EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.257Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan NumerasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan numerasi siswa kelas X SMA Swasta Hang Tuah Belawan T.A. 2024/2025. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Hang Tuah Belawan yang terdiri dari 7 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-3 dan kelas X-5 yang dianggap memiliki kemampuan awal yang sama. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (X-3) sebanyak 36 orang siswa dan sebagai kelas kontrol (X-5) sebanyak 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil t hitung 0,000 pada kemampuan numerasi yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional. Kualitas pembelajaran dilihat dari daya serap perseorangan, daya serap klasikal dan uji t. Berdasarkan daya serap perseorangan yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terdapat 34 orang siswa yang tuntas dengan nilai di atas 70 dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan nilai di bawah 70. Berdasarkan daya serap klasikal, untuk persentase ketuntasan klasikal adalah 94,44% dengan kategori sangat tinggi dan dari hasil uji-t disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan numerasi siswa. Hasil lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor 4,02 yang berarti kesesusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,3 yang berarti baik, maka dapat disimpulkan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan numerasi siswa pada materi statistika di kelas X SMA Swasta Hang Tuah Belawan T.A. 2024/2025.
Downloads
References
Adifta, E. D., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Vii Pada Materi Himpunan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 340. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i2.2561
Aksara, P. T. B. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. Https://Doi.Org/10.37058/Diffraction.V3i1.4416
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i1.209
Awaludin, A., Wibawa, B., & Winarsih, M. (2020). Integral Calculus Learning Using Problem Based Learning Model Assisted By Hypermedia-Based E-Book. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 224. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V9i2.23106
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa Smp Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i1.148
Djamilah, S., Hidayati, R., & Ikrima. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Statistika. Emteka: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 36–44.
Efstratia, D. (2014). Experiential Education Through Project Based Learning. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 152, 1256–1260. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2014.09.362
Hafizh, M. A. Al, & Konsep, P. (2023). Analysis Of The Difficulty Of Understanding Students ’ Mathematical Concepts In Class X Statistics Material.
Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 Sdn 192 Ciburuy. El-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 10–19.
Lestari, F., Safa’udin, M., & Indrayany, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Guided Concept Sentence Pada Matematika Smk Kurikulum 2013. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 63. Https://Doi.Org/10.29407/Jmen.V4i01.11993
Mardhotillah, B., Asyhar, R., & Elisa, E. (2022). Philosophy Of Applied Statistical Science In The Era Of Smart Society 5.0. Multi Proximity: Jurnal Statistika Universitas Jambi, 1(1), 57–70.
Maryati, I. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistis. Prisma, 6(2), 173–179. Https://Doi.Org/10.35194/Jp.V6i2.209
Nr, Y. D., Alpindro, A., Rohil, R., & Angraini, L. M. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Statistika. Progressive Of Cognitive And Ability, 3(3), 188–199. Https://Doi.Org/10.56855/Jpr.V3i3.1049
Pangaribuan, L. R., & Manik, E. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Yang Dirancang Dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Uhn. Jurnal Suluh Pendidikan Fkip-Uhn, 5, 55–64.
Pracilia, A., Fadhilaturrahmi, F., Surya, Y. F., & ... (2023). Analisis Kemampuan Belief Matematika Di Sekolah Dasar Yang Menerapkan Kurikulum Merdeka. El-Ibtidaiy: Journal Of Primary Education, 6(2), 200–208.
Prasetia, Y., Wijayanti, K., Dewi, N. R., Mashuri, & Veronica, R. B. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Core. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 9(1), 489–496. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i1.2667
Rahman, M. H., & Latif, S. (2020a). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Kelas V. Edukasi, 18(2), 246. Https://Doi.Org/10.33387/J.Edu.V18i2.2100
Rahman, M. H., & Latif, S. (2020b). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Kelas V. Edukasi, 18(2), 246. Https://Doi.Org/10.33387/J.Edu.V18i2.2100
Sekarini, A. P., Wiyanto, W., & Ellianawati, E. (2020). Analysis Of Problem Based Learning Model With Mind Mapping To Increase 21st Century Skills. Journal Of Innovative Science Education, 9(3), 321–326. Https://Doi.Org/10.15294/Jise.V9i1.36843
Sihombing, S. (2021). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Geometri Selama Pembelajaran Dalam Jaringan Kelas X Sma Kota Medan. Sepren, 2(2), 50–66. Https://Doi.Org/10.36655/Sepren.V2i2.555
Sinabang, E., Simanjuntak, S. D., & Imelda. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasismasalah Untuk Meningkatkan Kemampuanliterasi Numerasi Matematis Siswasmp Negeri 30 Medan. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 55.
Sinaga, S. J., Fadhilaurrahmi, Ananda, R., & Ricky, Z. (2022). Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discover Learning Dan Direct Instruction. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung, 1–23.
Sopandi, S. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Anekdot Melalui Penerapan Strategi Genius Learning. Journal Of Education Action Research, 4(4), 422. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V4i4.28508
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Cv. Alfabeta.
Tambunan, H. (2021). Tambunan (2021). Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 70–76.
Tustin, F. (2021). Autistic States In Children. In Autistic States In Children. Https://Doi.Org/10.4324/9781003090366
Umar, U., & Widodo, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar Di Daerah Pinggiran. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(2), 458–465. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i2.2131
Wardhani, Sri Dan Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Smp : Belajar Dari Pisa Dan Timss. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Pppptk) Matematika, 55.
Winata, A., Seftia, I., Widiyanti, R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal Pada Siswa Kelas Xi Sma Untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. 7(2), 498–508. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i2.1090
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten