PERSEPSI GURU PPKn TENTANG PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KETERLIBATAN SISWA KELAS X

Authors

  • Selvira Yanti Harefa Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Kondios Meidarlin Pasaribu Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Monalisa Marta Siahaan Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.889

Keywords:

Persepsi Guru PPKn, Teknologi Digital dalam Pembelajaran, Keterlibatan Siswa

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah memberikan pengaruh besar terhadap dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di tingkat sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru PPKn terhadap penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran serta dampaknya terhadap keterlibatan siswa kelas X di SMA Swasta Katolik Mariana Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru PPKn memiliki persepsi positif terhadap teknologi digital karena dianggap mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran, mempermudah akses ke berbagai sumber belajar, serta meningkatkan keterlibatan siswa. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan literasi digital guru, akses internet yang tidak stabil, serta gangguan dari penggunaan teknologi yang tidak berhubungan dengan pembelajaran. Guru mengatasi kendala tersebut dengan mengikuti pelatihan teknologi, menggunakan platform pembelajaran interaktif, dan menerapkan strategi pengajaran yang lebih terstruktur agar siswa tetap fokus dalam pembelajaran.Perspektif siswa, penggunaan teknologi digital mampu meningkatkan keterlibatan melalui aktivitas interaktif, pembelajaran berbasis multimedia, dan gamifikasi. Namun, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam mengatur waktu dan disiplin diri, yang berdampak pada partisipasi mereka dalam pembelajaran. Untuk mengoptimalkan manfaat teknologi digital, penelitian ini merekomendasikan pelatihan guru yang lebih komprehensif, peningkatan infrastruktur sekolah, serta metode pengajaran yang adaptif sesuai dengan kebutuhan siswa.Penelitian ini memberikan kontribusi dalam diskusi mengenai integrasi teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam mata pelajaran PPKn, dengan menyoroti manfaat serta tantangan yang ada. Studi lebih lanjut dapat dilakukan dengan cakupan yang lebih luas, mencakup berbagai lingkungan sekolah untuk memperoleh wawasan yang lebih mendalam mengenai dampak jangka panjang teknologi digital terhadap keterlibatan siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Selvira Yanti Harefa, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Kondios Meidarlin Pasaribu, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Monalisa Marta Siahaan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Amini, A., Pane, D., & Akrim, A. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148–11159. ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2782kolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148–11159.

Anugrahani, N. A. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK. JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 239–248. https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p239

Damayani, T., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 46–57. https://doi.org/https://doi.org/10.52690/jitim.v1i1.29

Elly, Y., & Soraya, J. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 14(2), 55–61. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4856

Fajri, A., Rahman, I. K., & Lisnawati, S. (2019). SETERATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 78. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1844

Fitriyanti, F., Haryati, S., & Zuhairi, A. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1243–1251. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2184

Frismelly, A., & Giatman, M. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/dirasah.v4i2.308

Giantoro, H. M., Haryadi, H., & Purnomo, R. (2019). PENGARUH KOMPETENSI GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENURUT PERSEPSI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN PURBALINGGA. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 21(2). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1290

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64. https://doi.org/10.30984/jii.v14i1.1100

Harahap, A. P., Darus, A. R., Siregar, M. A., & Rahmadana, W. (2022). Analisis Pemahaman Kode Etik Profesi Konseling pada Guru Bimbingan dan Konseling di MAN. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 6(2), 101–110.

Idrus Alawi, A. H. (2019). Kinerja Guru Dan Hubungannya Dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah. Alim | Journal of Islamic Education, 1(1), 177–202. https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.124

Indajang, K., Jufrizen, J., & Juliandi, A. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Pada Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 12(2), 393. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.17881

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2019). BUDAYA SEKOLAH DAN ETIKA PROFESI: PENGUKURAN PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN SOFT SYSTEM METHODOLOGY. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 090–097. https://doi.org/10.17977/um027v2i32019p90

Lidiawati, L., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6971–6975. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2075

M BAGUS, A. D. I. S. (2022). IMPLEMENTASI KODE ETIK GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI DI SMA NEGERI 2 BUAY BAHUGA WAY KANAN. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Mudofar, M. (2022). HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 526. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.12476

Ningsih, M. J. O., & Muhroji, M. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4382–4389. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2863

Purwanto, A., & Evicasari, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar selama Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5706–5711. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1497

Romadhon, M., & MS, Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 479–489. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.711

S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). DAMPAK MOTIVASI, DISIPLIN KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785

Sadikin, A., & Wedra, A. (2021). Implementasi Kode Etik Guru di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri 09 Sungai Cubadak Baso Kabupaten Agam. Almufi Jurnal Pendidikan, 1(3), 154–159.

Sedarmayanti, S., & Safer, G. Y. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gugus Satu Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 13(3), 501–524. https://doi.org/https://doi.org/10.31113/jia.v13i3.100

Setyorini, D., & Syahlani, A. (2019). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(02), 177–193. https://doi.org/10.36406/jam.v16i02.241

Sintiya, S., Harahap, K., & Anas, N. (2023). Analisis Pemahaman Guru terhadap Makna Kode Etik dan Peraturan di Sekolah SMP IT Al Afkari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 252–258. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5287

Sinulingga, A. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani: Dari kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Hingga Motivasi Kerja Guru. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(02), 296–311. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46910

Solahudin, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 1(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i3.5311

Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Anterior Jurnal, 18(1), 13–22. https://doi.org/10.33084/anterior.v18i1.436

Wati, D. P., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A. A. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7970–7977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3684

Widodo, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMP negeri 4 Kertosono Kabupaten Nganjuk. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 23–31.

Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758

Yunus, A. A. S. P., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3625–3635. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1419

Zulfiter, Z., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 269–277. https://www.siducat.org/index.php/isej/article/view/142

Published

2025-05-10

How to Cite

Harefa, S. Y. ., Pasaribu, K. M. ., & Siahaan, M. M. . (2025). PERSEPSI GURU PPKn TENTANG PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KETERLIBATAN SISWA KELAS X. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 879–885. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.889

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.