PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA KELAS VIII

Authors

  • Rani Enzelyna Pasaribu Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia
  • Candra Ronitua Gultom Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia
  • Candra Ronitua Gultom Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.254

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Menulis, Teks Drama, Penelitian Eksperimen

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain post-test only control group. Sampel penelitian terdiri atas 65 siswa yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen (34 siswa) dan kelompok kontrol (31 siswa). Pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis teks drama yang dinilai berdasarkan rubrik penilaian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi (rata-rata nilai 85,74) dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional (rata-rata nilai 71,58). Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima. Temuan ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks drama siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran menulis teks drama guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rani Enzelyna Pasaribu, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia

 

Candra Ronitua Gultom, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia

 

Candra Ronitua Gultom, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia

 

References

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i3.620

Adnyana, K. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Mahasiswa Semester Iii, Program Studi Pgsd, Fkip, Universitas Dwijendra. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 12(1), 109–125. Https://Doi.Org/10.59672/Stilistika.V12i1.3463

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika Sd. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35335/Cendikia.V13i1.2960

Aulia, S., Rachmadhani, D., & Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza : Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i2.562

Basra, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Quizizz. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 3(4), 193–208. Https://Doi.Org/10.58643/Sipatokkong.V3i4.177

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas Ix Smpit Khairunnas. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 70–74. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V6n2.P70-74

Dista, D. X., Hermita, N., & Triani, R. A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Journal Of Education Research, 5(2), 994–999. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V5i2.964

Fitrianingrum, N. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. 4(1), 1–23.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.180

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.352.10

Juliantari, N. K. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Penguatan Moderasi Beragama Dalam Mkwk Bahasa Indonesia Pada Ptkh. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 189–203. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/Kembara.V9i1.23752

Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46963/Asatiza.V4i3.1231

Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model Dl Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37081/Mathedu.V6i2.5223

Kurniawaty, I., & Faiz, A. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175.

Lenny Kurniati, & Ratih Kusumawati. (2023). Analisis Kesiapan Guru Smp Di Demak Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683–2692. Https://Doi.Org/10.53625/Jcijurnalcakrawalailmiah.V2i6.5031

Lestari, D. P., Joharmawan, R. J., & Purwati, Y. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 1 Ngasem Kelas Vii Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Mipa Dan Pembelajarannya (Jmipap), 3(1), 12–18. Http://Journal3.Um.Ac.Id/Index.Php/Mipa/Article/View/3955

Lestari1, S., Arafat2, Y., & Murjainah3. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipas. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 15(2), 195–212.

Maryam, A. S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Mehan, R. Y., Sumerjana, K., & Suweca, I. W. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Teknik Vokal Chest Voice Di Amabile Music Studio. Melodious : Journal Of Music, 2(1), 18–27. Https://Doi.Org/10.59997/Melodious.V2i1.2177

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal Of Creative Student Research, 1(2), 81–91. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55606/Jcsrpolitama.V1i2.1150

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V8i1.8880

Nurfata, A. S. B., & Pujiastuti, H. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), 8(1), 10–19. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31949/Th.V8i1.4851

Pane, R. N. P. S., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Bullet: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03), 173–180. Https://Journal.Mediapublikasi.Id/Index.Php/Bullet/Article/View/306

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1).

Qomari, M. N., Lestari, S. A., & Fauziyah, N. (2022). Learning Trejectory Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. Didaktika : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 29–41. Https://Doi.Org/10.30587/Didaktika.V28i2(1).4399

Romadhon, K., Rokhimawan, M. A., Irfan, I., Fajriyani, N. A., Wibowo, Y. R., & Ayuningtyas, D. R. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Di Sd Negeri 1 Ulak Kedondong). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1049. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V7i3.2239

Santoso, G., Supiati, A., & Jamil, M. R. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vc Dengan Menggunakan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Tema 5 Di Sdn Periuk 1. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 183–189. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.9000/Jpt.V2i4.569

Shofwani, Y., * M. Z., Jufri, A. W., & . (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi (Diferensiasiasi Proses) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Di Kelas X-4 Sma Negeri 1 Mataram. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 101–105.

Simanullang, E. K. A. N. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 4 Medan Oleh.

Simbolon, A. E., Sitorus, P. J., & Simaremare, J. A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Bermodel Project Based Learning Terhadap Kemampuan Mennulis Naskah Drama Siswa Fase F Di Sma. Jpss: Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(1), 319–331.

Sitorus, P., Surbakti, M., & Gulo, P. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pesertaa Didik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 127. Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V12i3.43024

Published

2025-06-24

How to Cite

Pasaribu, R. E., Gultom, C. R., & Gultom, C. R. (2025). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA KELAS VIII . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1413–1423. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.254

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.