PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME EDUKATIF BERBANTUAN WEBSITE EDUCAPLAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v2i2.118Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Game Edukatif, Website Educaplay, Kemampuan Menulis Teks NegosiasiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Berbantuan Website Educaplay Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiaisi Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Dwiwarna Medan Tahun Ajaran 2025/2026. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantiatif tipe eksperimen dengan desain penelitian Two Group Posttest-Only Control Design. Dalam penelitian ini, sampel penelitian adalah kelas X TKJ dengan jumlah 25 siswa yang menjadi kelas eksperimen dengan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif game edukatif berbantuan website educaplay adalah kelas X TKR dengan jumlah 25 siswa yang menjadi kelas kontrol tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif game edukatif berbantuan website educaplay. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogitas, dan uji hipotesis. Sesuai dengan metode kuantitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji “t” pada taraf signifikan 0,05, maka diperoleh ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? yakni 7,22 >2,0106. Dengan demikian (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media game edukatif berbantuan website educaplay berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas x SMK Swasta Dwiwarna Medan tahun ajaran 2025/2026.
Downloads
References
Aini, I. N. Q., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 178–184.
Akram Mei Hasman, Nadrah Nadrah, & Rahmatia Tahir. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Interaktif Digital Berbasis Chatbot Pada Siswa Kelas Iv 2 Upt Sd Negeri 8 Binamu Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 01–25. Https://Doi.Org/10.58192/Sidu.V2i2.770
Ardiansyah, M. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif, Gaya Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3). Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V5i3.7624
Asman, V., Menrisal, M., & Arsyah, R. H. (2020). Perancangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaransimulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk Kelas X. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 10–17. Https://Doi.Org/10.35134/Jpti.V7i2.29
Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., Mz, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate Cc Pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.2170
Candrawaty, D. A., Damariswara, R., & Aka, K. A. (2022). Analisis Respon Guru Dan Siswa Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Non Fiksi Bermuatan Kearifan Lokal Kediri Raya. Jurnal Basicedu, 6(4), 7456–7465. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3459
Firmansah, D., & Firdaus, D. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Tema 3 Kelas Iii. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 145–158. Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V7i2.7386
Jafnihirda, L., Suparmi, S., Ambiyar, A., Rizal, F., & Pratiwi, K. E. (2023). Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(1), 227–239. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V3i1.2734
Laela, D. S., Heriyanto, Y., & Mulyanti, S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Menyikat Gigi Dengan Menggunakan Media Poster Dan Kalender Interaktif Sehat Merawat Gigi. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10), 3683–3694. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31604/Jpm.V5i10.3683-3694
Manoi, G., & Soesanto, R. H. (2022). Stimulus Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Media Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring [Stimulating The Activeness Of Students Through The Implementation Of Interactive Media In Online Mathematics Learning]. Johme: Journal Of Holistic Mathematics Education, 6(1), 43–56.
Noviani, E., & Fajri, B. R. (2022). Rancang Bangun Media Interaktif Augmented Reality Pengenalan Gerak Dasar Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12553–12561. Https://Doi.Org/Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/3756
Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point Dengan Fungsi Hyperlink. 4(2), 258–267.
Puspaningrum, C., Syahputra, E., & Surya, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.24114/Paradikma.V14i2.27147
Putra, I. M. J. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 57–65. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V9i1.32356
Putra, R. A., & Dewi, R. M. (2020). Pengembangan Media E-Book Interaktif Pada Sub Materi Permintaan, Penawaran, Dan Harga Keseimbangan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 1–7. Https://Doi.Org/10.26740/Jupe.V9n1.P1-7
Rahayu, D. D., Sakdiyah, S. H., & Chrisyarani, D. D. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate Cc Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Iv. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.56393/Sistemamong.V2i1.354
Rahmawati, A. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (Mmi) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Psej (Pancasakti Science Education Journal), 4(1), 7–17.
Saputro, H. B., & Febriani, O. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Modul Digital Interaktif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Materi Pecahan Kelas Iv Sdn 2 Klesem. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 130–139.
Sepriana, R., Sefriani, R., Wijaya, I., & Lestari, P. (2023). Pengujian Validitas Modul Interaktif Simulasi Dan Komunikasi Digital Berbasis Macromedia Director Mx. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 1(1), 13–19. Https://Ejournal.Cvrobema.Com/Index.Php/Jpip/Article/View/4
Sugiarti, S., Darmawan, D., & Rahadian, D. (2021). Pemanfaatan Game Model Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan. Teknologi Pembelajaran, 6(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31980/Tp.V6i2.2003
Sugiyono, P. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat : Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, Dan Konstruktif). Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sulistiawati, S., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2021). Penggunaan Information Communication And Technology (Ict) Tools Dalam Mendukung Pembelajaran Matematika Interaktif. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1033–1054. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/Jpmi.V4i5.P1033-1054
Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., & Kirna, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Pencak Silat. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 6(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jtpi.V6i1.1372
Tueno, Y. R., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Interaktif Berbasis Digital Genially Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sdn 13 Telaga Biru. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 10(2), 1649–1657. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V10i2.3282
Tursilo, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Video Berbasis Multimedia Dalam Pembejaran Matematika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Uin Raden Intan Lampung.
Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah Dengan Analisis Interaktif Bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32–43. Https://Doi.Org/. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V7i1.6464
Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76–87. Https://Doi.Org/10.26740/Jipb.V3n2.P76-87
Wedyastuti, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial Menggunakan Media Interaktif Live Worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 171–178. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V8i2.427
Wicaksono, S. (2023). Ta: Perancangan Prototype Game Interaktif Adventure Pengetahuan Umum Anak Usia 16-18 Tahun Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan Mental. Universitas Dinamika. Http://Repository.Dinamika.Ac.Id/Id/Eprint/7019
Zaini, M. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas Xi Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 2 Buduran Sidoarjo Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Berbasis Adobe P. 9, 349–361.
Zinnurain, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip Pdf Corporate Edition Pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 132–139. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33102/Sainsinsani.Vol6no1.263
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten