PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZLET TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X

Penulis

  • Solanita Taruli Agrivina Limbong Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesi
  • Juni Agus Simaremare Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Tigor Sitohang Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesi

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1580

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Quizlet, Pemahaman, Teks Laporan Hasil Observasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizlet terhadap kemampuan memahami teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen two-group pretest- posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan media Quizlet dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teks laporan hasil observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa setelah menggunakan media pembelajaran Quizlet. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol yaitu 54,42 dan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 77,85. Penggunaan Quizlet membantu siswa dalam memahami struktur, kaidah kebahasaan, serta isi teks laporan hasil observasi dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Quizlet dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks laporan hasil observasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Solanita Taruli Agrivina Limbong, Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesi

Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesi

Juni Agus Simaremare, Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Tigor Sitohang, Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesi

Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesi

Referensi

Advin, R., & Rahmatina, R. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2259–2265. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V4i3.704

Amany, A. (2020). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2).

Andrini, V. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Team Quiz Menggunakan Media Zoom Meting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 89–94. Https://Doi.Org/10.26877/Mpp.V15i1.9014

Aroma, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Pada Materi Laporan Laba Rugi Di Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri 1 Portibi. Jurnal Misi, 3(4), 23–30.

Arzfi, B. P., Desyandri, D., & Mayar, F. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Seni Musik Materi Tangga Nada Diatonis Untuk Mengidentifikasi Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd. Jurnal Basicedu, 6(4), 7418–7425. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3537

Aulia, A. (2022). Model Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Flashcard Quizlet (Penelitian Pengembangan Di Madrasah Aliyah Attahiriyah Jakarta.

Berliani, N. A., & Katemba, C. V. (2021). The Art Of Enhancing Vocabulary Through Technology. Jurnal Smart, 7(1), 35–45. Https://Doi.Org/10.52657/Js.V7i1.1340

Evendi, M. &. (2024). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Alacrity : Journal Of Education, 03(01), 381–390. Https://Doi.Org/10.52121/Alacrity.V4i2.363

Hasyim, R., Wulanadri, S., & Bahmid, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Dalam Meningkatkan Sumber Daya Alam Siswa Kelas Iv Sd Negeri 189 Halmahera Selatan. Pedagogik, 7(2).

Jiang, Y., Chen, Y., Lu, J., & Wang, Y. (2021). The Effect Of The Online And Offline Blended Teaching Mode On English As A Foreign Language Learners’ Listening Performance In A Chinese Context. Frontiers In Psychology, 12, 742742. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2021.742742

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp. Semantik, 11(1), 61. Https://Doi.Org/10.22460/Semantik.V11i1.P61-70

Lestari, Ayu And Kasim, Syarifuddin And Parenreng, J. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizlet Mobile Untuk Pembelajaran Linux Pada Smkn 10 Makassar. Information Technology Education Journal, 1, 52–60.

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz Dan Media Teka Teki Silang. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 151. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i2.18522

Manurung, D., Sinaga, C. V. R., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Model Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman Kelas Iv Sd Negeri 091488 Bah Sampuran. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 169–175. Https://Doi.Org/10.30598/Pedagogikavol10issue2page169-175

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. Https://Doi.Org/10.30656/Gauss.V3i1.2127

Nur Aini, D. F., & Sulistyani, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz (Electronic Quiz) Matematika Berbasis Hots (Higher Of Order Thinking Skills) Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V3i2.137

Putri, D. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcards “Quizlet” Pada Materi Hasil Perkebunan Rempah-Rempah Dan Herbal. Journal Ilmiah, 1–2.

Rachmawati, O. Q., Prahani, B. K., & Mubarok, H. (2022). Profile Of Students’ Physics Problem Solving Skills And Implementation Of Quizizz-Based Team Games Tournament (Otgt) Method In Physics Learning. Journal Of Physical Education Science, 7(1), 82–89.

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Mi/Sd, 2(1), 55–66.

Selian, F. H., & Rambe, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Masa Pandemi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7370–7377. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/18577

Setiawan, M. R., & Wiedarti, P. (2020). The Effectiveness Of Quizlet Application Towards Students’ Motivation In Learning Vocabulary. Studies In English Language And Education, 7(1), 83–95. Https://Doi.Org/10.24815/Siele.V7i1.15359

Siregar, M., & Junita, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Kecamatan Na. Ix-Ix Tahun Pelajran 2013/2014. Civitas (Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civic), 2(1), 23–28. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36987/Civitas.V1i1.1514

Sri Parnayathi, I. G. A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa. Journal Of Education Action Research, 4(4), 473. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V4i4.28642

Susanti, S., Raharjo, T. J., & Ngabiyanto, N. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Terhadap Pembelajaran Ips Materi Keberagaman Budaya Bangsa Berbantuan Quizizz. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 502–508. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26858/Jkp.V5i3.22929

Taufiq, Junaidi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Team Quiz Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematissiswa Smp. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(1), 13–18. Https://Doi.Org/10.47647/Jsh.V3i1.232

Tillawari, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Mata Pelajaran Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Siawa Kelas X Smk Negeri 2 Lahat). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 148–158.

Widyaningsih, T. Y. A. (2021). Pengaruh Media Ispring Quizmaker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Tambun Bekasi. Universitas Negeri Jakarta.

Zebua, R. B. J., Zendrato, P. N. S., Harefa, O. J., & Harefa, E. (2023). The Effect Of Using Quizlet Media On Teams Games Tournament Type Cooperative Learning On The Mastery Of Science Concepts In Pre-Service Elementary Teachers. International Conference On Education Of Suryakancana (Iconnects Proceedings). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35194/Cp.V0i0.3045

Diterbitkan

2025-06-24

Cara Mengutip

Limbong, S. T. A., Simaremare, J. A., & Sitohang, T. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZLET TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3). https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1580

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.