PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PADLET TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.1078Kata Kunci:
Pengaruh, Media Padlet, Kemampuan Menulis Teks NegoisasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media padlet sebagai saran penyampaian materi terhadap kemampuan menulis teks negoisasi siswa.ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis siswa yang rendah khususnya pada materi teks negoisasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Asrani 2 Medan.teknik pengumpulan data yang digunakan tes atau penugasan yang bisa mengetahui kemampuan menulis teks negoisasi siswa. Hasil penelitiaan ini memperoleh rata-rata kelas kelas eksperimen sebesar 73,33 dan kelas kontrol 49,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signitifikan penggunaan media padlet terhadap kemampuan menulis teks negoisasi.
Unduhan
Referensi
Alghozi, A. A., Salsabila, U. H., Sari, S. R., Astuti, R. T., & Sulistyowati, H. (2021). Penggunaan Platform Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Covid-19. 1, 137–152.
Apriliana, A. (2022). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Smp Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 594–603. HTTPS://DOI.ORG/10.58344/JII.V1I6.76
Bando, U. D. M. A., & Elihami, E. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pembelajaran Fiqh Di Pesantren Melalui Konsep Pendidikan Nonformal. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 81–90.
Batitusta, F. O., & Hardinata, V. (2024). Pengaruh Implementasi Media Permainan Edukasi Educaplay Berbasis Gadget TERHADAP Hasil Belajar Menulis Esai. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2685–2690. HTTPS://DOI.ORG/10.54371/JIIP.V7I3.3788
Dewi, F. F., Utomo, A. P. Y., Widyawati, T. K., Rohman, D., Pramono, D., Kesuma, R. G., & Yunanda, N. S. (2024). Padlet SEBAGAI Media Pembelajaran Teks Kritik Sastra DAN Esai DI Sman 9 Semarang. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 46–58.
Dewi, I. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning Melalui Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Pokok Hukum Newton Siswa Kelas X Mia-1 Sma Negeri 3 Sibolga Tahun Ajaran 2021-2022. Jurnal Estupro, 6(3), 53–63.
Haris, M., Yunus, M., & Badusah., J. (2017). THE Effectiveness OF Using Padlet IN Esl Classroom. International Journal OF Advanced Research, 5(2), 783–788. HTTPS://DOI.ORG/10.21474/IJAR01/3214
Hasanah, N., Syaifuddin, M., & Darmayanti, R. (2022). Analysis OF THE NEED FOR MATHEMATICS TEACHING MATERIALS" DIGITAL COMIC BASED ON ISLAMIC VALUES" FOR CLASS X Sma Students IN Era 5.0. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 231–240. HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.25217/NUMERICAL.V6I2.2584
Irma Wati, E., Ilyas, M., & Dwi Sulistyowati, E. (2017). Pengembangan Media Mobile Learning DALAM Pembelajaran Menulis Deskripsi PADA Siswa Kelas X Smk. Ilmu Budaya, 1(4), 1–20.
Kaisya, S., Simaremare, J. A., & Renita, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Padlet TERHADAP Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas Vii Smp. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5426–5431. HTTPS://DOI.ORG/10.54371/JIIP.V7I6.4485
Li, J.-T., & Tong, F. (2019). Multimedia-ASSISTED SELF-LEARNING MATERIALS: THE BENEFITS OF E-FLASHCARDS FOR VOCABULARY LEARNING IN Chinese AS A FOREIGN LANGUAGE. Reading AND Writing, 32(5), 1175–1195. HTTPS://DOI.ORG/10.1007/S11145-018-9906-X
Lubis, R., Simaremare, J. A., & Harlen, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Padlet TERHADAP Kemampuan Menulis Teks Argumentasi PADA Siswa Kelas Viii Smp Negeri 14 Medan. Jkip Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 454–461. HTTPS://DOI.ORG/10.55583/JKIP.V4I2.875
Mukarima, U. S., Wawan, W., Setiawan, A., Ningsih, E. F., & Choirudin, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah DENGAN Media Pembelajaran Magic Board UNTUK Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 152–155. HTTPS://DOI.ORG/10.61650/JPTK.V1I3.367
Nikmatussolihah, & Adip, W. (2024). Pembelajaran Geografi Melalui Padlet Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Bululawang. 12(2), 7–8.
