ANALISIS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN INTERNASIONAL

Authors

  • Hafiza Hafiza Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Maygel Maniar Simarmata Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Raissa Sakira Syaharani Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Sarah Debora Sihaloho Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Sefin Sefin Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Lenti Susana Saragih Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1423

Keywords:

Analisis Perkembangan Teknologi, Strategi Komunikasi, Pemasaran Internasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assamblr Edu terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Markus Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Markus Medan Tahun pembelaran 2024/2025 berjumlah 96 orang yang terbagi tiga kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah  kelas X-1 sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Samping insidental. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk pretest dan posttest Penggunaan Media Pembelajaran Assamblr Edu, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 53,21 dengan simpangan baku 11,3 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 78,01 dengan simpangan baku 8,63. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (10.49 > 1.99), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assamblr Edu terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Markus Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hafiza Hafiza, Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Maygel Maniar Simarmata, Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Raissa Sakira Syaharani, Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Sarah Debora Sihaloho, Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Sefin Sefin, Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Lenti Susana Saragih, Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

References

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Aisyah, S. (2022). Analisis Peranan Auditor Internal Terhadap Fungsi Pemasaran(Promosi) Pada Hotel Transit Syariah Medan. Accumulated Journal (Accounting And Management Research Edition), 3(2), 198. Https://Doi.Org/10.22303/Accumulated.3.2.2021.198-206

Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13–23.

Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Tiktok Terhadap Kesadaran Merek Dan Minat Beli Produk Kosmetik Di Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni Its, 11(2), F27–F32. Https://Doi.Org/10.12962/J23373520.V11i2.76691

Bangsawan, S. (2015). Manajemen Pemasaran Usaha Kecil Kasus Industri Pengolahan Makanan Dan Ritel. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/6487

Baswedan, F. F., & Satrio, B. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Toko Parfum Mekar Wangi). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 11(8). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35870/Emt.V6i1.483

Dadi, S. I. K., & Wulandari, K. N. M. (2022). The Role Of Brand Image To Mediate The Effect Of Sales Promotion On The Customer Repurchase Intention Of Chatime.

Damayanti, V. (2025). Strategi Pemasaran Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Daya Saing Pt. Sun Power Ceramics Di Era Digital : Pendekatan Inovatif Dan Praktis. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 9(1), 18–45. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V9i1.4872

Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Pada Umkm Sablon Anggi Screen Di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. Https://Doi.Org/10.37817/Ikra-Ithabdimas.V6i2.2408

Effendi, E., Zakaria, Z., Rinaldi, R., & Harahap, M. A. (2023). Peran Komunikasi Pemasaran Terhadap Umkm Di Kecamatan Medan Area. Journal On Education, 5(2), 2176–2183. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.870

Erlinda, U. E., Purnama, S., & Tamzil, F. (2022a). The Effect Of Service Quality, Product Quality, And Chatime Product Promotion On Customer Satisfaction.

Erlinda, U. E., Purnama, S., & Tamzil, F. (2022b). The Effect Of Service Quality, Product Quality, And Chatime Product Promotion On Customer Satisfaction (Case Study Of Chatime Customers In The Central Jakarta Region). Aptisi Transactions On Management, 6(1), 42–51. Https://Doi.Org/Https://Ojsicobuss.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Icobuss1st/Article/View/16

Harliningtyas, A. O., Nilowardono, S., Wazir, S. A. M. B., Wulandari, A., & Sukoco, A. (2020). The Effect Of Product Innovation, Price Perception, And Promotion Of Interest In Buying Plaza Chatime Visits. International Conference Of Business And Social Sciences. Https://Ojsicobuss.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Icobuss1st/Article/View/16

Hartono, U., Kistyanto, A., Fatoni, F., Isbanah, Y., & Arifah, I. D. C. (2022). Peningkatan Pangsa Pasar Umkm Batik Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Web. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 381–389. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V9i2.540

Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.13854

Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri, 2(2), 263–280. Https://Doi.Org/10.33753/Mandiri.V2i2.43

Mulyani, E. D., & Alim, M. R. S. (2024). The Influence Of Promotions On Purchasing Decisions With Brand Image As An Intervening Variable In Chatime Superindo Kedungmundu Products. Economics And Business International Conference Proceeding, 1(2), 158–166. Https://Jurnalnew.Unimus.Ac.Id/Index.Php/Ebic/Article/View/433 (Original Work Published July 27, 2024)

Musfar, T. F., & Se, M. M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Ningtyas, S., Asmono, R. T., Nurlaela, L., Kurniati, I., & Nasri, J. (2022). Pelatihan Pengenalan Digital Marketing Pemasaran Produk Pertanian Di Kelurahan Kali Abang Tengah. Swadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 27–34. Https://Doi.Org/10.56486/Swadimas.Vol1no01.242

Nurani, S. R. (2018). Peranan Riset Pasar Dan Desain Produk Terhadap Pemasaran Produk Perusahaan Wajan. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 2(2), 127–130. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.2827/Jeim.V2i2.1136

Nurcahyo, N., & Setiawan, T. H. (2022). Penentuan Strategi Pemasaran Kartu Gsm Menggunakan Teori Permainan Fuzzy. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 90–107. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i1.89

Oktaviansyah, H. T., & Reza Zulfikri, R. (2024). Pemasaran Digital Dan Kinerja Keuangan: Peran Inovasi Berkelanjutan Sebagai Variabel Mediasi. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 41(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.58906/Melati.V40i2.116

Palupi, O. A., & Putri, E. B. P. (2022). The Relationship Of Halal Awareness, Selection Of Menu Variation And Nutrition Knowledge With Purchase Decisions: A Study On Chatime Consumers In Surabaya. Journal Of Halal Research, Policy, And Industry, 1(1), 1–12. Https://Journal2.Unusa.Ac.Id/Index.Php/Jhrpi/Article/View/3254

Prasetyo, C. E., Silitonga, P., & Nurwati, E. (2023). Increasing The Influence Of Product Quality And Price Perception On Purchase Decisions: The Mediating Role Of Social Media Interaction (Case Study At Bubble Teahouse Chain Outlet). Eduturisma, 8(1).

Rachmawati, D., Udriyah, U., & Dewi, N. F. (2024). Analisis Strategi Green Branding Sebagai Usaha Menciptakan Sustainable Competitive Advantage Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Era Ekonomi Global Pada Brand Fashion Lokal Kota Bandung. Among Makarti, 17(1), 42. Https://Doi.Org/10.52353/Ama.V17i1.624

Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri 4.0. Deepublish.

Simamora, C., Rosmaini, E., & Napitupulu, N. (2013). Penerapan Teori Permainan Dalam Strategi Pemasaran Produk Ban Sepeda Motor Di Fmipa Usu. Saintia Matematika, 1(2), 129–137.

Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh Umkm Di Era Pandemi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V13i1.590

Vriyatna, M. (2021). Komunikasi Pemasaran Dalam Penerimaan Siswa Baru Di Sekolah Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Surabaya. Jurnal Mumtaz, 1(1), 7–17. Http://E-Journal.Stitmumtaz.Ac.Id/Index.Php/Mumtaz/Article/View/4

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 29(1), 59–66.

Published

2025-06-07

How to Cite

Hafiza, H., Simarmata, M. M., Syaharani, R. S., Sihaloho, S. D., Sefin, S., & Saragih, L. S. (2025). ANALISIS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN INTERNASIONAL. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1161–1167. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1423

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.