PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS CRT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA SDN 066054 MEDAN

Authors

  • Buge Sara Ate Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Arief Aulia Rahman PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Silsia Risqha Revolina Siregar SD Negeri 066054 Medan Denai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1273

Keywords:

Model Pembelajaran, Kooperatif, Tipe STAD, CRT, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mnegetahui Hasil PENERAPAN model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis crt untuk meningkatkan hasil belajar ipas siswa sdn 066054 medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat penelitian dilaksanakan di UPT SDN 066054 Medan yang berlokasi di Jl. Kaswari , Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Sumatra Utara untuk tahun pelajaran 2024/2025. Adapun penelitian akan dilaksanakan pada bulan April 2025. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus di kelas V SD pada pembelajaran IPAS dengan materi Keberagaman Budaya di Indonesia, dapat disimpulkan bahwa:Penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas dan partisipasi belajar siswa. Keterlibatan siswa menjadi lebih aktif, terutama saat mereka diajak untuk berbagi pengalaman budaya pribadi dan mendengarkan cerita budaya dari teman-temannya.Sikap menghargai keberagaman, toleransi, dan empati antarsiswa mengalami peningkatan. Pembelajaran dengan pendekatan CRT membuka ruang dialog antarbudaya yang sehat dan konstruktif dalam kelas, serta menumbuhkan kebanggaan siswa terhadap identitas budaya masing-masing.Hasil evaluasi formatif siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini mencerminkan adanya peningkatan pemahaman konsep serta hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis budaya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPAS menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi Keberagaman Budaya di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Buge Sara Ate, Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Arief Aulia Rahman, PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Silsia Risqha Revolina Siregar, SD Negeri 066054 Medan Denai, Indonesia

SD Negeri 066054 Medan Denai, Indonesia

References

Abadi, M., & Muthohirin, N. (2020). Metode Cultural Responsive Teaching Dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Tindak Xenophobia Dan Rasisme Di Tengah Bencana Covid-19. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 34. Https://Doi.Org/10.22219/Progresiva.V9i1.12520

Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 542–548. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i3.4341

Andira, A., Hasmawati, H., & Mantasiah R, M. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. Journal Of Language, Literature, And Linguistics" Interference", 1(2), 128–133. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/20185

Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29–33. Https://Doi.Org/10.24176/Wasis.V2i1.5191

Aslan Berzener, Ü., & Deneme, S. (2021). The Effect Of Cooperative Learning On Efl Learners’ Success Of Reading Comprehension: An Experimental Study Implementing Slavin’s Stad Method. Turkish Online Journal Of Educational Technology-Tojet, 20(4), 90–100. Http://Www.Tojet.Net

Bahtiar, B., Kafrawi, M., & Yeni, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Media Film Animasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Mts. Al-Intishor Sekarbela. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 207. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V6i2.2876

Barus, L. D. G., Herman, H., & Niswa, H. (2020). The Effect Of Student Teams Achievement Divisions (Stad) To The Students’ Writing Ability On Recount Text. Journal Of English Education And Teaching, 4(4), 536–547. Https://Doi.Org/10.33369/Jeet.4.4.536-547

Dedek Andrian, Astri Wahyuni, Syarul Ramadhan, Fini Rezy Enabela Novilanti, & Zafrullah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, Dan Motivasi Belajar. Inomatika, 2(1), 65–75. Https://Doi.Org/10.35438/Inomatika.V2i1.163

Hadi, A., Nasaruddin, N., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Kelas V Sdn 4 Pringgabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 124–133. Https://Doi.Org/10.29303/Pendas.V1i2.64

Haryati, D., Gusmarlia, F., & Nurhikmah, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas V Sdn No. 198/I Pasar Baru. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3).

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 117. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V5i2.1807

Jamilah, J., Sartika, R. P., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Atom Dan Partikel Penyusunnya. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.31571/Saintek.V10i1.2465

Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1121–1127.

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i2.15487

Lase, W. D. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Smp Negeri 2 Tigabinanga. In Repository.Uhn.Ac.Id. Universitas Hkbp Nommensen Medan.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe Stad Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29–36. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V9i1.2332

Maharini, I. G. A. D., Lasmawan, W., & Sutama, I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas 4 Sd Di Gugus I Kuta Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1).

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V7i2.6287

Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal Of Elementary Education, 3(3), 344. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i3.19450

Pertiwi, P. A. I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 174–185. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V1i2.16398

Purba, R. R., & Halim, J. (2025). Kriptografi Untuk Keamanan Data Penjualan Barang Pada Toko Azis Menggunakan Algoritma Rsa Crt. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer Tgd, 8(1), 65–72. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53513/Jsk.V8i1.10717

Purwati, N. L. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Stad Di Kelas Vi Sd Negeri 42 Mataram. Jurnal Paedagogy, 6(1), 14–19.

Rafael. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Mata Pelajaran Ipa Pada Materi Tumbuhan Tema 3 Sub Tema 1 Kelas Iv Sd Negeri 047174 Kutarayattahun Pelajaran 2022/2023. Repository Universitas Quality Berastagi, 6–32.

Rahmawati, N. K., & Hanipah, I. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 99. Https://Doi.Org/10.25217/Numerical.V2i1.185

Satyawan, I. M., Arimbawa, I. G. A. A., & Astra, I. K. B. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/10.23887/Jjp.V5i2.11340

Simatupang, P. N. (2024). Meningkatkan Kesadaran Budaya Dalam Pendekatan Crt (Culturally Responsive Teaching) Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas X 1 Sma Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Alacrity: Journal Of Education, 128–140.

Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Development, 1(4), 607–620. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.4560676

Suriyanto, D. (2020). Penagruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa Mta Pelajaran Kimia Siswa Kelas Xi Ma Huda Bagu Tahun 2020. Universitas Islam Negeri Mataram.

Suriyanto, D., Taufik, L., & Mubarak, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(2), 132–145. Https://Doi.Org/10.20414/Spin.V2i2.2696

Syihabuddin, M. A., & Amalia, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Mts. Maâ€Tm Arif Sidomukti Gresik. Miyah: Jurnal Studi Islam, 18(1), 75–84. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33754/Miyah.V18i1.456

Ulfah, E., Bakhtiar, B., & Irma, H. T. (2019). Resiliensi Wanita Penderita Kanker Payudara Stadium Lanjut. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 119–129. Https://Doi.Org/10.15548/Alqalb.V9i2.860

Umatjina, N. U. R. R. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Sepak Bola Passing Kaki Bagian Dalam Studi Pada Siswa Kelas X Sman 1 Cerme. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(1).

Yuniarti, D., Abadi, I. B. G. S., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions (Stad) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus Iii Kuta Utara Badung Tahun Ajaran 2017/2018. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V7i1.16970

Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (Stad) Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 196.

Published

2025-05-10

How to Cite

Ate, B. S. ., Rahman, A. A. ., & Siregar, S. R. R. . (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS CRT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA SDN 066054 MEDAN . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1083–1095. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1273

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.