PENGARUH PENERAPAN MEDIA GEOGEBRA DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 8 MEDAN KELAS XI PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN

Authors

  • Monika Br. Sinaga Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Agusmanto J.B Hutauruk Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Golda Novatrasio Sauduran Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.85

Keywords:

Media Geogebra, Model Pembelajaran, Komunikasi Matematis, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Media Geogebra Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 8 Medan Kelas Xi Pada Materi Persamaan Lingkaran. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksprimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test control group desain. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI. Teknik sampling yang diterapkan pada penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. diketahui bahwa nilai sig. (2-tailend) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara komunikasi matematis siswa hasil pretest dengan post-test yang artinya ada pengaruh penggunaan media GeoGebra dengan Model pembelajaran Problem Based Learning di kelas XI SMA Negeri 8 Medan pada materi persamaan lingkaran. maka disimpulkan bahwa penerapan media GeoGebra dalam model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 8 Medan pada materi persamaan lingkaran dikelas XI.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Monika Br. Sinaga, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Agusmanto J.B Hutauruk, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Golda Novatrasio Sauduran, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Altania, E., & Sungkono, S. (2021). Pelaksanaan Moodle Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 11 Ipa. Epistema, 2(2), 59–67. Https://Doi.Org/10.21831/Ep.V2i2.43251

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i3.829

Andhini, D. P., Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. (2023). Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self-Concept Siswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 879–891. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V4i2.352

Annisa, F., Kurniati, D., Murtikusuma, R. P., Prambudi, D. S., & Suwito, A. (2022). Pengembangan Media Berbantuan Geogebra Pada Sistem Pertidaksamaan Linear-Kuadrat Dalam Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Fitri. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2269–2281.

Cahyani, I., Nugroho, R. A., & Rahma, R. (2019). Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Narasi. Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Gong, J. W., Liu, H. C., You, X. Y., & Yin, L. (2021). An Integrated Multi-Criteria Decision Making Approach With Linguistic Hesitant Fuzzy Sets For E-Learning Website Evaluation And Selection. Applied Soft Computing, 102, 107118. Https://Doi.Org/10.1016/J.Asoc.2021.107118

Gunawan, E., Sulistyowati, & Rusdiana, L. (2022). Aplikasi Game Edukasi Matematika Tingkat Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 107. Https://Doi.Org/10.33365/Jti.V16i1.806

Hadi, M. S., Fattah, A. H., & Amrina, R. (2018). Penggunaan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Program Linier. Indiktika (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 1(1), 65–74.

Langi, E. L., Panglipur, I. R., Ashadi, F., Trianggono, M. M., & Kurniawan, M. U. (2024). Pelatihan Pembuatan Eco Print Sebagai Penguatan Karakter P5 Dalam Pemahaman Konsep Matematika Dengan Geogebra. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 57–64.

Maharani, A. M. (2020). Penggunaan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Di Kelas Iii Sd Negeri 2 Cisandawut. Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education), 3(1), 1–6. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/Collase.V3i1.3792

Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas Dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i2.326

Nasution, N. A., & Lubis, M. R. (2021). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Pembelajaran Inkuiri Berbasis Budaya Berbantuan Geogebra. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 133–142.

Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. Mes: Journal Of Mathematics Education And Science, 4(1), 16–21. Https://Doi.Org/10.30743/Mes.V4i1.864

Octaviani, R., Handayani, I., & Hamer, W. (2019). Applying Board Race Game To Increase Students’ Vocabulary Mastery In Uttayan Suksa Krabi School, Thailand. Journal Of English Education Studies, 2(2), 101–110. Https://Doi.Org/10.30653/005.201922.40

Putri, A. D., Hasnita, S., Vilardi, M., & Setiawan, W. (2019). Analisis Pengaruh Minat Belajar Siswa Ma Dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Spldv. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47–52. Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V9i1.6348

Saqr, M., & Alamro, A. (2019). The Role Of Social Network Analysis As A Learning Analytics Tool In Online Problem Based Learning. Bmc Medical Education, 19(1), 160. Https://Doi.Org/10.1186/S12909-019-1599-6

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020a). Geogebra In Integral Areas To Improve Mathematical Representation Ability. Journal Of Physics: Conference Series, 1613(1), 012035. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020b). Mathematical Representation Ability Through Geogebra-Assisted Project-Based Learning Models. Journal Of Physics: Conference Series, 1657(1), 012019. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Suhaifi, A., Rufi’i, R., & Karyono, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220–230.

Wicaksono, R. S., Susilo, H., & Sueb. (2019). Implementation Of Problem Based Learning Combined With Think Pair Share In Enhancing Students’ Scientific Literacy And Communication Skill Through Teaching Biology In English Course Peerteaching. Journal Of Physics: Conference Series, 1227(1), 012005. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1227/1/012005

Yunita, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transformasi Melalui Media Geogebra Kelas Ix Di Smp N 2 Banjit Way Kanan. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 89. Https://Doi.Org/10.51278/Aj.V2i2.43

Zebua, N. S. A., Zalukhu, A., Herman, H., Hulu, D. B. T., Tambunan, H., & Pangaribuan, F. (2023). Analisis Kemampuan Guru Dalam Menanamkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal On Education, 5(3), 6047–6053. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i3.1370

Published

2025-08-24

How to Cite

Sinaga, M. B., Hutauruk, A. J., & Sauduran, G. N. (2025). PENGARUH PENERAPAN MEDIA GEOGEBRA DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 8 MEDAN KELAS XI PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 1997–2005. https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.85

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.