EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATERI EKSPONEN DI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.501Keywords:
Efektivitas, Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, Kemampuan, NumerasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan numerasi siswa pada materi eksponen kelas X SMA Swasta HKBP Sidorame Medan T.A 2025/2026. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif jenis metode quasi experiment. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X, dan sampel penelitian yang terdiri dari 25 siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t berpasangan (Paired Sample t-Test). Hasil penelitian menggunakan uji-t berpasangan didapatkan nilai Sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa "tolak Ho" artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar kemampuan numerasi antara rata-rata pretest dengan posttest kelas eksperimen. Nilai rata-rata N-Gain score adalah 0,7738 yang termasuk kategori tinggi dan nilai rata-rata tingkat keefektifan 77% dengan kategori ≥ 56 % yang termasuk kriteria efektif. Jika ditinjau dari indikator penetapan efektivitas: (1) Kualitas pembelajaran dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05 dan N-Gain sebesar 77%; (2) Kesesuaian tingkat pembelajaran berada pada kategori “ baik sekali” dengan nilai 3,51; dan (3) Waktu pembelajaran berada pada kategori “baik” dengan nilai 4,7. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan numerasi siswa kelas X SMA Swasta HKBP Sidorame Medan pada materi eksponen.
Downloads
References
Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V7i1.10736
Amanda, S., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Ahied, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Berbasis Sets. Natural Science Education Research, 1(1), 57–64. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21107/Nser.V1i1.4199
Amidi, A., & Zahid, M. Z. (2017). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 586–594.
Asdlori, A., & Slamet Yahya, M. (2023). Konsep Pembelajaran Pai Berbasis Media Digital Melalui Pendekatan Humanistik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1877–1886. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i3.1646
Aswat, H., Onde, M. L. O., Madiani, L. O., & Irsan, I. (2020). Training On Skills In Designing Pelatihan Keterampilan Desain Media Pembelajaran Tiga Dimensi Jenis Diorama Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 1(5), 450–457. Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V1i5.87
Auliah, L., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13. Https://Doi.Org/10.36709/Jpm.V11i1.9885
Deswita, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 129–137.
Dinarti, S., & Qomariyah, U. N. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berbasis Etnomatika Budaya Jombang. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 103–112. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36709/Jpm.V14i2.76
Ernawati, & Amidi. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Dengan Model Core Dan Strategi Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 537–550.
Fadilah Pane, R., & Sugiharti, G. (2022). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 260. Https://Doi.Org/10.33394/Jtp.V7i2.5663
Fitriyanti, M., Maasawet, E. T., & Boleng, D. T. (2021). Analisis Permasalahan Guru Terkait Media Pembelajaran Biologi Berbasis Aplikasi Mobile Learning Menggunakan Teknik Mnemonik Verbal. Jurnal Pendidikan, 9(2), 67–72. Https://Doi.Org/10.36232/Pendidikan.V9i2.1148
Hartini, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Bentuk Penilaian Portofolio Berbasis Kelas Dan Jenis Sekolah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 119–132. Https://Doi.Org/10.31943/Mathline.V2i2.40
Jalilah, S. R. (2021). Merangsang Minat Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Media Video Sosiodrama Untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(6), 5953–5960. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1657
Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Hots Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 267–276. Https://Doi.Org/10.25008/Altifani.V1i4.182
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer. Pendipa Journal Of Science Education, 3(3), 167–173. Https://Doi.Org/10.33369/Pendipa.3.3.167-173
Marbun, Y. M. R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Вестник Росздравнадзора, 4(1), 9–15.
Masruroh, M., Zaenuri, Z., Walid, W., & Waluya, S. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1751–1760. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i2.1056
Mustofa, A., Abdullah, M., Hamid, A., Ayu, R., Rohmah, F., Rohmah, N., Wilujeng, A. D., Annafiyah, A., & Sa’diyah, I. (2021). Pembuatan Sistem Absensi Fingerprint Dan Monitoring Kehadiran Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel Di Smk Al Miftah Pamekasan. Sewagati, 5(3), 335–342. Https://Doi.Org/10.12962/J26139960.V5i3.91
Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i2.17775
Nasution, S. R., & Mujib, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 6(2), 40–48.
Nurdyansyah, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran Ipa Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Http://Eprints.Umsida.Ac.Id/Id/Eprint/1611
Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah Terhadap Hasil Belajar Iqro Pada Santri The Gold Generation. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 1(2), 60–68. Https://Doi.Org/10.54371/Jiepp.V1i2.106
Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Berdasarkan Strategi Polya Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 3(2), 223. Https://Doi.Org/10.31331/Medivesveteran.V3i2.768
Rahmawati, R. D., Khotimah, K., Aprilyanti, V., Fatmawati, A., & Aprillia, L. D. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Visual Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn Sumberagung. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 124–128. Https://Doi.Org/10.32764/Abdimaspen.V3i3.3366
Rosita, D. (2022). Aplikasi Model Berbasis Masalah Dalam Membaca Bahasa Prancis Bagi Mahasiswa. Aksara, 23(1), 137–147. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/42426
Rukman, N. K., & Zulfikar, R. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 7(1), 106–117. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.7.1.106-117
Sa’adah, S., Noerfatimah, F., & Yusup, I. R. (2022). (Lkpd) Berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning (Ssibl): Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Bioeduin: Program Studi Pendidikan Biologi, 12(2), 120–137. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15575/Bioeduin.V12i2.20125
Sidabutar, R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Di Smp Negeri 8 Tanjungbalai. Unimed.
Silaban, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Vektor Di Kelas X Mia-1 Sma Negeri 18 Medan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 307–311.
Sitepu, I. D., Nasution, M. F. A., & Ibrahim, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Senam Dasar Model Hybrid Learning Berbasis Kkni. Jurnal Prestasi, 3(5), 56. Https://Doi.Org/10.24114/Jp.V3i5.13450
Swandewi, N. L. P., Gita, I. N., & Suarsana, I. M. (2020). Pengaruh Model Quantum Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sma. Jurnal Elemen, 5(1), 31–42.
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i3.P445-452
Zaidah, B. S., Susilawati, S., & Sutrio, S. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 10(2), 39. Https://Doi.Org/10.33394/J-Lkf.V10i2.6805
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten