UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENGANALISIS KARAKTERISTIK BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DI KELAS I UPT SD NEGERI 060857 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1211Kata Kunci:
Hasil belajar, Matematika, Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif, Penelitian tindakan kelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di mata pelajaran Matematika pada materi “Bangun Datar” dan sub-materi “Mengenal Sisi dan Sudut” di kelas I UPT SD Negeri 060857 Medan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang mana pada setiap siklus terdapat empat tahapan diantaranya perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Adapun subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas I. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran powerpoint interaktif mampu meningkatkan motivasi serta hasil belajar peserta didik. Pada kondisi awal (pra-siklus), persentase kelulusan peserta didik hanya mencapai 45% dengan nilai rata-rata 60. Setelah penerapan media pembelajaran powerpoint interaktif, persentase kelulusan hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 71 pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 85% dengan nilai rata-rata 80,5 pada siklus II. Proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran powerpoint interaktif dapat mengadakan suasana pembelajaran yang positif dan aktif bagi peserta didik. Sehingga, penerapan media pembelajaran powerpoint interaktif pada mata pelajaran Matematika pada materi “Bangun Datar” dan sub-materi “Mengenal Sisi dan Sudut” dibuktikan efektif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif dalam pembelajaran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, aktif dan positif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Unduhan
Referensi
Apriyani, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Tema 3 Kelas V Sd/Mi.
Arrum, A. H., Pertiwi, C. K., Nurhanifa, R., Putri, H. E., & Rahayu, P. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (Cpa) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sd. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 1478–1486. Http://Proceedings.Upi.Edu/Index.Php/Semnaspgsdpwk/Article/View/2126
Asmawati, A., Risnawati, R., & Muhandaz, R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Smp/Mts. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 2(3), 273. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V2i3.7813
Astiti, N. K. A., Rini Kristiantari, M. G., & Saputra, K. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sd. Journal Of Education Action Research, 5(3), 409–415. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V5i3.36695
Aulia, E. V., Widodo, W., Subekti, H., Hidayati, S. N., & Sari, D. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Project Based Learning Bagi Guru Ipa Smp. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4700–4713. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V6i6.11076
Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V10i2.16814
Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104.
Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Tema Perkalian Dan Pembagian Pecahan. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 8(1), 108. Https://Doi.Org/10.36841/Pgsdunars.V8i1.588
Ivo Rohma Dwitha Turnip, Yanti Arasi Sidabutar, C. L. S. (2024). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V. Indonesian Research Journal On Education, 4(4), 2683–2686.
Kusni, K. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Penggunaan Microsoft Powerpoint Melalui Supervisi Akademik Guru Sdn 2 Pelem. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 111–119. Https://Doi.Org/Utama, H. B. (2020). Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru (Pp. 1–8). Pp. 1–8. Retrieved From Https://Www.Researchgate.Net/Publication/338344315_Supervisi_Akademik_Dalam_Peningkatan_Profesionalisme_Guru
Manoi, G., & Soesanto, R. H. (2022). Stimulus Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Media Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring [Stimulating The Activeness Of Students Through The Implementation Of Interactive Media In Online Mathematics Learning]. Johme: Journal Of Holistic Mathematics Education, 6(1), 43–56.
Maslahah, N. (2022). Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Pakem) Dengan Media Interaktif: Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 7(1), 29–37. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24269/Silogisme.V7i1.3243
Muhammad Lutfi, P. L. (2021). Penggunaan Media Interaktif Baamboozle Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Smp Negeri 24 Malang. Sosiolium, 3(7). Https://Doi.Org/10.17977/Um065.V4.I7.2024.2
Nugraha, F. A., Nur’aeni, E., Suryana, Y., & Muharram, M. R. W. (2021). Efektivitas Media Powerpoint Dalam Pembelajaran Materi Luas Daerah Segitiga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2760–2768.
Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.
Nurita, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pacas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jleb: Journal Of Law, Education And Business, 1(2), 102–108. Https://Doi.Org/10.57235/Jleb.V1i2.1192
Putri, A. A., & Ardi, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V9i1.33931
Putri, N. E., Anwar, S., & Nasution, S. P. (2022). Analisis Model Pembelajaran Novick Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik. Journal Of Mathematics Education And Learning, 2(1), 57. Https://Doi.Org/10.19184/Jomeal.V2i1.30372
Rifqi Ardhiansyah, G., Surya Hutama, F., Ayu Puspitaningrum, D., Zahroul Fitriyah, C., & Aguk Wardoyo, A. (2023). Pengaruh Metode Guided Note-Taking Berbantuan Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(2), 238–252. Https://Doi.Org/10.22437/Gentala.V8i2.27190
Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action Of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. Https://Doi.Org/10.30762/Factor_M.V1i1.963
Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37. Https://Doi.Org/10.47200/Intersections.V5i2.553
Sinaga, L., Saragih, L., Sitorus, V. B., & Panjaitan, L. N. (2021). Pemanfaatan Learning Management System Dengan Moodle Dalam Menunjang Pembelajaran Daring Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Ikip Budi Utomo, 2(01), 244–252. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33503/Prosiding.V2i01.1442
Sitinjak, E. K., & Siahaan, F. Eirene. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Mata Kuliah Fisika Lanjutan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 4(2), 231–235. Https://Doi.Org/10.37081/Mathedu.V4i2.2733
Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2021). Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau Dari Habits Of Minds. Sjme (Supremum Journal Of Mathematics Education), 5(1). Https://Doi.Org/10.35706/Sjme.V5i1.4510
Supriadi, S., Okra, R., & Derta, S. (2023). This Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Microsoft Powerpoint Berbantukan Fitur Ispring Suite Pada Mata Pelajaran Ipa Di Smp Negeri 1 Banuhampu. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 796–807.
Utami, N., Khairuddin, K., & Mahrus, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Penggunaan Media Video Dengan Media Powerpoint Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Sman 3 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 96–101. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V5i2.120
Valentina, A., & Wulandari, M. D. (2022). Media Pembelajaran Mabeta Untuk Menguatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 601–610. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i3.2474
Wahidah, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 21 Pekanbaru. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 1(1), 79. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V1i1.4775
Zahara, M. A., & Jupri, A. R. (2022). The Effect Of Microsoft Powerpoint Interactive Learning Media Application On Reading Comprehension Skills Of 3rd Grade Elementary School Students For Indonesian Language Subjects. Jurnal Paedagogy, 9(3), 532. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V9i3.5383
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten