PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOLABORATIF GRINRE PADA PERKULIAHAN KONSEP DASAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1341Keywords:
Kolaboratif, Grinre, Konsep Dasar Bahasa dan Sastra IndonesiaAbstract
Pembelajaran kolaboratif GEINRE (Group Investigation Revisi) menawarkan suatu persaingan yang manusiawi dan menghargai adanya keberagaman. Karakter atau perilaku harus dimulai dari dini dimulai dan dideteksi yakni pembelajaran yang bersifat kolaboratif dan mengakui keberadaan yang saling terhubung dari satu pribadi ke pribadi yang lain yang menekankan aspek kerjasama serta memiliki karakter dalam kehidupan sehari-harinya. Urgensi penelitian didasari dari adanya Kurikulum Merdeka Belajar yang menekan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yakni pada kebutuhan dan minat peserta didik dengan memperhatikan konten, proses, produk, pendidik (guru atau dosen), dapat menyesuaikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran agar kesemua tahapan proses dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dan membantu kesuksesan pembelajaran mereka. Artinya, Ketika pembelajaran berpusat kepada peserta didik dibutuhkan sebuah kolaboratif sehingga peserta didik aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang dapat digunakan dosen dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan 4-D (four D Model). Hasil Tanggapan Responden Terhadap Kelayakan Isi/Materi diperoleh 78%, Tanggapan Responden Terhadap Komponen Kebahasaan sebesar 73%, Tanggapan Responden Terhadap Penyajian Materi 77%, Tanggapan Responden Terhadap Komponen Grafika 71% menunjukkan bahwa pembelajaran Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia dapat meningkatkan pemahaman materi, mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kreativitas, inovasi dan keterampilan manajemen waktu.
Downloads
References
Ansori, M. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Collaboration Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Mengendalikan IQ dan Motivasi Belajar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 1–22. https://doi.org/https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Anwar, A. K. (2020). The Effect of Collaborative Strategic Reading Toward Students Reading Skill. Anglophile Journal, 1(1), 21. https://doi.org/10.51278/anglophile.v1i1.62
Astutik, S., Lesmono, A. D., & Adani, D. A. L. (2019). Pengaruh model collaborative creativity (CC) terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar fisika siswa di SMA. saintifika, 21(1), 9–22. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/saintifika.v21i1.9792
Baye, A., Inns, A., Lake, C., & Slavin, R. E. (2019). A Synthesis of Quantitative Research on Reading Programs for Secondary Students. Reading Research Quarterly, 54(2), 133–166. https://doi.org/10.1002/rrq.229
Bogaerds-Hazenberg, S. T. M., Evers-Vermeul, J., & Bergh, H. (2021). A Meta‐Analysis on the Effects of Text Structure Instruction on Reading Comprehension in the Upper Elementary Grades. Reading Research Quarterly, 56(3), 435–462. https://doi.org/10.1002/rrq.311
Brevik, L. M. (2019). Explicit reading strategy instruction or daily use of strategies? Studying the teaching of reading comprehension through naturalistic classroom observation in English L2. Reading and writing, 32(9), 2281–2310.
Duke, N. K., Ward, A. E., & Pearson, P. D. (2021). The Science of Reading Comprehension Instruction. The Reading Teacher, 74(6), 663–672. https://doi.org/10.1002/trtr.1993
Febrolianti, E. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas VII A. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(7), 99–116. https://doi.org/PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOLABORATIF GRINRE PADA PERKULIAHAN KONSEP DASAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas model Pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 76–87. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jtp.v2i2.596
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 62–67. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3460
Lassiter, L. E. (2022). The Chicago guide to collaborative ethnography. In The Chicago Guide to Collaborative Ethnography. University of Chicago Press. https://doi.org/https://doi.org/10.7208/chicago/9780226467016
Mahanani, P. S. El. (2022). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.58
Mardiah, D., & Al-Hamdani, M. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integratide Reading And Composition Terhadap Perilaku Sosial Dan Spiritual Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 5(1).
Muhtarom, H., & Kurniasih, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran abad 21 terhadap pembelajaran sejarah Eropa. BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH, 3(2).
Muijselaar, M., Swart, N., Steenbeek-Planting, E., Droop, M., Verhoeven, L., & de Jong, P. (2018). The effect of a strategy training on reading comprehension in fourth-grade students. The Journal of Educational Research, 111(6), 690–703. https://doi.org/10.1080/00220671.2017.1396439
Okkinga, M., van Steensel, R., van Gelderen, A. J. S., & Sleegers, P. J. C. (2018). Effects of reciprocal teaching on reading comprehension of low-achieving adolescents. The importance of specific teacher skills. Journal of Research in Reading, 41(1), 20–41. https://doi.org/10.1111/1467-9817.12082
Primadiati, I. D., & Djukri, D. (2017). Pengaruh model collaborative learning terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 47–57. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe
Putri, H., & Silalahi, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Dpib Smk N 1 Koto Xi Tarusan. CIVED, 5(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102482
Rodríguez-Antón, J. M., & Alonso-Almeida, M. del M. (2020). COVID-19 Impacts and Recovery Strategies: The Case of the Hospitality Industry in Spain. Sustainability, 12(20), 8599. https://doi.org/10.3390/su12208599
Septarianto, M. F., Astutik, S., Kurnianto, F. A., Kantun, S., & Pangastuti, E. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) Berbasis Daring & Luring Terhadap Kemampuan Kolaboratif Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 5(2), 69–81. https://doi.org/https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/33138
Sipayung, H. D. (2018). Pengaruh model pembelajaran collaborative inquiry terhadap keterampilan 4C siswa Di SMA. UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30936
Sipayung, H. D., Sani, R. A., Bunawan, W., & Lubis, R. H. (2019). Pengaruh model pembelajaran collaborative inquiry terhadap keterampilan 4C siswa Di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(01), 29–38.
Smith, R., Snow, P., Serry, T., & Hammond, L. (2021). The Role of Background Knowledge in Reading Comprehension: A Critical Review. Reading Psychology, 42(3), 214–240. https://doi.org/10.1080/02702711.2021.1888348
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten