PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS X SMA MARKUS MEDAN TAHUN

Authors

  • Pitri Yani Sitanggang Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas, HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Martua Reynhat Sitanggang Gusar Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas, HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Juni Agus Simaremare Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas, HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i1.1015

Keywords:

Media Pembelajaran Assamblr Edu, Teks Puisi, Ketrampilan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assamblr Edu terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Markus Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Markus Medan Tahun pembelaran 2024/2025 berjumlah 96 orang yang terbagi tiga kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah  kelas X-1 sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Samping insidental. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk pretest dan posttest Penggunaan Media Pembelajaran Assamblr Edu, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 53,21 dengan simpangan baku 11,3 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 78,01 dengan simpangan baku 8,63. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (10.49 > 1.99), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assamblr Edu terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Markus Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pitri Yani Sitanggang, Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas, HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas,  HKBP Nommensen Medan, Indonesia

 

Martua Reynhat Sitanggang Gusar, Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas, HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas,  HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Juni Agus Simaremare, Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas, HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas,  HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Agustin, A., & Wardhani, H. A. K. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (Ar) Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp It Robbani Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 7–13.

Bressler, D. M., & Bodzin, A. M. (2013). A Mixed Methods Assessment Of Students’ Flow Experiences During A Mobile Augmented Reality Science Game. Journal Of Computer Assisted Learning, 29(6), 505–517. Https://Doi.Org/10.1111/Jcal.12008

Chairudin, M., Nurhanifa, N., Yustianingsih, T., Aidah, Z., & Atoillah, A. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang Smp/Mts. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1312–1318. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V4i2.12881

Endra, R. Y., & Agustina, D. R. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Augmented Reality. Expert: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 9(2). Https://Doi.Org/10.36448/Jmsit.V9i2.1311

Hidayat, T. (2015). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak. Creative Information Technology Journal, 2(1), 77. Https://Doi.Org/10.24076/Citec.2014v2i1.39

Hutagaol, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr Edu Terhadap Kemampuan Menulis Teks Dongeng Fantasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 13 Medan. Https://Doi.Org/Https://Repository.Uhn.Ac.Id/Handle/123456789/11363

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Mutiara, E. A., Nisrina, F. A., Nadhirah, N. E., & Nengsih, N. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr Edu Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asean Kelas Vi. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3), 596–606. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53515/Qodiri.2023.20.3.596-606

Kardipah, S., & Wibawa, B. (2020). A Flipped-Blended Learning Model With Augmented Problem Based Learning To Enhance Students’ Computer Skills. Techtrends, 64(3), 507–513. Https://Doi.Org/10.1007/S11528-020-00506-3

Koç, Ö., Altun, E., & Yüksel, H. G. (2022). Writing An Expository Text Using Augmented Reality: Students’ Performance And Perceptions. Education And Information Technologies, 27(1), 845–866. Https://Doi.Org/10.1007/S10639-021-10438-X

Naimah, S. J., Siskawati, F. S., & Mt, A. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Sigma, 9(2), 149–154.

Noviani, E., & Fajri, B. R. (2022). Rancang Bangun Media Interaktif Augmented Reality Pengenalan Gerak Dasar Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12553–12561. Https://Doi.Org/Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/3756

Pemanfaatan Media Assemblr Edu Dalam Di Mts Negeri Jakarta Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Najiibah Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. (2024).

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 1 Torue Dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 10.

Putri, A. N., & Firdaus, R. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Ips Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Viii. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 610–623.

Rauschnabel, P. A., Babin, B. J., Tom Dieck, M. C., Krey, N., & Jung, T. (2022). What Is Augmented Reality Marketing? Its Definition, Complexity, And Future. In Journal Of Business Research (Vol 142, Bll 1140–1150). Elsevier. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2021.12.084

Reynhat, M., & Irene, L. (2019). “Jika Aku Menjadi” Trans Tv. 205–211.

Rianti Pradita, A., Aeni, A. N., & Sujana, A. (2024). Inkuiri: Jurnal Pendidikan Ipa Pengaruh Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Sdn Tegalkalong Pada Materi Fotosintesis. Sumedang Jl. Mayor Abdurahman, 13(1), 45322. Https://Doi.Org/10.20961/Inkuiri.V13i1.83995

Saepuloh, M. F., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Media Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 10(2), 107–116.

Suciliyana, Y., & Rahman, L. O. A. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Usia Sekolah. Jurnal Surya Muda, 2(1), 39–53. Https://Doi.Org/10.38102/Jsm.V2i1.51

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10.

Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Smp. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: Jppp, 4(3), 209–216. Https://Doi.Org/10.30596/Jppp.V4i3.16429

Published

2025-06-24

How to Cite

Sitanggang, P. Y., Gusar, M. R. S., & Simaremare, J. A. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS X SMA MARKUS MEDAN TAHUN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 1119–1126. https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i1.1015

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.