PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GENIALLY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS X

Authors

  • Elza Leyli Lisnora Saragih Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Eka Putri Saptri Wulan Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Sonya Hutabarat Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.223

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Media Genially, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Genially Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas X SMA Swasta Pencawan Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Two Group Only Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Pencawan Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025 yang berjumlah 84 siswa – siswi didistribusikan menjadi 3 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster sampling Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis.Sesuai dengan metode kunatitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung. Perhitungan hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji uji "t" pada taraf signifikan a= 0,05. Dari data perhitungan thitung 4,523 dan ttabel > 1,675. Hasil pemerolehan H_o (hipotesis nol) di tolak dan H_a diterima, sehingga akan dinyatakan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Genially berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks eksplanasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Elza Leyli Lisnora Saragih, Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Eka Putri Saptri Wulan, Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Sonya Hutabarat, Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Amelia Veni. (2018). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi Dengan Model Investigas Kelompok dan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggumina.

Anderson. (2003). Tipe Teks dalam Bahasa Inggris. Australia. Pendidikan MacMillan.

Azizah, N., Anshori, D. S., & Abidin, Y. (2024). Penggunaan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Dengan Teknik Clustering Berbantuan Media Komik Strip Digital. Jurnal Ide Bahasa, Vol.6 No 1, 111–119. http://jurnal.idebahasa.or.id/index.php/Idebahasa/article/view/188

Damayanti, V., Hasnidar, H., & Pd, M. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Genially Terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi pada Siswa Kelas VII SMP IT AD Durrah Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. https://qjurnal.my.id/index.php/educurio

Dwanda Putra, L., Sintawati, M., & Siswantari Heni. (2022). Pelatihan pengembangan bahan ajar digital game-based learning. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 421–428.

Hadiansah, D., Sari, H., Firmansyah, E., & Rabiussani4, R. (2021). Model Collaborative Learning (CL) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII SMP Nugraha Kota Bandung. Jurnal Onoma; Pendidikan, Bahasa Dan Sastra Indonesia, Volume 7, No 1.

Hanifatuzzahrah. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction Berbantuan Platform Genially Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa.

Hasanah, I. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Genially terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas 2.2 SD Dharma Karya UT. UMJ, 519–527.

Kosasih E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Yrama Widya.

Kosasih, E. E. N. K. K. (2019). Teks Eksplanasi Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Kelas XI SMAN 5 Bandung (Kajian deskriptif kualitatif terhadap fungsi,struktur dan kaidah kebahasaan dalam proses pembelajaran berbasi genre). https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:OAL2BUwYtw.

Maya Nur. (2019). Pengaruh Media Tayang “Pagi-Pagi” di Net TV Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Mulyadi, Y. (2013). Bahasa Indonesia untuk SMP-MTS kelas VII (Yrama Widya).

Nilawijaya, R., & Nopriani, H. (2023). Kemampuan Siswa Kelas X SMA Sentosa Bhakti Baturaja Menentukan Frasa Adjektiva Dalam Paragraf Deksriptif. Bastrando Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3, 1–6.

Ni’mah, N. K., & Hermiati, D. T. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Genially dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Journal Metamorfosa, 10(1), 1–10. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa

Nur Budi. (2017). Penerapan Pembelajaran Virtual Class pada Materi Teks Eksplanasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27, No.2(2), 62–75.

Priyanti. (2014). Desain pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Bumu Aksara.

Priyono, S., Marwati, E., Anggraini, D. F., & Huda, S. N. (2018a). Korelasi Variasi Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Belitang Mulya. 2(1), 30–43. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility

Priyono, S., Marwati, E., Anggraini, D. F., & Huda, S. N. (2018b). Korelasi Variasi Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Belitang Mulya. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 30–43. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility

Purba, T., Lisnora Saragih, E. L., & Manurung, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa-siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 440–447. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5424

Putri, E., Wulan, S., & Siahaan, D. (2021). Srategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi. 2(1).

Rifda Siti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially pada Materi Sumber Energi Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Skripsi.

Saragih Elza L.L, Sihotang Ira Kristini, & Panggabean Sarma. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa-Siswi SMA Gajah Mada Medan Kelas X Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 74–83.

Sembiring Tamaulina, Irmawati, Sabir Muhammad, & Tjahyadi Indra. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik) (Ismaya Bambang, Ed.; Cetakan Pertama). CV Saba Jaya.

Shalimar, A. K., & Rukmana, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Solving Menggunakan Aplikasi Genially pada Materi Bangun Datar Kelas V. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 12(2), 272–290. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v12i2.34632

Siagian, H. S., Reynhat, M., Gusar, S., Putri, E., & Wulan, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Serbaneka Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa-Siswi Kelas VIII. Dharmas Education Jurnal, 4 No. 3, 628–638. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Sudijono Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan (1st ed.). Rajagrafindo.

Sudjana. (2002). Metode Statistika (keempat). PT TARSITO BANDUNG.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D ((IKAPI) Indonesia, Ed.). ALFABETA .

Suprianto SDN, E., Kuala Tungkal, V., Syarif Hidayatullah No, J., & Tanjung Jabung Barat, K. (2019). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi (Vol. 1, Issue 2Desember).

Wahono Suparwoto. (2023). The Portrait of Scievtific Approach Assisted by Video in EFL Reading: Participatory Action Research. P-TELL-US Journal, 9, 62–77. https://doi.org/10.22202/tus.2023.v9i1.6684

Wahyu Pratamadi, D., Syaiful Rizal, M., Veteran Malang, J., Malang, K., & Timur, J. (2024). Implementasi Media Genially dalam Pembelajaran Pemahaman Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Kepanjen. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Volum 5 No 1.

Widiayawati Irsan, S. A. N. (2023). Analisis Teks Eksplanasi Berdasarkan Struktur dan Kaidah Kebahasaan pada Berita Online Lampung Post Edisi Agustus 2023. Urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung, 85–94. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/85

Yolanda, Anisya, & Sri Indriani, R. (2023a). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially pada Materi Normal Dalam Adat Istiadat Daerahku. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08 No 01.

Yolanda, Anisya, & Sri Indriani, R. (2023b). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially pada Materi Normal Dalam Adat Istiadat Daerahku. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, volume 8.

Yuniastuti, M. K. M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial: Tinjauan Teoritis dan Pedoman Paraktis. In Buku Media Pembelajaran (1st ed., p. 98). Scopindo Media Pustaka.

Zahra Syahputri, A., Della Fallenia, F., Syafitri, R., Lubis, R. N., Wulan, S., & Lubis, D. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, vol 2, 160–166. https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/

Published

2025-06-24

How to Cite

Saragih, E. L. L., Wulan, E. P. S., & Hutabarat, S. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GENIALLY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1134–1149. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.223

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.