PEMANFAATAN MEDIA PAPAN POHON PENJUMLAHAN PADA MODEL PBL UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 060875 MEDAN PERJUANGAN

Authors

  • Rotua Lumban Gaol Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Indah Pratiwi PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Dewi Ramayani SDN 060875 Medan Perjuangan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.644

Keywords:

Media, Papan Pohon, PBL, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Mystery Box Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sdn 060875 Medan Perjuangan. Penelitian dilakukan di SDN 060875 Medan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SD Negeri 060875 Medan Perjuangan, yang berjumlah 29 orang, terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai penerapan media Papan Pohon Penjumlahan yang dipadukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 060875 Medan Perjuangan pada materi penjumlahan bilangan dua angka tanpa menyimpan, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:Peningkatan Hasil Belajar: Terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan media dan model pembelajaran tersebut. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai postes pada siklus 1 dan siklus 2 dibandingkan nilai pretes, dengan rata-rata peningkatan nilai (Ngain_Score) sebesar 0,4140 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 0,6879 pada siklus 2.Efektivitas Media Papan Pohon Penjumlahan: Media Papan Pohon Penjumlahan memberikan bantuan visual yang efektif dalam memudahkan siswa memahami konsep penjumlahan bilangan dua angka tanpa menyimpan.Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa lebih termotivasi dan mampu menyelesaikan masalah secara mandiri.Variasi Peningkatan: Meskipun secara umum terjadi peningkatan, terdapat variasi dalam tingkat peningkatan hasil belajar antar siswa, yang dipengaruhi oleh faktor kemampuan awal dan motivasi belajar masing-masing siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rotua Lumban Gaol, Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Indah Pratiwi, PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Dewi Ramayani, SDN 060875 Medan Perjuangan, Indonesia

SDN 060875 Medan Perjuangan, Indonesia

References

A. K. Koten, M. M. Towe, I. P. Muaraya, I. K. dan T. L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Persamaan Garis Lurus Dengan Menggunakan Problem Based Learning. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(1), 31–40.

Aslam, L. K., Suparji, S., & Rijanto, T. (2021). The effect of problem based learning model on learning outcomes in the vocational high school students. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(4), 264. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i4.3958

Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN PONDOK PINANG 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Erawati, D. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan. SHEs: Conference Series, 5(5), 1086–1093.

Fauzia, H. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Flamboyant, F. U., Murdani, E., & Soeharto, S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang pada Materi Hukum Archimedes. Variabel, 1(2), 51. https://doi.org/10.26737/var.v1i2.810

Gultom, S. P. (2019). Inovasi Model Pembelajaran Based Learning Berbasis Komputer Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Kuliah Kalkulus. JURNAL STINDO PROFESIONAL, V, 44–52.

Gusmira, N. H. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 5(1), 34–39.

Joshi, A., Desai, P., & Tewari, P. (2020). Learning Analytics framework for measuring students’ performance and teachers’ involvement through problem based learning in engineering education. Procedia Computer Science, 172, 954–959. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.138

Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Normala Sari, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (KUDUS), 3(1), 69. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.7149

Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10356

Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 21. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12537

Mukarima, U. S., Wawan, W., Setiawan, A., Ningsih, E. F., & Choirudin, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Pembelajaran Magic Board untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 152–155. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.367

Muna, L., & Mujianto, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 14(2), 359–366. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1661

Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218–2228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Berdasarkan Strategi Polya pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 223. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.768

Puriasih, K. N., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Digital Comics Learning Media Based on Problem Based Learning in Science Subjects for Fourth Grade Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 367–375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48575

Raharjo, H., Khairudin, M., & Baser, J. A. (2018). The Influence of Problem-Based Learning and Direct Teaching on Students’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(1), 62–71. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i1.18015

Ramadhani, D. D. S., & Sukenti, D. (2023). Dampak Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Journal of Education Action Research, 7(3), 327–335. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66698

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360.

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing critical-thinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12169a

Simaremare, J. A., & Purba, N. A. (2021). Teacher’s Competence. International Journal of Asian Education, 2(4), 559–572. https://doi.org/10.46966/ijae.v2i4.203

Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62

Tyas, Y. R., Fuady, A., & Faradiba, S. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 5 Probolinggo. J-PRIMA (Jurnal Pembelajaran, Riset, dan Inovasi Matematika), 1(1), 16–27.

Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Soal-soal Berbasis Budaya Lokal. Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 9(01), 1–14. https://doi.org/10.24952/logaritma.v9i01.2782

Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(01), 29–41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657

Wicaksono, R. S., Susilo, H., & Sueb. (2019). Implementation of Problem Based Learning Combined With Think Pair Share In Enhancing Students’ Scientific Literacy and Communication Skill Through Teaching Biology in English Course Peerteaching. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1), 012005. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012005

Zagoto, M. M., & Gee, E. (2022). Bimbingan Belajar Matematika Door to Door Pada Masa Pandemi Covid-19. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–15. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.14

Published

2025-06-24

How to Cite

Lumban Gaol, R., Pratiwi, I., & Ramayani, D. (2025). PEMANFAATAN MEDIA PAPAN POHON PENJUMLAHAN PADA MODEL PBL UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 060875 MEDAN PERJUANGAN . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1). https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.644

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.