PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PENGUKURAN BERAT BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I-A

Authors

  • Zuliarti Syahfitri Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Marah Doly Nasution PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Dermawan Nasution SD Negeri 060912 Medan Denai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.94

Keywords:

Model, Problem Based Learning, Media Interaktif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Hasil Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Pada Materi Pengukuran Berat Benda Di Sdn 060912 Medan Denai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa KELAS I-A . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, dapat ditarik beberapa kesimpulan yakni sebagai berikut:Pembelajaran matematika dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media interaktif dapat melatih siswa untuk saling bekerja sama dan berbagi informasi antar siswa sehingga lebih meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pengukuran berat benda.Pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti. Dimana pada saat pretes ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya sebanyak 6 orang siswa (28,57%), namun setelah dilaksanakannya siklus I dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media interaktif ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar (57,14%) atau sebanyak 12 siswa. Pada siklus II juga terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar (80,95%) atau sebanyak 17 siswa karena guru telah melakukan tindakan siklus I dan siklus II sehingga siswa sudah dapat menyelesaikan soal-soal dari posttes yang telah diberikan pada siklus I dan siklus II. Media Interaktif berupa Powerpoint interaktif dan media konkret berupa timbangan sederhana sebagai media pendukung pembelajaran memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, terutama dalam aspek psikomotor dan afektif. Kuis yang terdapat dalam media tersebut dan praktik langsung dalam kegiatan menimbang menggunakan timbangan sederhana memberikan penguatan terhadap konsep pengukuran berat benda yang dipelajari dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan serta bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zuliarti Syahfitri, Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Marah Doly Nasution, PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Dermawan Nasution, SD Negeri 060912 Medan Denai, Indonesia

 SD Negeri 060912 Medan Denai, Indonesia

References

Anggraini, N., Nazip, K., Amizera, S., & Destiansari, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Stem Menggunakan Bahan Ajar Realitas Lokal Terhadap Literasi Lingkungan Mahasiswa. Bioedusains:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 5(1), 121–129. Https://Doi.Org/10.31539/Bioedusains.V5i1.3589

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. Https://Doi.Org/10.37058/Diffraction.V3i1.4416

Ariyani, R. (2021). Model Problem Base Learning Berbantuan Media Serbaneka. Nubin Smart Journal, 1(1), 69–81.

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i1.209

Awaludin, A., Wibawa, B., & Winarsih, M. (2020). Integral Calculus Learning Using Problem Based Learning Model Assisted By Hypermedia-Based E-Book. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 224. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V9i2.23106

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. Https://Doi.Org/10.55215/Pedagogia.V14i2.6611

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan Stem (Science, Technology, Enggeenering And Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2021.V11.I1.P11-22

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.846

Efstratia, D. (2014). Experiential Education Through Project Based Learning. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 152, 1256–1260. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2014.09.362

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V7i1.5338

Flamboyant, F. U., Murdani, E., & Soeharto, S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Sma Negeri Di Kota Singkawang Pada Materi Hukum Archimedes. Variabel, 1(2), 51. Https://Doi.Org/10.26737/Var.V1i2.810

Gai Mali, Y. C. (2016). Project-Based Learning In Indonesian Efl Classrooms: From Theory To Practice. Ijee (Indonesian Journal Of English Education), 3(1), 89–105. Https://Doi.Org/10.15408/Ijee.V3i1.2651

Gultom, S. P. (2019). Inovasi Model Pembelajaran Based Learning Berbasis Komputer Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Kalkulus. Jurnal Stindo Profesional, V, 44–52.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.180

Hutauruk, A. J. B. (2019). Perilaku Resiliensi Matematis Mahasiswa Melalui Model Problem-Based Learning Dengan Pendekatan Metakognitif. Sepren, 1(01), 7–16. Https://Doi.Org/10.36655/Sepren.V1i01.76

Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9–17. Https://Doi.Org/10.56916/Ejip.V1i1.4

Joshi, A., Desai, P., & Tewari, P. (2020). Learning Analytics Framework For Measuring Students’ Performance And Teachers’ Involvement Through Problem Based Learning In Engineering Education. Procedia Computer Science, 172, 954–959. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2020.05.138

Lestari, F., Safa’udin, M., & Indrayany, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Guided Concept Sentence Pada Matematika Smk Kurikulum 2013. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 63. Https://Doi.Org/10.29407/Jmen.V4i01.11993

Lisnawati, T., Suroyo, S., & Pribadi, B. A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kelompok Dan Problem Based Learning Pada Studi Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2912–2921. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2521

Liu, Y., & Pásztor, A. (2022). Effects Of Problem-Based Learning Instructional Intervention On Critical Thinking In Higher Education: A Meta-Analysis. Thinking Skills And Creativity, 45(December 2021). Https://Doi.Org/10.1016/J.Tsc.2022.101069

Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.22460/Jpp.V1i1.10356

Martín-Garin, A., Millán-García, J. A., Leon, I., Oregi, X., Estevez, J., & Marieta, C. (2021). Pedagogical Approaches For Sustainable Development In Building In Higher Education. Sustainability, 13(18), 10203. Https://Doi.Org/10.3390/Su131810203

Mukarima, U. S., Wawan, W., Setiawan, A., Ningsih, E. F., & Choirudin, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Pembelajaran Magic Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 152–155. Https://Doi.Org/10.61650/Jptk.V1i3.367

Muna, L., & Mujianto, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar. Academy Of Education Journal, 14(2), 359–366. Https://Doi.Org/10.47200/Aoej.V14i2.1661

Nasution, D. F., & Rasyidah, R. (2022). Development Of Problem Based Learning Student Worksheets On Human Digestive System Materials To Increase Students Learning Outcome. Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(2), 207. Https://Doi.Org/10.20527/Bino.V4i2.13489

Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inquiry Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218–2228. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i3.346

Prasetia, Y., Wijayanti, K., Dewi, N. R., Mashuri, & Veronica, R. B. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Core. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 9(1), 489–496. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i1.2667

Puriasih, K. N., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Digital Comics Learning Media Based On Problem Based Learning In Science Subjects For Fourth Grade Elementary School. Mimbar Pgsd Undiksha, 10(2), 367–375. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V10i2.48575

Rahman, M. H., & Latif, S. (2020a). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Kelas V. Edukasi, 18(2), 246. Https://Doi.Org/10.33387/J.Edu.V18i2.2100

Rahman, M. H., & Latif, S. (2020b). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Kelas V. Edukasi, 18(2), 246. Https://Doi.Org/10.33387/J.Edu.V18i2.2100

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas Xi Ips 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. Https://Doi.Org/10.37329/Cetta.V4i3.1352

Ramadhani, D. D. S., & Sukenti, D. (2023). Dampak Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Journal Of Education Action Research, 7(3), 327–335. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V7i3.66698

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing Critical-Thinking Skills Through The Collaboration Of Jigsaw Model With Problem-Based Learning Model. International Journal Of Instruction, 12(1), 1077–1094. Https://Doi.Org/10.29333/Iji.2019.12169a

Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 2(1), 12. Https://Doi.Org/10.23887/Jppsi.V2i1.17219

Suprihadi, R. A. P., & Ma Rifah, D. R. (2022). Literature Study: Various Abilities Of High School Students Obtained From The Application Of Problem-Based Learning Models In The Field Of Natural Science. Journal On Biology And Instruction, 2(2), 71–76. Https://Doi.Org/10.26555/Joubins.V2i2.6947

Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Development Of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model On The Subject Sequence And Series For Senior High School Grade Xi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. Https://Doi.Org/10.33578/Prinsip.V3i1.62

Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning Dengan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ipa Abad 21. Proceeding Of Biology Education, 3(1), 64–73. Https://Doi.Org/10.21009/Pbe.3-1.9

Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Soal-Soal Berbasis Budaya Lokal. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 9(01), 1–14. Https://Doi.Org/10.24952/Logaritma.V9i01.2782

Wicaksono, R. S., Susilo, H., & Sueb. (2019). Implementation Of Problem Based Learning Combined With Think Pair Share In Enhancing Students’ Scientific Literacy And Communication Skill Through Teaching Biology In English Course Peerteaching. Journal Of Physics: Conference Series, 1227(1), 012005. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1227/1/012005

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i1.341

Published

2025-05-10

How to Cite

Syahfitri, Z. ., Nasution, M. D. ., & Nasution, D. . (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PENGUKURAN BERAT BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I-A . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1). https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.94

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.