ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL PADA APLIKASI TIKTOK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VIII-1
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.254Keywords:
Tiktok, Karakter, Siswa, PrestasiAbstract
Peserta didik menjadi salah satu pengguna media sosial yang banyak mengakses informasi dan komunikasi seperti aplikasi Wa, Instagram dan tiktok. Tiktok adalah sebuah aplikasi yang saat ini banyak digunakan untuk mengakses informasi dalam bentuk video atau foto.Pengaruh Aplikasi Tiktok dalam membentuk karakter siswa terhadap prestasi memiliki dampak terhadap masa depan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tanjung Morawa dengan jumlah responden sebanyak 31 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penggunaan media sosial dalam membentuk karakter siswa terhadap prestasi di SMP Negeri 1 Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 61% siswa mengaku nilai pelajaran mereka menurun setelah mengenal TikTok, sementara 74% siswa lebih suka membuka TikTok dibandingkan buku pelajaran. Sebanyak 65% siswa juga mengaku sering menunda belajar atau tugas karena terlalu sering menggunakan aplikasi tersebut, dan 55% siswa membuka TikTok saat waktu belajar. Namun, 55% siswa merasa TikTok membantu mereka mencari informasi pembelajaran, meskipun hanya 10% yang setuju bahwa TikTok memberi motivasi untuk giat belajar. Selain itu, 45% siswa menggunakan TikTok lebih dari satu jam sehari, tetapi 58% siswa tidak setuju bahwa TikTok mengganggu jam tidur mereka.
Downloads
References
Alramadhani, S., & Febrianto, P. T. (2023). Analisa Learning Loss (Ketertinggalan Pembelajaran) Yang Terjadi Di Sdn Mrecah 1 Tanah Merah. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 68–87.
Annisa, R. N., Dewi, D. A., & Nurhayati, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Griya Bandung Indah. Dirasah : Jurnal, 6(2), 346–352.
Aubryla, H., & Ratnawati, V. (2023). Strategi Mengelola Penggunaan Tiktok Agar Tidak Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa. Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 611–621.
Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran: Analisis Dampak Penggunaan Media Tiktok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30659/Pendas.10.2.112-127
Cahyati, N. (2023). Aplikasi Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Pelita Paud, 8(1), 201–209. Https://Doi.Org/10.33222/Pelitapaud.V8i1.3626
Daniati, N., Darliana, E., & Alwina, S. (2022). Korelasi Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ips Semester V Stkip Al-Maksum Langkat. Jurnal Berbasis Sosial, 2(1), 38–44.
Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. (2021). Efektifitas Penggunaan Sosial Media Tik Tok Sebagai Media Promosi Ditinjau Dari Perspektif Buying Behaviors. Mandar: Management Development And Applied Research Journal, 4(1), 112–120. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31605/Mandar.V4i1.1318
Erawati, K., Dantes, N., & Sudana, D. N. (2017). Pengaruh Model Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Kaliuntu. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10882
Gunawan, H. (2022). No Title (H. Gunawan (Red)). Alfabeta.
Habibah, I. H., & Putri, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar (Analisis Siswa Smk Muhammadiyah Sekampung Dan Man 1 Metro). Jsp: Jurnal Social Pedagogy (Journal Of Social Science Education), 4(1), 91–104.
Handayani, N. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd. Lampuhyang, 9(2), 1–15. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47730/Jurnallampuhyang.V9i2.166
Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1270–1281. Http://Prosiding.Rcipublisher.Org/Index.Php/Prosiding/Article/View/294
Lestari, S., Pulungan, M., & Soetopo, S. (2018). Pengaruh Model Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sd Negeri 245 Palembang. Sriwijaya University.
Lokoc, J., Bailer, W., Schoeffmann, K., Muenzer, B., & Awad, G. (2018). On Influential Trends In Interactive Video Retrieval: Video Browser Showdown 2015–2017. Ieee Transactions On Multimedia, 20(12), 3361–3376. Https://Doi.Org/10.1109/Tmm.2018.2830110
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar Di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
Mawarni, F., & Fitriani, Y. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Teks Eksposisi Di Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 133–147. Https://Doi.Org/10.31851/Pembahsi.V9i2.4293
Muh. Umran, L. O., La Ode Herman, La Iba, Joko, Rajab, M., & Rasyid, M. R. R. (2023). Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Sarana Proses Pembelajaran Pada Siswa Menengah Pertama Negeri 11 Kendari. Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61–66. Https://Doi.Org/10.52423/Kongga.V1i2.17
Mumtaz, Z. S., & Saino, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi Dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan. Jurnal Manajemen, 13(2), 282–291. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30872/Jmmn.V13i2.9716
Nurhasanah, N., Suherman, E., & Budilestari, P. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Peningkatan Kemampuan Eksplorasi Matematika Pada Siswa. Educare, 10–19.
Oktavia, R. A. (2021). Pemanfaatan Digital Content Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pemasaran Produk. Technopreneuship. Http://Repository.Untag-Sby.Ac.Id/Id/Eprint/7436
Pardede, L., & Pardede, D. L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Menapaki Jalan Terjal Penegakan Ham. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 108–120.
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd. Journal Of Education Technology, 2(4), 137. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V2i4.16425
Saffira, L., & Rahmawan, G. (2022). Perilaku Penggunaan Tik Tok Sebagai Media Promosi Pebisnis. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (Ekuitas), 3(4), 717–723. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47065/Ekuitas.V3i4.1451
Saiful, D. M. P. . (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Penerbit.
Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076–4084. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1289
Suryantari, N. M. E., Suadnyana, I. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Iv. Https://Doi.Org/10.23887/Jpmu.V1i2.20773
Zakira, S. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Muhammadiyah 37 Tanjung Selamat. 3, 1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten