PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WEB GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I PADA MATERI AKU DAN KELUARGAKU DI SDN 060912 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.113Kata Kunci:
Model, Problem Based Learning, Web Google Site, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Web Google Site Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Materi Aku Dan Keluargaku Di Sdn 060912 Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN 060912 Medan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 terhitung mulai Maret sampai dengan April. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN 060912 Medan pada semester genap Tahun Ajaran 2024/2025. Peserta didik yang berjumlah 21 siswa. Setiap siklus pada penelitian tindakan terdiri dari empat tahap, yaitu (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan (Action), (3) Observasi atau pengamatan (Observation), (4) Refleksi (Reflection). Dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik, baik dari aktivitas siswa dan hasil belajar yang diperoleh siswa telah mengalami peningkatan. Pada siklus I meningkat sedikit dengan nilai rata-rata yaitu 68,33 dan persentase skor yang dicapai yaitu 39,28% serta ketuntasan belajar siswa sebesar 66,67% dengan tingkat keberhasilan yang artinya cukup. Pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata persentase skor yang dicapai yaitu 85,71% dan ketuntasan belajar siswa sebesar 85,71% dengan tingkat keberhasilan yang artinya baik. Dari hasil yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPAS dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Laman Google site dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 060912 Medan
Unduhan
Referensi
Ai, X., Jiang, Z., Hu, K., Chandrasekaran, S., & Wang, Y. (2020). Integrating A Cross-Reference List And Customer Journey Map To Improve Industrial Design Teaching And Learning In “Project-Oriented Design Based Learning”. Sustainability, 12(11), 4672. Https://Doi.Org/10.3390/Su12114672
Almulla, M. A. (2019). The Efficacy Of Employing Problem-Based Learning (Pbl) Approach As A Method Of Facilitating Students’ Achievement. Ieee Access, 7, 146480–146494.
Aslam, L. K., Suparji, S., & Rijanto, T. (2021). The Effect Of Problem Based Learning Model On Learning Outcomes In The Vocational High School Students. International Journal For Educational And Vocational Studies, 3(4), 264. Https://Doi.Org/10.29103/Ijevs.V3i4.3958
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. Https://Doi.Org/10.36456/Bp.Vol16.No30.A2719
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (Pbl) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. Https://Doi.Org/10.46650/Wa.12.1.1056.61-69
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan Stem (Science, Technology, Enggeenering And Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2021.V11.I1.P11-22
Erawati, D. (2022). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Sd Negeri 6 Pajar Bulan. Shes: Conference Series, 5(5), 1086–1093.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V7i1.5338
Flamboyant, F. U., Murdani, E., & Soeharto, S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Sma Negeri Di Kota Singkawang Pada Materi Hukum Archimedes. Variabel, 1(2), 51. Https://Doi.Org/10.26737/Var.V1i2.810
Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9–17. Https://Doi.Org/10.56916/Ejip.V1i1.4
Ismael, N. J., Putra, R. R., & Siregar, A. A. (2022). Project Based Learning-Computational Thinking (Pbl-Ct) Product Development In Mobile Programming Courses. Journal Of Positive School Psychology, 2478–2493.
Joshi, A., Desai, P., & Tewari, P. (2020). Learning Analytics Framework For Measuring Students’ Performance And Teachers’ Involvement Through Problem Based Learning In Engineering Education. Procedia Computer Science, 172, 954–959. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2020.05.138
Manurung, H. M. (2021). Model Pembelajaran Kimia Kreatif Berbasis Pbl Menggunakan Macromedia Flash.
Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.22460/Jpp.V1i1.10356
Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i1.4106
Maulana, M. (2019). Interaksi Pbl-Murder, Minat Penjurusan, Dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kritis. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 1–20.
Maulina, D. N., Slamet, S. ., & Indriayu, M. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Iv(2012), 2–8.
Muna, L., & Mujianto, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar. Academy Of Education Journal, 14(2), 359–366. Https://Doi.Org/10.47200/Aoej.V14i2.1661
Nuralita, A., Reffiane, F., & Mudzanatun. (2020). Keefektifan Model Pbl Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mimbar Pgsd Undiksha, 8(3), 457–467.
Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V3i1.268
Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Berdasarkan Strategi Polya Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 3(2), 223. Https://Doi.Org/10.31331/Medivesveteran.V3i2.768
Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect Of Problem Based Learning (Pbl) Models On Motivation And Learning Outcomes In Learning Civic Education. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V9i3.21565
Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Pbl Pada Muatan Ipa Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 10(1), 155–163. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V10i1.47031
Raharjo, H., Khairudin, M., & Baser, J. A. (2018). The Influence Of Problem-Based Learning And Direct Teaching On Students’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 62–71. Https://Doi.Org/10.21831/Jptk.V24i1.18015
Rahman, M. H., & Latif, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Kelas V. Edukasi, 18(2), 246. Https://Doi.Org/10.33387/J.Edu.V18i2.2100
Ramadhani, D. D. S., & Sukenti, D. (2023). Dampak Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Journal Of Education Action Research, 7(3), 327–335. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V7i3.66698
Rani, R., Manurung, H., & Siregar, T. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasa Program Linier. 2008.
Rohmah, N., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran Pbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 945–963. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i1.1254
Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison Of Pbl (Project Based Learning) Models With Pbl (Problem Based Learning) Models To Determine Student Learning Outcomes And Motivation. International Journal Of Elementary Education, 4(4), 519–529. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V4i4.30087
Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Dan Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 29–41. Https://Doi.Org/10.33503/Ebio.V5i01.657
Wicaksono, R. S., Susilo, H., & Sueb. (2019). Implementation Of Problem Based Learning Combined With Think Pair Share In Enhancing Students’ Scientific Literacy And Communication Skill Through Teaching Biology In English Course Peerteaching. Journal Of Physics: Conference Series, 1227(1), 012005. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1227/1/012005
Yuliana, Y., Kresnadi, H., & Uliyanti, E. (2020). Pengaruh Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V8i6.33439
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten