PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA EDPUZZLE TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII

Penulis

  • Mitha Lestari Sihombing Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Dame Ifa Sihombing Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Rani Farida Sinaga Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.1188

Kata Kunci:

Pembelajaran Berbasis Multimedia, Edpuzzle, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar, Statistika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Negeri 18 Medan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan T.A 2024/2025. Dengan teknik probability sampling, sampel penelitian yaitu kelas VIII-9 dan VIII-10. Instrumen yang digunakan adalah angket serta soal tes bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen. Analisis data dilakukan dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1)ada pengaruh signifikan pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap kepercayaan diri siswa pada materi statistika (0,000<0,005), 2)ada pengaruh signifikan pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika (0,000<0,05), 3)ada pengaruh signifikan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika (0,000<0,05), 4)tidak ada pengaruh signifikan pembelajaran matematika berbasis multimedia  Edpuzzle terhadap hasil belajar siswa melalui kepercayaan diri pada materi statistika (0,720>0,1782, hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan antara pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle dengan hasil belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Mitha Lestari Sihombing, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Dame Ifa Sihombing, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Rani Farida Sinaga, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Referensi

Alfarisa, F., Supriadi, S., Susilawati, S., Rahimah, A. D., & Yunia, Y. (2021). Pengembangan Instrumen Higher Order Thingking Skill (Hots) Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), 279–290.

Arriza, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Lingkaran Untuk Kelas Viii Smp Swasta Islam Annur Prima. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/9863

Aryanih, E., Amaliyah, A., & Gumilar, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd Negeri Rawarengas 2. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 862–870. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30605/Jsgp.7.2.2024.4106

Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., Mz, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate Cc Pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.2170

Basri, S. N. (2018). Deskripsi Kesalahan Penyelesaian Soal Matematika Higher Order Thinking Skills Berdasarkan Kriteria Watson Siswa Kelas Viii Smpn 9 Binamu Kabupaten Jeneponto.

Bhatti, Z., Abro, A., Gillal, A. R., & Karbasi, M. (2018). Be-Educated: Multimedia Learning Through 3d Animation. Arxiv Preprint Arxiv:1802.06852. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.48550/Arxiv.1802.06852

Bungsu, T. Kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal On Education, 01(02), 382–389.

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Eduhumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).

Hastuti, W. (2017). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ipa Konsep Daur Hidup Makhluk Hidup Murid Kelas Iv Sdn Nomor 25 Panaikang Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng. Muhammadiyah University Makassar.

Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan Pemodelan Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153–164. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V10i1.857

Londa, A. H., Mete, Y. Y., & Sadipun, B. (2018). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa. Journal Of Elementary School (Joes), 1(2), 113–120. Https://Doi.Org/10.31539/Joes.V1i2.359

Mahardika, N. D. (2022). Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Computer Assisted Instruction Di Sma Negeri 23 Bandung. Universitas Komputer Indonesia. Http://Elibrary.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/7067

Mulyana, I., Kom, M., Putra, A. P., Kom, M., Suriansyah, M. I., & Kom, M. (2019). Buku Ajar Desain Grafis Dan Multimedia (Vol 1). Flash.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. Https://Doi.Org/10.30656/Gauss.V3i1.2127

Muswaroh, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Soge Kandanghaur Indramayu. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 674. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V4n2.P674-685

Niya, E. (2021). The Influence Of Using Cross-Word Puzzle Toward Students’ability In Writing Descriptive Text At The First Semester Of The Eight Grade At Smpn 2 Gunung Labuhan Way Kanan Regency In The Academic Year Of 2020/2021. Uin Raden Intan Lampung.

Noviati, P. R. (2017). Penerapan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iii Sdn 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). Https://Doi.Org/10.29313/Ga.V1i1.2686

Novitasari, N., & Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137–147.

Nurteteng, N., & Nopitasari, D. (2019). The Use Of Crossword Puzzle Towards The Students Vocabulary. Interaction: Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(1), 9–17.

Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Di Paud Aiza Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 803–810. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V2i4.285

Nurzaelani, M. M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Mata Kuliah Strategi Perencanaan Sistem Informasi. Prosiding Teknologi Pendidikan, 1(01), 237–263. Https://Pkm.Uika-Bogor.Ac.Id/Index.Php/Ptp/Article/View/118

Octaviyunas, A., & Ekayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer Dan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas Vii. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 341–352.

Paramitha, N., & Yunianta, T. N. H. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa Smp Berkemampuan Tinggi. Jurnal Mitra Pendidikan (Jmp Online), 1(10), 983–994.

Putra, I. M. J. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 57–65. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V9i1.32356

Rusudianto, A. R., Susanta, A. S., & Muktadir, A. M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking (Hot) Pelajaran Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 1–19. Https://Doi.Org/10.33369/Dikdas.V3i1.12110

Setiawan, A., Alpindo, O., & Astuti, P. (2022). Development Of Interactive Multimedia Using Adobe Animate Software On The Material Of Sequences And Series For Class Xi Man Bintan. Jurnal Gantang, 7(1), 29–38.

Simanjuntak, J., Simangunsong, M. I., & Naibaho, T. (2021). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi. Sepren: Journal Of Mathematics Education And Applied, 02(02), 32–39.

Sri Hariati, P. N., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(1), 18–22. Https://Doi.Org/10.36987/Jpms.V6i1.1657

Suwandi, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 186–193. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V1i2.16399

Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Media Ular Tangga Dan Media Puzzle Di Kelas Xi Sma Negeri 01 Bengkulu Tengah. Alotrop, 3(2). Https://Doi.Org/10.33369/Atp.V3i2.9911

Uno, W. A. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan Ipa Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Cv. Cahaya Arsh Publisher & Printing.

Diterbitkan

2025-05-10

Cara Mengutip

Sihombing, M. L., Sihombing, D. I., & Sinaga, R. F. (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA EDPUZZLE TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 984–997. https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.1188

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.