PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF MELALUI METODE KNOWSHARE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI PADA MATA KULIAH STATISTIKA

Authors

  • Theresia Monika Siahaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Rina Devi Romauli Siahaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1326

Keywords:

Modul Pembelajaran, Literasi, numerasi

Abstract

Ditengah problematika yang dirasakan oleh satuan pendidikan, pada tahun 2020 dunia dihadapkan dengan tantangan baru yakni industri 4.0 atau era baru industri yang biasa disebut dengan data technology. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang mengembangkan suatu modul digital interaktif melalui metode knowshare dengan harapan mampu mendorong keterampilan numerasi mahasiswa sehingga mampu mendukung program merdeka belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tahapan proses pengembangan media modul digital interaktif melalui metode knowshare. Penelitian ini menghasilkan produk modul digital interaktif melalui metode knowshare yang dapat digunakan dalam pembelajaran oleh mahasiswa. Penelitian pengembangan ini berdasarkan dari cara pengembangan Borg and Gall, dan hanya dilakukan sampai lima tahap, yakni: 1) Research and information collecting (mencari dan mengumpulkan data); 2) Planning (perencanaan); 3) Develop preliminary form of product (mengembangkan bentuk produk awal); 4) Preliminary field testing (uji coba lapangan awal); dan 5) Main product revision (revisi hasil uji coba lapangan awal). Metode pengumpulan data berupa skala likert digunakan dalam penelitian ini. Validasi media dilakukan oleh ahli metode knowshare dan satu ahli media pembelajaran. Luaran wajib ditargetkan adalah Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 1-6. Kualitas produk meliputi aspek (1) kevalidan, yakni sebesar 83, 30% yakni kategori sangat valid untuk materi dan 94,44% yakni kategori sangat valid untuk media; (2) kepraktisan, yakni sebesar 84,23% yang berarti sangat praktis; dan (3) keefektifan, yakni 80% yang berarti efektif. Hasilnya adalah modul pembelajaran digital interaktif ini dilayak dimanfaatkan dalam perkuliahan matakuliah struktur aljabar dan matematika diskrit.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Theresia Monika Siahaan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Rina Devi Romauli Siahaan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Abstract viewed = 23 times

References

Asman, V., Menrisal, M., & Arsyah, R. H. (2020). Perancangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaransimulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk Kelas X. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 10–17. Https://Doi.Org/10.35134/Jpti.V7i2.29

Hadiah Tullah, N., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821–826. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i2c.587

Helvina, M., Noeng, A. Y., & Timba, F. N. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Selama Pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 3(2), 379–386. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34001/Jtn.V3i2.2700

Jafnihirda, L., Suparmi, S., Ambiyar, A., Rizal, F., & Pratiwi, K. E. (2023). Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(1), 227–239. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V3i1.2734

Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 2(2), 143. Https://Doi.Org/10.23887/Ijerr.V2i2.17335

Kiong, T. T., Roslen, K. E., Nur Rahma Putra, A. B., Risfendra, Heong, Y. M., Mohamad, M. M., & Azid, N. (2021a). Pembangunan Modul Pengajaran Berasaskan Permainan Digital Bagi Kursus Teknologi Elektrik 1. Sains Insani, 6(1), 139–143. Https://Doi.Org/10.33102/Sainsinsani.Vol6no1.263

Kiong, T. T., Roslen, K. E., Nur Rahma Putra, A. B., Risfendra, Heong, Y. M., Mohamad, M. M., & Azid, N. (2021b). Pembangunan Modul Pengajaran Berasaskan Permainan Digital Bagi Kursus Teknologi Elektrik 1. Sains Insani, 6(1), 139–143. Https://Doi.Org/10.33102/Sainsinsani.Vol6no1.263

Maharani, A., Rini, R., & Sugiman, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(17).

Pandiangan, E. F., Pasaribu, E., & Silalahi, M. V. (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Tema 1 Subtema 2 Uptd Sd Negeri 122353 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(5), 4146–4156. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i5.7270

Panessai, I. @ I. Y., Husin, M. R., Ahmad, H., & Md Mansor, M. S. F. (2019). Pembangunan Modul Interaktif Pengukuran Kendiri Guru Terhadap Tahap Kegunaan Harian Kandungan Pelajaran. Journal Of Ict In Education, 6, 58–65. Https://Doi.Org/10.37134/Jictie.Vol6.6.2019

Pradnyana, I. K. A., Agustini, K., & Santyasa, I. W. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 218–225. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V1i04.24

Qotimah, I. Q. (2022). Kriteria Pengembangan E-Modul Interaktif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal Of Learning Education And Counseling, 4(2), 125–131. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31960/Ijolec.V4i2.1435

Rahmawati, N., Dorahman, B., Nurul, N., Puspita, D. R., & Latifah, N. (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(5), 4581–4586. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i5.7358

Ramadhani, W., & Fitria, Y. (2021). Capaian Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Tematik Menggunakan Modul Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 4101–4108. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1391

Saleh, M., & Woro Andhini, L. W. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Wahana, 73(2), 236–247. Https://Doi.Org/10.36456/Wahana.V73i2.5539

Saputro, H. B., & Febriani, O. R. (2023a). Pengaruh Penggunaan Modul Digital Interaktif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Materi Pecahan Kelas Iv Sdn 2 Klesem. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 130–139.

Saputro, H. B., & Febriani, O. R. (2023b). Pengaruh Penggunaan Modul Digital Interaktif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Materi Pecahan Kelas Iv Sdn 2 Klesem. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 130–139. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V4i1.219

Saroinsong, K. H., Pardanus, R. H. W., & Sojow, L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Di Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 251–267. Https://Doi.Org/10.53682/Edutik.V1i3.1544

Sepriana, R., Sefriani, R., Wijaya, I., & Lestari, P. (2023). Pengujian Validitas Modul Interaktif Simulasi Dan Komunikasi Digital Berbasis Macromedia Director Mx. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 1(1), 13–19. Https://Ejournal.Cvrobema.Com/Index.Php/Jpip/Article/View/4

Sri Hariati, P. N., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(1), 18–22. Https://Doi.Org/10.36987/Jpms.V6i1.1657

Suminto, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Kartun Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Negeri 05 Madiun. Likhitaprajna, 21(1), 92–101.

Susanti, S., Raharjo, T. J., & Ngabiyanto, N. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Terhadap Pembelajaran Ips Materi Keberagaman Budaya Bangsa Berbantuan Quizizz. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 502–508. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26858/Jkp.V5i3.22929

Tullah, N. H., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821–826. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i2c.587

Zinnurain, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip Pdf Corporate Edition Pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 132–139. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33102/Sainsinsani.Vol6no1.263

Published

2024-06-30

How to Cite

Siahaan, T. M. ., & Siahaan, R. D. R. . (2024). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF MELALUI METODE KNOWSHARE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI PADA MATA KULIAH STATISTIKA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 637–645. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1326

Issue

Section

Articles