ANALISIS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN INTERNASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1423Keywords:
Analisis Perkembangan Teknologi, Strategi Komunikasi, Pemasaran InternasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assamblr Edu terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Markus Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Markus Medan Tahun pembelaran 2024/2025 berjumlah 96 orang yang terbagi tiga kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Samping insidental. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk pretest dan posttest Penggunaan Media Pembelajaran Assamblr Edu, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 53,21 dengan simpangan baku 11,3 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 78,01 dengan simpangan baku 8,63. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (10.49 > 1.99), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assamblr Edu terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Markus Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.
Downloads
References
Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.
Aisyah, S. (2022). Analisis Peranan Auditor Internal Terhadap Fungsi Pemasaran(Promosi) Pada Hotel Transit Syariah Medan. Accumulated Journal (Accounting And Management Research Edition), 3(2), 198. Https://Doi.Org/10.22303/Accumulated.3.2.2021.198-206
Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13–23.
Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Tiktok Terhadap Kesadaran Merek Dan Minat Beli Produk Kosmetik Di Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni Its, 11(2), F27–F32. Https://Doi.Org/10.12962/J23373520.V11i2.76691
Bangsawan, S. (2015). Manajemen Pemasaran Usaha Kecil Kasus Industri Pengolahan Makanan Dan Ritel. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/6487
Baswedan, F. F., & Satrio, B. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Toko Parfum Mekar Wangi). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 11(8). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35870/Emt.V6i1.483
Dadi, S. I. K., & Wulandari, K. N. M. (2022). The Role Of Brand Image To Mediate The Effect Of Sales Promotion On The Customer Repurchase Intention Of Chatime.
Damayanti, V. (2025). Strategi Pemasaran Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Daya Saing Pt. Sun Power Ceramics Di Era Digital : Pendekatan Inovatif Dan Praktis. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 9(1), 18–45. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V9i1.4872
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Pada Umkm Sablon Anggi Screen Di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. Https://Doi.Org/10.37817/Ikra-Ithabdimas.V6i2.2408
Effendi, E., Zakaria, Z., Rinaldi, R., & Harahap, M. A. (2023). Peran Komunikasi Pemasaran Terhadap Umkm Di Kecamatan Medan Area. Journal On Education, 5(2), 2176–2183. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.870
Erlinda, U. E., Purnama, S., & Tamzil, F. (2022a). The Effect Of Service Quality, Product Quality, And Chatime Product Promotion On Customer Satisfaction.
Erlinda, U. E., Purnama, S., & Tamzil, F. (2022b). The Effect Of Service Quality, Product Quality, And Chatime Product Promotion On Customer Satisfaction (Case Study Of Chatime Customers In The Central Jakarta Region). Aptisi Transactions On Management, 6(1), 42–51. Https://Doi.Org/Https://Ojsicobuss.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Icobuss1st/Article/View/16
Harliningtyas, A. O., Nilowardono, S., Wazir, S. A. M. B., Wulandari, A., & Sukoco, A. (2020). The Effect Of Product Innovation, Price Perception, And Promotion Of Interest In Buying Plaza Chatime Visits. International Conference Of Business And Social Sciences. Https://Ojsicobuss.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Icobuss1st/Article/View/16
Hartono, U., Kistyanto, A., Fatoni, F., Isbanah, Y., & Arifah, I. D. C. (2022). Peningkatan Pangsa Pasar Umkm Batik Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Web. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 381–389. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V9i2.540
Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.13854
Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri, 2(2), 263–280. Https://Doi.Org/10.33753/Mandiri.V2i2.43
Mulyani, E. D., & Alim, M. R. S. (2024). The Influence Of Promotions On Purchasing Decisions With Brand Image As An Intervening Variable In Chatime Superindo Kedungmundu Products. Economics And Business International Conference Proceeding, 1(2), 158–166. Https://Jurnalnew.Unimus.Ac.Id/Index.Php/Ebic/Article/View/433 (Original Work Published July 27, 2024)
Musfar, T. F., & Se, M. M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Ningtyas, S., Asmono, R. T., Nurlaela, L., Kurniati, I., & Nasri, J. (2022). Pelatihan Pengenalan Digital Marketing Pemasaran Produk Pertanian Di Kelurahan Kali Abang Tengah. Swadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 27–34. Https://Doi.Org/10.56486/Swadimas.Vol1no01.242
Nurani, S. R. (2018). Peranan Riset Pasar Dan Desain Produk Terhadap Pemasaran Produk Perusahaan Wajan. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 2(2), 127–130. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.2827/Jeim.V2i2.1136
Nurcahyo, N., & Setiawan, T. H. (2022). Penentuan Strategi Pemasaran Kartu Gsm Menggunakan Teori Permainan Fuzzy. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 90–107. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i1.89
Oktaviansyah, H. T., & Reza Zulfikri, R. (2024). Pemasaran Digital Dan Kinerja Keuangan: Peran Inovasi Berkelanjutan Sebagai Variabel Mediasi. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 41(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.58906/Melati.V40i2.116
Palupi, O. A., & Putri, E. B. P. (2022). The Relationship Of Halal Awareness, Selection Of Menu Variation And Nutrition Knowledge With Purchase Decisions: A Study On Chatime Consumers In Surabaya. Journal Of Halal Research, Policy, And Industry, 1(1), 1–12. Https://Journal2.Unusa.Ac.Id/Index.Php/Jhrpi/Article/View/3254
Prasetyo, C. E., Silitonga, P., & Nurwati, E. (2023). Increasing The Influence Of Product Quality And Price Perception On Purchase Decisions: The Mediating Role Of Social Media Interaction (Case Study At Bubble Teahouse Chain Outlet). Eduturisma, 8(1).
Rachmawati, D., Udriyah, U., & Dewi, N. F. (2024). Analisis Strategi Green Branding Sebagai Usaha Menciptakan Sustainable Competitive Advantage Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Era Ekonomi Global Pada Brand Fashion Lokal Kota Bandung. Among Makarti, 17(1), 42. Https://Doi.Org/10.52353/Ama.V17i1.624
Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri 4.0. Deepublish.
Simamora, C., Rosmaini, E., & Napitupulu, N. (2013). Penerapan Teori Permainan Dalam Strategi Pemasaran Produk Ban Sepeda Motor Di Fmipa Usu. Saintia Matematika, 1(2), 129–137.
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh Umkm Di Era Pandemi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V13i1.590
Vriyatna, M. (2021). Komunikasi Pemasaran Dalam Penerimaan Siswa Baru Di Sekolah Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Surabaya. Jurnal Mumtaz, 1(1), 7–17. Http://E-Journal.Stitmumtaz.Ac.Id/Index.Php/Mumtaz/Article/View/4
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 29(1), 59–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten