R. M., & Indriyanti, N. Y. (2022). Effectiveness Of Project Based Learning Low Carbon Stem And Discovery Learning To Improve Creative Thinking Skills. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 3(3), 444–456. Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V3i3.156

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i2.2357

Purwanti, P., Safitri, A., Pusporini, H., Kusumaningrum, S. R., & Dewi, R. S. I. (2022). Application Of Project Based Learning Model For Class V Students Theme 5 Sub Theme 1 Ecosystem Materia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090

Putri, Y. P., & Supatmo, S. (2020). Model Pembelajaran Seni Grafis Cukil Hardboard Pada Kelas Ix Smp Negeri 1 Bawen. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 9(3), 70–92. Https://Doi.Org/10.15294/Eduarts.V9i3.40511

Rahimah, N. (2019). Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Berdasarkan Kemampuan Matematik. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 37–41. Https://Journal.Umbjm.Ac.Id/Index.Php/Theta/Article/View/389

Ramadhani, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbasis Autograph. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 2(2), 1452–1461. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/20109

Ridwan, N., Ruslan, R., & Ihsan, H. (2022). Analysis Of Problem Solving Skills Of Students In Mathematics Based On Spatial Intelligence In Grade Viii. Mapan, 10(1), 50–67. Https://Doi.Org/10.24252/Mapan.2022v10n1a4

Rusmansyah, R., Leny, L., & Sofia, H. N. (2023). Improving Students’ Scientific Literacy And Cognitive Learning Outcomes Through Ethnoscience-Based Pjbl Model. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 4(1), 1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V4i1.382

Saputri, Y., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 935–948. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.577

Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv B Mi Model Panyabungan. Ittihad, 5(1).

Vogler, J. S., Thompson, P., Davis, D. W., Mayfield, B. E., Finley, P. M., & Yasseri, D. (2018a). The Hard Work Of Soft Skills: Augmenting The Project-Based Learning Experience With Interdisciplinary Teamwork. Instructional Science, 46, 457–488.

Vogler, J. S., Thompson, P., Davis, D. W., Mayfield, B. E., Finley, P. M., & Yasseri, D. (2018b). The Hard Work Of Soft Skills: Augmenting The Project-Based Learning Experience With Interdisciplinary Teamwork. Instructional Science, 46(3), 457–488. Https://Doi.Org/10.1007/S11251-017-9438-9

Walunj, V., Gharibi, G., Alanazi, R., & Lee, Y. (2022). Defect Prediction Using Deep Learning With Network Portrait Divergence For Software Evolution. Empirical Software Engineering, 27(5), 118. Https://Doi.Org/10.1007/S10664-022-10147-0

Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terintegrasi Tpack Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 191–205. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V8i2.39354

Widiastuti, D. A. (2021). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Ips Smpn 4 Pangalengan. Pelita Bumi Pertiwi, 2(02), 55–69. Https://Jurnal.Upg.Ac.Id/Index.Php/Jpbp/Article/View/129

Published

2025-05-08

How to Cite

Roulina, . R., Tambunan, H. ., & Simbolon, L. D. . (2025). PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH FUNGSI KUADRAT DI KELAS X. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 853–864. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.1264

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.