PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI KELAS XI

Authors

  • Kristina Gultom Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Hardi Tambunan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Rani Farida Sinaga Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.560

Keywords:

Efektivitas, Creative Problem Solving, Komunikasi Matematis, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI, (2) untuk mengetahui besar pengaruh pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI, (3) mengetahui pengaruh pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI, (4) untuk mengetahui besar pengaruh pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI,(5) mengetahui pembelajaran creative problem solving efektif terhadap kemampuan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI dan (6) untuk mengetahui pembelajaran creative problem solving efektif terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS YAPIM Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan lembar observasi kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran creative problem solving berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI.(2) besar pengaruh pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI sebesar 21,8%.(3) pembelajaran creative problem solving berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI, (4) besar pengaruh pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI sebesar 33,4%. (5) pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis pada transformasi geometri di kelas XI adalah efektif (6) pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi transformasi geometri di kelas XI adalah efektif

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kristina Gultom, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Hardi Tambunan, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Rani Farida Sinaga, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Anis, Q. (2022). Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terintegrasi Islam Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma Ditinjau Dari Penalaran Matematis. Uin Raden Intan Lampung. Https://Doi.Org/Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/20109

Cahyani, S. D., Khoiri, N., & Setianingsih, E. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V7i2.17496

Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman, S. (2022). Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pembelajaran Creative Problem Solving. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337. Https://Doi.Org/10.30998/Jkpm.V7i2.13071

Fayesa, I., Ayu Garawati, R., & Hamidah, I. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Motivasi Dan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Ab-Jme: Al-Bahjah Journal Of Mathematics Education, 1(2), 86–97. Https://Doi.Org/10.61553/Abjme.V1i2.53

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal On Education, 5(1), 460–468. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i1.620

Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps). Musamus Journal Of Primary Education, 5(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.35724/Musjpe.V3i1.2875

Hartiwi, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 21 Dumai. Universitas Islam Riau. Http://Repository.Uir.Ac.Id/Id/Eprint/7641

Herlina, D., & Susanti, E. (2022). Kemampuan Abstraksi Tipe Konjektur Melalui Pembelajaran Creative Problem Solving Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas Viii. Sriwijaya University.

Herutomo, R. A., & Masrianingsih, M. (2019). Pembelajaran Model Creative Problem-Solving Untuk Mendukung Higher-Order Thinking Skills Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 188–199. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V6i2.26352

Jonsson, B., Granberg, C., & Lithner, J. (2020). Gaining Mathematical Understanding: The Effects Of Creative Mathematical Reasoning And Cognitive Proficiency. Frontiers In Psychology, 11, 574366. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2020.574366

Maharani, N., Hadiyan, A., & Murdiyanto, T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 48–57. Https://Doi.Org/10.21009/Jrpmj.V3i1.20110

Maria, S. (2018). Pengaruh Model Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 36–48.

Meitiyani; Et Al. (2022). Analysis Of Students Creative Thinking Ability In Environmental Problem Solving. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1983–1994. Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V14i1.1629

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i3.140

Munastiwi, E. (2021). Adaptation Of Teaching-Learning Models Due To Covid-19 Pandemic: Challenge Towards Teachers Problem-Solving Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 33. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V5i1.32695

Munthe, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Peserta Didik Pada Materi Segitiga Kelas Vii Smp Swasta Imelda Medan Tp 2018/2019. Http://Repository.Uhn.Ac.Id/Handle/123456789/1629

Nining, N. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(1), 32–41.

Nopitasari, D. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Mengembangkan Penalaran Analogi Mahasiswa. Jtam (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(2), 121–126. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Jtam.V3i2.1011

Paramitha, I., Misdalina, M., & Andinasari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Disposisi Matematis. Jurnal E-Dumath, 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52657/Je.V5i1.915

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (Cps) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V4i1.2644

Putri, Y. D., & Yarman, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 20 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(3), 70–76. Http://Repository.Unp.Ac.Id/Id/Eprint/22386

Rachman, A., & Rosnawati, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran, Komunikasi, Dan Self Esteem. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 231–243. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V8i2.34420

Rasmawan, R. (2022). Stoichiometry E-Book Based On Creative Problem Solving (Cps) To Solve Conceptual Problems. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 6(1), 70–78. Https://Doi.Org/10.23887/Jpk.V6i1.43441

Rusda Elsabrina, U., Hanggara, G. S., Sancaya, S. A., Nusantara, U., & Kediri, P. (2022). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Seminar Nasional Dalam Jaringan Konseling Kearifan Nusantara, 502–513.

Sebayang, W. A. B., Laia, A., & Nababan, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Materi Kesejarahan Perumusan Uud 1945 Kelas Vii Smp 2 Tiga Binanga Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 49–60.

Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Smk Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97. Https://Doi.Org/10.29408/Jel.V3i1.317

Suprihadi, R. A. P., & Ma Rifah, D. R. (2022). Literature Study: Various Abilities Of High School Students Obtained From The Application Of Problem-Based Learning Models In The Field Of Natural Science. Journal On Biology And Instruction, 2(2), 71–76. Https://Doi.Org/10.26555/Joubins.V2i2.6947

Tambunan, L. O. (2021). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 362. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V5i2.4630

Vera, A. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Berbantuan Bridging Analogy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. Uin Raden Intan Lampung.

Wansaubun, W. A. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 3(2), 220–226. Https://Doi.Org/10.30862/Accej.V3i2.305

Widodo, A. N. A., & Amalia, S. R. (2020). Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gender. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 158–165.

Yuliati, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 280138.

Published

2025-06-13

How to Cite

Gultom, K., Tambunan, H., & Sinaga, R. F. . (2025). PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI KELAS XI . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 444–455. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.560

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.