Nurhadi, M., Abdul Mujib, & Adet Tamula Anugrah. (2023). Penyelesaian Sengketa Pasar Modal Melalui Negosiasi. Mu’amalat: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah, 15(1), 59–72. HTTPS://DOI.ORG/10.20414/MU.V15I1.7018
Nurmaizura, D., Munawarah, D. R., Putri, M., Asparini, L., Jaelani, H., & Herianto, E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching AND Learning Berbantuan Media Educaplay PADA Mata Pelajaran Ppkn. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, DAN Geofisika (Geoscienceed Journal), 5(2), 173–179. HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.29303/GOESCIENCEED.V5I2.321
Prayoga, I. S., Pratomo, W., & Lestari, P. P. (2024). Peningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Educaplay Froggy Jumps Pada Pembelajaran Ipas Kelas V Sdn 5 Panjer. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 1719–1730. HTTPS://SEMINAR.USTJOGJA.AC.ID/INDEX.PHP/SEMNAS_PPG_UST/ARTICLE/VIEW/2302
Purba, T. I. S., Saragih, E. L. L., & Rolan, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi PADA Siswa-SISWI Kelas Viii Smp Hkbp Sidorame Medan. 440–447.
Puspitasari, R., & Sesanti, N. R. (2024). Penerapan MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN Educaplay UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS 4 PADA MATA PELAJARAN Bahasa Indonesia DI Sdn Pisangcandi 1 Malang. Seminar Nasional DAN Prosiding Ppg Unikama, 1(2), 949–955.
PUTRI. (2021). Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.
Putri, P. A., Widyaningrum, H. K., & Pratiwi, C. P. (2024). Pengaruh. Model Project Based Learning Berbantuan Media Digital Educaplay TERHADAP Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Siswa Kelas Iv. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 3(3), 452–460.
Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2019). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Proceedings Samasta Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–146.
Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2020). Penggunaan MEDIA PADLET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI. Prosiding Samasta.
Rashid, A. A., Yunus, M. M., & Wahi, W. (2019). Using Padlet FOR Collaborative Writing AMONG Esl Learners. Creative Education, 10(03), 610–620. HTTPS://DOI.ORG/10.4236/CE.2019.103044
Risyanto, D., & Juandi, J. (2022). Diskriminatif Kesantunan Berbahasa Tuturan Youtuber Game Online Mobile Legend. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa DAN Sastra Indonesia, 6(2), 206. HTTPS://DOI.ORG/10.25157/DIKSATRASIA.V6I2.7808
Runtunuwu, F., Sumual, H., & Manongko, J. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas Xi Tkr Smk Negeri 1 Motoling. Gearbox: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2), 46–51. HTTPS://DOI.ORG/10.53682/GJ.V2I2.976
Sari, D. P., & Sari, N. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sd Cenderawasih 2 Jakarta. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 12. HTTPS://DOI.ORG/10.32493/SM.V3I1.7788
Siregar, A. D. P., Susilawati, E., & Nur, J. F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Educaplay Terhadap Motivasi Belajar Dan Self-Efficacy Peserta Didik Di Kelas X Dalam Pembelajaran Ppkn. Jurnal Rectum: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 4(2).
Situngkir, D. M., Situmorang, M. V., & Siagian, G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Educaplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas Viii. Jurnal Rectum: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 6(1), 355–369.
Suri, D. A., Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., & Sumarni, R. A. (2021). E-Comics AS AN Interactive Learning Media ON Static Fluid Concepts. 2ND Annual Conference ON Social Science AND Humanities (Ancosh 2020), 358–361. HTTPS://DOI.ORG/10.2991/ASSEHR.K.210413.083
Ummah, M. S. (2019). Perspektif Mahasiswa TERHADAP Literasi Digital DI Aplikasi Instagram SEBAGAI Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Yosoa, H. D. (2016). Penerapan Media Kartu Kata DALAM Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X Mia 1 Sma Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Laterne, 5(3). HTTPS://DOI.ORG/HTTPS://DOI.ORG/10.26740/LAT.V5N3.P%25P
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten