EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INQUIRY BERPARADIGMA FALSAFAH BATAK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI

Authors

  • Simon Panjaitan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Lena Rosdiana Pangaribuan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Julianti Sinaga Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Stepani Zebua Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.975

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Inquiry, Falsafah Batak, Kemampuan Literasi Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Inquiry berparadigma falsafah batak  terhadap kemampuan literasi numerasi . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Yapim Medan. Sampel penelitian diperoleh dari kelas eksperimen (VII-A) dengan jumlah 15 siswa dan kelas kontrol (VII-B) dengan jumlah 16 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa berupa soal essay yang telah dilakukan tes prasyarat, instrumen tes, dan lembar observasi. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh hasil perhitungan pada kelas eksperimen dengan rata-rata skor pre-test sebesar 63,93333 dan rata-rata skor post-test sebesar 84,46667. Pada kelas kontrol, rata-rata skor pre-test sebesar 67,3125 dan rata-rata skor post-test sebesar 73,375. Dengan demikian, berdasarkan hasil perhitungan kualitas tingkat pembelajaran terhadap kemampuan literasi numerasi menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti terdapat perbedaan antara pembelajaran inquiry berparadigma falsafah batak dengan model konvensional. Berdasarkan lembar observasi, kesesuaian tingkat pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh dengan skor 4,0 yang berarti kesesuaian tingkat pembelajaran berada pada kriteria baik. Berdasarkan lembar observasi alokasi waktu diperoleh nilai 4,75 yang berarti alokasi waktu berada pada kriteria baik. Berdasarkan kualitas pembelajaran, kesesuaian jenjang pembelajaran, dan alokasi waktu, pembelajaran inquiry berparadigma falsafah batak efektif terhadap kemampuan literasi numerasi pada materi pokok bahasan di SMP Yapim Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Simon Panjaitan, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Lena Rosdiana Pangaribuan, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Julianti Sinaga, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Stepani Zebua, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

References

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99. Https://Doi.Org/10.29303/Jpm.V13i2.468

Asni, A., Wildan, W., & Hadisaputra, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon. Chemistry Education Practice, 3(1), 17. Https://Doi.Org/10.29303/Cep.V3i1.1450

Corry, C. (2022). Batak Toba Migrants: Adaptation And Cultural Change In The City Of Pematangsiantar. Gramatika Stkip Pgri Sumatera Barat, 8(1), 126–142. Https://Doi.Org/10.22202/Jg.2022.V8i1.5698

Cristy, S. N., Lubis, F. H. A., & Chunliu, L. (2023). The Comparison Of Verb Affixations Contrastive Between Batak Toba And Indonesia Language. Tradition And Modernity Of Humanity, 3(1), 1–11.

Desiani, I. F. (2022). Simbol Dalam Kain Ulos Pada Suku Batak Toba. Jurnal Ilmu Budaya, 18(2), 127–137. Https://Doi.Org/10.31849/Jib.V18i2.9466

Dewi Muliani, N. K., & Citra Wibawa, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i1.17664

Gurning, E. O. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Latihan Terbimbing Dengan Media Teks Lagu Pada Siswa Kelas Xii Mia-1 Sma Negeri 16 Medan. Cybernetics: Journal Educational Research And Social Studies, 151–160.

Juliana, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Semester Ii Smpn 5 Siak Kecil Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(4), 530–539.

Lianantara, Z. (2022). Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Lagu Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 01 Totokaton Punggur Lampung Tengah. Iain Metro.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar. Science And Physics Education Journal (Spej), 2(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.31539/Spej.V2i1.333

Mariana, D. (2021). Pewarisan Sejarah Melalui Adat Mangongkal Holi Batak Toba Di Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara Tahun 2019. Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 8(02), 147–156. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33059/Jsnbl.V8i02.3555

Mulaiatik, S., Zahara, S. F., & Perangin-Angin, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Menyunting Cerpen Melalui Metode Latihan Terbimbing Dengan Media Surat Kabar Edisi Mingguan. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 5(2), 15–24.

Rahmadhani, Y., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2693–2699. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V4i3.761

Salamudin, C., & Amelia, E. M. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengembangan Berpikir Kritis Siswa Di Sman 14 Garut. Jurnal Masagi, 1(1), 1–7.

Setyaningsih, Y. (2021). Menulis Cerita Pendek Dengan Model Pembelajaran “Cantik” Bagi Siswa Sma Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(3), 529–534.

Shoimin, A. (2021). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Sinaga, A. (2022). Tindak Tutur Bahasa Batak Toba Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Kelas Xi Smk Negeri 1 Pagaran. Jbsi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(01), 60–65. Https://Doi.Org/10.47709/Jbsi.V2i01.1400

Sujono, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Sederhana Dengan Menerapkan Metode Latihan Terbimbing Dan Media Teks Lagu. Journal On Education, 3(01), 127–148.

Tampubolon, J. R., Sibarani, R., & Sinulingga, J. (N.D.). Tradisi Gotong Royong Pada Masyarakat Batak Toba Di Desa Sigapiton Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba: Kajian Tradisi Lisan. Asas: Jurnal Sastra, 11(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Ajs.V11i2.37159

Tobing, S., Munandar, A. A., Tjahjandari, L., & Christomy, T. (2023). Jakarta Toba Batak Subject Position In Toba Batak Mangongkal Holi Discourse: Laclau Discourse Analysis. Mudra Jurnal Seni Budaya, 38(3), 252–258. Https://Doi.Org/10.31091/Mudra.V38i3.2328

Tohir, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V4i1.23015

Vivitri, M., & Sunardi, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Mengoptimalkan Metode Ekspositori Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Matematika Rafa, 4(2), 152–163. Https://Doi.Org/10.19109/Jpmrafa.V4i2.2898

Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ips. Journal Of Classroom Action Research, 4(2), 71–74. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V4i2.1680

Published

2025-04-28

How to Cite

Panjaitan, S., Pangaribuan, L. R., Sinaga, J., & Zebua, S. (2025). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INQUIRY BERPARADIGMA FALSAFAH BATAK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 620–626. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.975

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.