PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PADLET TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.945Keywords:
Media Padlet, Kemampuan Menulis, Teks Laporan Hasil ObservasiAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media padlet terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 265 orang, dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 orang yakni kelas X MP 2 Yang dipilih secara simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dan untuk memperoleh data instrument yang digunakan adalah tes penugasan. Dari analisa data diperoleh hasil pretest siswa sebelum menggunakan media padlet menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 54,25 sedangkan hasil posttest siswa sesudah menggunakan media padlet menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 74,5 . Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga t_hitung=10,4146 sedangkan nilai t_tabel pada taraf signifikan ∝=0,05 adalah 1,6698 oleh s.ebab itu diperoleh t_(hitung>) t_tabel (10,4146>1,6698) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media padlet efektif digunakan dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2024/2025.
Downloads
References
Alghozi, A. A., Salsabila, U. H., Sari, S. R., Astuti, R. T., & Sulistyowati, H. (2021). Penggunaan Platform Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Covid-19. 1, 137–152.
Angresia, Y., Sesmiarni, Z., Charles, C., & Melani, M. (2022). Komik Digital: Media Pembelajaran Pemrograman Dasar Di Smk Negeri 1 Ampek Nagari. Intellect: Indonesian Journal Of Learning And Technological Innovation, 1(2), 219–235. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.57255/Intellect.V1i2.204
Apriliana, A. (2022). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Smp Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 594–603. Https://Doi.Org/10.58344/Jii.V1i6.76
Asma, A., Sesmiarni, Z., Iswantir, I., & Aprison, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Matematika Berbasis Animasi Di Smk N1 Panyabungan Menggunakan Adobe Flash Cs3 Professional. Intellect : Indonesian Journal Of Learning And Technological Innovation, 1(2), 268–282. Https://Doi.Org/10.57255/Intellect.V1i2.220
Chatulistiwa, D., Santoso, G., Mustika, N., & Khairunnisa, S. (2024). Peran Museum Pendidikan Nasional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(2), 12–131. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.9000/Jpt.V3i2.1748
Damarwan, E. S., & Khairudin, M. (2017). Development Of An Interactive Learning Media To Improve Competencies. Proceedings Of The International Conference On Technology And Vocational Teachers (Ictvt 2017), 24–27. Https://Doi.Org/10.2991/Ictvt-17.2017.5
Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif Dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. Unp Press.
Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jagomipa: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 2(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.53299/Jagomipa.V2i1.136
Hidayah, K. M. N. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton Disertai Quiz (Kahoot) Pada Konsep Sistem Gerak. Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Isra Hanifa, & Fuji Astuti. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Media Konvesional Pada Siswa Di Smp N 1 Tamalau. Jurnal Sendratasik, 11(3).
Istim, N., Hendratno, H., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Loose Part Bahan Plastik Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Fisik Motorik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(5), 8572–8584. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3793
Kaisya, S., Simaremare, J. A., & Renita, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Padlet Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas Vii Smp. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5426–5431. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V7i6.4485
Kovács, G., Alonso, P., & Saini, R. (2021). Challenges Of Hate Speech Detection In Social Media. Sn Computer Science, 2(2), 95. Https://Doi.Org/10.1007/S42979-021-00457-3
Lubis, R., Simaremare, J. A., & Harlen, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Padlet Terhadap Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 14 Medan. Jkip Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 454–461. Https://Doi.Org/10.55583/Jkip.V4i2.875
Mardiah, A., & Astuti, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Rias Karakter Tiga Dimensi Luka Bakar Di Smkn 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V5i3.2184
Nikmatussolihah, & Adip, W. (2024). Pembelajaran Geografi Melalui Padlet Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Bululawang. 12(2), 7–8.
Novitasari, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Mapel Ipas Kelas Iv Mi Al Munir. Iain Kediri. Https://Etheses.Iainkediri.Ac.Id:80/Id/Eprint/15228
Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(01), 1–6. Https://Doi.Org/10.46772/Kontekstual.V1i01.52
Pillena, L. S., Cahyana, U., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Media Mobile Learning Dan Kemampuan Metakognitif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 4(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24176/Anargya.V2i1.3146
Purba, T. I. S., Saragih, E. L. L., & Rolan, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa-Siswi Kelas Viii Smp Hkbp Sidorame Medan. 440–447.
Putri, A. L., Yulistio, D., & Padi, U. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus, 5(1), 45–51. Https://Doi.Org/10.33369/Jik.V5i1.13449
Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105–118. Https://Doi.Org/10.46963/Mash.V5i02.562
Rosita, R., Tampubolon, B., & Sabri, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V8i3.32421
Sabani, M. N., & Eka, K. I. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Articulate Storyline 3 Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(2), 4632–4641.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Syifa, M. M., & Supriatna, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Crossword Puzzle (Teka Teki Silang) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ips Kelas Vi Di Sdn Serang 7. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 41–48.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten