ANALISIS MEDIA DAN SUMBER BELAJAR LOKAL SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KEARIFAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1091Keywords:
Media pembelajaran, Integrasi kearifan lokal, Kurikulum berbasis kearifan localAbstract
Artikel ini mengidentifikasi pentingnya integrasi kearifan lokal dalam pendidikan serta tantangan dan solusi dalam implementasinya. Penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam mendukung implementasi kurikulum berbasis kearifan lokal. Dengan menggunakan media yang mencerminkan budaya setempat, seperti buku pop-up, video interaktif, atau modul berbasis kearifan lokal, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan bermakna bagi siswa. Penggunaan metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tinjauan literatur dimana pendekatan yang sistematis untuk mengumpulkan, menilai, dan menganalisis informasi dari berbagai sumber sekunder, seperti buku, artikel jurnal, laporan penelitian, dan berbagai sumber yang relevan dengan topik penelitian, tanpa melakukan eksperimen langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun integrasi kearifan lokal memiliki banyak manfaat, namun implementasinya memerlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pengembangan kurikulum, pelatihan guru, dan ketersediaan sumber belajar yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan mengatasi tantangan-tantangan tersebut, integrasi kearifan lokal dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi pembelajaran dengan konteks lokal.
Downloads
References
Anisa, S., Erika, F., & Nurhadi, M. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa Untuk Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Kearifan Lokal Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Innovation and Technology in MBKM, 1(1), 20-25.
Creswell, J. W. (n.d.). Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan.
Darlis, A., Sinaga, A. I., Perkasyah, M. F., Sersanawawi, L., & Rahmah, I. (2022). Pendidikan berbasis merdeka belajar. Journal Analytica Islamica, 11(2), 393-401.
Firmansah, D., & Firdaus, D. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Aplikasi Sparkol Videoscribe pada Tema 3 Kelas III. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 145-158.
Handayani, S. D., Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2022). Mewujudan Pelajar Pancasila dengan Mengintegrasikan Kearifan Budaya Lokal dalam Kurikulum Merdeka. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 76-81.
Kurniawan, A., Yanti, H., & Abdurrahman, A. (2023). Menajemen kurikulum merdeka belajar dalam menerapkan nilai-nilai kearifan lokal pada pembelajaran di SD Negeri 16 Meulaboh-Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1927-1935.
Lestari, W., Hasibuan, V. U., Lova, S. M., & Yani, F. (2021). Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Hutan Mangrove. Jurnal Pendidikan, 5(2), 865-871.
Mahmudah, M. (2022). Korelasi Media Dan Sumber Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(2), 105-113.
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (1), 48–53.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten