PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PESERTA DIDIK KELAS XI

Authors

  • Devi Hasibuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen,Indonesia, Indonesia
  • Juni Agus Simaremare Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen,Indonesia, Indonesia
  • Beslina Afrian Siagian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen,Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.126

Keywords:

Pembelajaran berbasis Masalah, Teks anekdot, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Peserta Didik Kelas Xl SMA Negeri 2Pangururan. penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian Two grup pretest dan posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xl dengan  jumlah 64 siswa dan yang menjadi sampel  dalam penelitian ini adalah  kelas Xl sebanyak 32  siswa dan Xl sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling.  Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas  dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest Model  Pembelajaran Berbasis Masalah, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 54,53 dengan  simpangan baku 10,99 dan pada kelas eksperimen yaitu 78,28 dengan simpangan baku 10,72 dan nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol yaitu 50,95 dengan simpangan baku 5,966 dan pada kelas eksperimen yaitu 80,4 dengan simpangan baku 10,72. Hasil uji prasyarat data pretest dan  posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis  dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ = 0,05, diperoleh thitung > ttabel  (0,1246 < 0,1542), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha  diterima

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Devi Hasibuan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen,Indonesia, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen,Indonesia, Indonesia

Juni Agus Simaremare, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen,Indonesia, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen,Indonesia, Indonesia

Beslina Afrian Siagian, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen,Indonesia, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen,Indonesia, Indonesia

References

A Marbun, A., Sitepu, A., & Juliana, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Praja Muda Karana Di Kelas III Sd Negeri 105327 PERDAMEAN. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(2), 176–184. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i2.26631

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123–133. https://doi.org/https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414

Ambarita, M. K., Siagian, B. A., & Simaremare, J. A. (2024). The Effect Of Using Pop-Up Book Media On The Ability To Write Narrative Texts Of Students Of Grade VII. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 12(3), 1052–1064.

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas IX SMPIT Khairunnas. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 70–74. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk matakuliah kurikulum dan pengajaran di jurusan pendidikan teknik informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 5(3), 149–157.

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177–11182. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10212

Hadi, W., Prihasti Wuriyani, E., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Basastra, 11(1), 56. https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33852

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Krismayanti, W., & Mansurdin, M. (2020). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(7), 102–110.

Muttaqin, A., Yoesoef, A., & Abdullah, T. (2018). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif dengan teknik three step interview terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas xi SMA negeri 1 sigli tahun ajaran 2017/2018. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 3(2).

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115–127.

Pebriyani, E. P., & Pahlevi, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP Di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 47–55. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p47-55

Pidrawan, I. G. A., Rasna, I. W., & Putrayasa, I. B. (2022). Analisis Strategi, Aktivitas, dan Hasil belajar Siswa dalam Pembelajaran Menulis yang Diampu Oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia di Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.973

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).

Siahaan, F. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Penggunaan Alat Peraga Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Semester II SMA. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 348–354.

Simanjuntak, H. (2022). Motivasi belajar mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(1), 9–17.

Simaremare, J. A., & Purba, N. (2021). METODE COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA.

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452

Published

2024-10-23

How to Cite

Hasibuan, D., Simaremare, J. A., & Siagian, B. A. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PESERTA DIDIK KELAS XI . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 402–412. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.126

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.