PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA KANTONG PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.486Keywords:
Metode, Demonstrasi, MediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi dengan mengunakan media kantong perkalian terhadap hasil belajar matematika kelas III SD Negeri 122366 Pematang Siantar dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika di kelas III SD Negeri 122366 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimental, dengan desain penelitian yang One-group Pretest posttets Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPTD SD Negeri 122366 Pematang Siantar. Dengan sample seluruh siswa kelas III SD Negeri 122366 Pematang Siantar yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel dari penelitian ini mengunakan sampling jenuh dengan variable bebas (X) yaitu metode demonstrasi dengan media kantong perkalian dan variable terikat (Y) yaitu hasil belajar Matematika siwa kelas III SD Negeri 122366 Pematang Siantar. Dari hasil analisis data diproleh Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada tahap pretes sebesar 69,80 dan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada tahap postes sebesar 75,30. Dengan hasil t hitung (12,1) lebih besar dari t tabel (1,374) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji regresi linear sedehana di proleh R Square sebesar 89,1%. Hal ini menunjukan besarnya presentase pengaruh media kantong perkalian terhadap terhadap hasil belajar matematika siswa adalah sebesar 89,1%. dengan demikian dapat di simpulakan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan metode demonstrasi dengan media kantong perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa kelas III UPTD SD Negeri 1222366 Pematang Siantar. Dari observasi peneliti menemukan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sudah tergolong baik karena guru dapat menguasai kelas dengan baik.
Downloads
References
Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Sadari. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(2), 162. Https://Doi.Org/10.33366/Cr.V6i2.929
Arifuddin, A. … Farida, F. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Sd/Mi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i1.13721
Aryani, D. (2019). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Pokok Lagu-Lagu Daerah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2), 172–180. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V19i2.19760
Bakior, L. K. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Penafsiran Pada Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas Iv Sd Inpres Bakunase 1 Kota Kupang. Spasi: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(2), 15–24.
Bando, U. D. M. A., & Elihami, E. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pembelajaran Fiqh Di Pesantren Melalui Konsep Pendidikan Nonformal. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 81–90.
Biran, M. … Damri, D. (2021). Therapy Training For Special Teacher; Applied Behavior Analysis For Students With Autistik. Lentera Negeri, 2(1), 1–4. Https://Doi.Org/10.29210/99250
Dudy, A. A., & Ashady, S. (2024). Peran Kepolisian Dalam Menertibkan Dan Mengamankan Aksi Demonstrasi. Ganec Swara, 18(2), 1128–1134. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35327/Gara.V18i2.912
Gama Pratama, M. P. … Ridwan, T. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Negeri 1 Palimanan Timur Kecamatan Palimanan Kabupatecirebontahun Ajaran 2018/2019. Https://Ecampus.Bungabangsacirebon.Ac.Id/Iaibbc/Ambillampiran?D=90rwdocryr55ijds%2fdwgbverio8tardyigtrphrovf5wro986roie9%2ftz144diskydhhupurdo2f68yzp9zl0v8zc6xk%2fl2ez3oxiynd7lq6zmvxqg3jx04ei9owseldbkpocij7mw0izncbqhpie9gouwplf34vygnxxks9kwc%3d
Ginting, D. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 066656 Medan Selayang Ta 2017/2018. Universitas Quality.
Gusra, S. M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Vi. Dharmas Education Journal (De_Journal), 3(2), 238–247. Https://Doi.Org/10.56667/Dejournal.V3i2.803
Haryati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Ipa Rangkaian Listrik Sederhana Di Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 83. Https://Doi.Org/10.52434/Jpif.V2i1.1807
Hasanah, A. (2018). Mengajarkan Shalat Pada Anak Melalui Metode Demonstrasi, Tanya Jawab, Dan Pembiasaan. Al-Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 13–28. Https://Doi.Org/Http://Journal.Iaialhikmahtuban.Ac.Id/Index.Php/Ijecie/Article/View/20
Khoiro, D. M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Role Playing Dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3352–3363.
Masturo, U. … Agustin, Y. D. (2019). Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Tentang Sadari Dengan Metode Diskusi Kelompok Dan Metode Demonstrasi Terhadap Perilaku Wus Dalam Melakukan Sadari. Citra Delima : Jurnal Ilmiah Stikes Citra Delima Bangka Belitung, 3(2), 141–154. Https://Doi.Org/10.33862/Citradelima.V3i2.86
Midianah, M. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sdn 168 Seluma. Ghaitsa: Islamic Education Journal, 1(1), 15–31.
Mulyadi, M. (2018). Strategi Belajar Mengajar Dengan Menerapkan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penjaskes Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas Vii Smpn 3 Tanjung. Jurnal Langsat, 5(1).
Patimapat, M. … Supiandi, M. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Siswa. Jpbio (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 09–20. Https://Doi.Org/10.31932/Jpbio.V4i1.366
Putra, I. O. H., & Sugianto, H. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Video Tutorial Desain Kartun Vektor Secara Daring Pada Siswa Xii Multimedia 1 Smk Negeri 1 Jabon. Racana: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 2(1), 20–27.
Rachmahsari, W. … Sumiati, T. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 1274–1281.
Rohima, R. … Novitasari, A. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Ipa Kelas Iv Sdn 07 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 113–116. Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V1i2.2227
Runtunuwu, F. … Manongko, J. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas Xi Tkr Smk Negeri 1 Motoling. Gearbox: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2), 46–51. Https://Doi.Org/10.53682/Gj.V2i2.976
Safitri, N., & Misyanto, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing Dan Metode Demonstrasi Dengan Berbantuan Media Konkret Kelas Iiib Di Sdn 8 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 42–54. Https://Doi.Org/10.33084/Tunas.V4i2.909
Sagemba, A. R., & Muksin, M. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di Kelas Xi Sma Negeri 8 Tikep. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 406–410. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.5773192
Sari, D. P., & Sari, N. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sd Cenderawasih 2 Jakarta. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 12. Https://Doi.Org/10.32493/Sm.V3i1.7788
Sulistyaningsih, Y. … Cari. (2018). Penggunaan Metode Diskusi Dan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Dengan Pendekatan Saintifik Materi Fluida Dinamis Kelas Xi Ipa 3 Semester Genap Sma N 4 Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015. Inkuiri: Jurnal Pendidikan Ipa, 6(3), 87. Https://Doi.Org/10.20961/Inkuiri.V6i3.17850
Sulistyanti, L. … Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Tsts) Dipadukan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17–23.
Suliwa, S. … Rosidi, I. (2018). Pengaruh Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Natural Science Education Research, 1(2), 243–257. Https://Doi.Org/10.21107/Nser.V1i2.4838
Suliyanto, E. (2021). Tindakan Represif Aparat Kepolisian Republik Indonesia Dalam Menghadapi Aksi Demonstrasi Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum. Dinamika, 27(15), 2277–2295.
Wijayanto, S. … Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Mi-Al Ma’arif Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 62–68. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V3i1.778
Yuniarti, A. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi, Demonstrasi Dengan Menggunakan Media Realia Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Semester 1 Sdn Tumbang Lahung-2. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(12), 1507–1517.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten