PEMANFAATAN MEDIA PAPAN POHON PENJUMLAHAN PADA MODEL PBL UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 060875 MEDAN PERJUANGAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.644Keywords:
Media, Papan Pohon, PBL, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Mystery Box Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sdn 060875 Medan Perjuangan. Penelitian dilakukan di SDN 060875 Medan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SD Negeri 060875 Medan Perjuangan, yang berjumlah 29 orang, terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai penerapan media Papan Pohon Penjumlahan yang dipadukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 060875 Medan Perjuangan pada materi penjumlahan bilangan dua angka tanpa menyimpan, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:Peningkatan Hasil Belajar: Terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan media dan model pembelajaran tersebut. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai postes pada siklus 1 dan siklus 2 dibandingkan nilai pretes, dengan rata-rata peningkatan nilai (Ngain_Score) sebesar 0,4140 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 0,6879 pada siklus 2.Efektivitas Media Papan Pohon Penjumlahan: Media Papan Pohon Penjumlahan memberikan bantuan visual yang efektif dalam memudahkan siswa memahami konsep penjumlahan bilangan dua angka tanpa menyimpan.Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa lebih termotivasi dan mampu menyelesaikan masalah secara mandiri.Variasi Peningkatan: Meskipun secara umum terjadi peningkatan, terdapat variasi dalam tingkat peningkatan hasil belajar antar siswa, yang dipengaruhi oleh faktor kemampuan awal dan motivasi belajar masing-masing siswa.
Downloads
References
A. K. Koten, M. M. Towe, I. P. Muaraya, I. K. dan T. L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Persamaan Garis Lurus Dengan Menggunakan Problem Based Learning. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(1), 31–40.
Aslam, L. K., Suparji, S., & Rijanto, T. (2021). The effect of problem based learning model on learning outcomes in the vocational high school students. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(4), 264. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i4.3958
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN PONDOK PINANG 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22
Erawati, D. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan. SHEs: Conference Series, 5(5), 1086–1093.
Fauzia, H. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Flamboyant, F. U., Murdani, E., & Soeharto, S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang pada Materi Hukum Archimedes. Variabel, 1(2), 51. https://doi.org/10.26737/var.v1i2.810
Gultom, S. P. (2019). Inovasi Model Pembelajaran Based Learning Berbasis Komputer Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Kuliah Kalkulus. JURNAL STINDO PROFESIONAL, V, 44–52.
Gusmira, N. H. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 5(1), 34–39.
Joshi, A., Desai, P., & Tewari, P. (2020). Learning Analytics framework for measuring students’ performance and teachers’ involvement through problem based learning in engineering education. Procedia Computer Science, 172, 954–959. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.138
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Normala Sari, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (KUDUS), 3(1), 69. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.7149
Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10356
Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 21. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12537
Mukarima, U. S., Wawan, W., Setiawan, A., Ningsih, E. F., & Choirudin, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Pembelajaran Magic Board untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 152–155. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.367
Muna, L., & Mujianto, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 14(2), 359–366. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1661
Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218–2228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346
Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Berdasarkan Strategi Polya pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 223. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.768
Puriasih, K. N., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Digital Comics Learning Media Based on Problem Based Learning in Science Subjects for Fourth Grade Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 367–375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48575
Raharjo, H., Khairudin, M., & Baser, J. A. (2018). The Influence of Problem-Based Learning and Direct Teaching on Students’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(1), 62–71. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i1.18015
Ramadhani, D. D. S., & Sukenti, D. (2023). Dampak Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Journal of Education Action Research, 7(3), 327–335. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66698
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360.
Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing critical-thinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12169a
Simaremare, J. A., & Purba, N. A. (2021). Teacher’s Competence. International Journal of Asian Education, 2(4), 559–572. https://doi.org/10.46966/ijae.v2i4.203
Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62
Tyas, Y. R., Fuady, A., & Faradiba, S. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 5 Probolinggo. J-PRIMA (Jurnal Pembelajaran, Riset, dan Inovasi Matematika), 1(1), 16–27.
Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Soal-soal Berbasis Budaya Lokal. Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 9(01), 1–14. https://doi.org/10.24952/logaritma.v9i01.2782
Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(01), 29–41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657
Wicaksono, R. S., Susilo, H., & Sueb. (2019). Implementation of Problem Based Learning Combined With Think Pair Share In Enhancing Students’ Scientific Literacy and Communication Skill Through Teaching Biology in English Course Peerteaching. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1), 012005. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012005
Zagoto, M. M., & Gee, E. (2022). Bimbingan Belajar Matematika Door to Door Pada Masa Pandemi Covid-19. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–15. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.14
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten