UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF LIVE WORKSHEET PADA MATERI POLINOMIAL KELAS XI

Authors

  • Tuti Alawiyah Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Anita Juliana Rambe Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Hizmi Wardani Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Nurhafni Siregar Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Elda Naida Purba Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.85

Keywords:

Live Worksheet, Polinomial, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji penggunaan media interaktif live worksheet dalam model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI 2 di SMAN21 Medan pada tahun ajaran 2024/2025, dan mengidentifikasi bagaimana langkah-langkah penerapannya. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 36 siswa kelas XI 2 dan dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melewati empat tahap: persiapan, penerapan, pengamatan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar pengetahuan siswa secara klasikal diperoleh persentase sebesar 5,6% pada pra-siklus menjadi 61,5% pada siklus I dan 80,5% pada siklus II. Data penelitian dianalisis secara kualitatif, dan temuan menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif live worksheet dengan model pembelajaran berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi polinomial di SMAN21 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tuti Alawiyah, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Anita Juliana Rambe, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Hizmi Wardani, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Nurhafni Siregar, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Elda Naida Purba, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

References

Abdulrozzak, R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.

Anisa, R. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Penggunaan Media Poster dengan Media Audio Visual pada mata Pelajaran Fiqih di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim. UMSU.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177–11182. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10212

Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.968

Idris, I., Sida, S. C., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 58–63. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21849

Khotimah, A. H., Kuswandi, D., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158–165. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p158

Krismayanti, W., & Mansurdin, M. (2020). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(7), 102–110.

Masduriah, H. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan HOTS siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 277–285.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115–127.

Puspitasari, R. P., Sutarno, S., & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(4), 503. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121.

Sari, I. K. (2018). The effect of problem-based learning and project-based learning on the achievement motivation. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 129–135.

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi IPA Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten BULUKUMBA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864

Siregar, M. N. N., & Aghni, R. I. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 292–301. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p292-301

Wahyuni, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Tematik. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 73–82. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/magistra.v7i2.2981

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448

Yasa, P. A. E. M., & Bhoke, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 2(2), 70–75.

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452

Published

2024-10-23

How to Cite

Alawiyah, T. ., Rambe, A. J. ., Wardani, H. ., Siregar, N. ., & Purba, E. N. . (2024). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF LIVE WORKSHEET PADA MATERI POLINOMIAL KELAS XI . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 270–280. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.85

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.