PENERAPAN METODE MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KINEMASTER (PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN) DI KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v2i1.1277Kata Kunci:
Metode Multimedia, PPKn, Kinemaster, Video Pembelajaran, Pembelajaran InteraktifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan menggunakan aplikasi Kinemaster sebagai alat bantu dalam pembuatan video pembelajaran di kelas VII SMP Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur efektivitas metode multimedia dalam meningkatkan pemahaman, motivasi, dan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa dan guru PPKn. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode multimedia dengan mengunakan aplikasi Kinemaster memberikan dampak positif terhadap pembelajaran PPKn. Penggunaan video pembelajaran mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, memperjelas konsep yang diajarkan, serta membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan pemahaman materi yang lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis multimedia dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PPKn di tingkat SMP.
Unduhan
Referensi
Ardiansyah, M. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif, Gaya Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3). Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V5i3.7624
Aritonang, S., & Murniati, R. (2024). Grafen Untuk Aplikasi Penyerapan Gelombang Radar Mikro: Dari Sintesis Graphene Oxide (Go) Berbasis Tempurung Kelapa. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur Dan Energi, 7(2), 281–288. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30596/Rmme.V7i2.17352
Chairudin, M., Nurhanifa, N., Yustianingsih, T., Aidah, Z., & Atoillah, A. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang Smp/Mts. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1312–1318. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V4i2.12881
Darmawan, A. (2018). Development Of Interactive Multimedia-Based Manipulative Fundamental Movement Model For Primary School Students.
Devega, S. V., Chan, F., & Rosmalinda, D. (2023). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Berbasis Budaya Lokal Berbantuan Aplikasi Inshot Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 5251–5263. Https://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/4107
Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif Dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. Unp Press.
Dewi, N. L. P. J., & Sujana, I. W. (2021). Learning Multimedia Based On Rpg Maker Mv Material For Circumference And Area Of Flat Shapes For Elementary School Students. Journal Of Education Technology, 5(3), 365. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V5i2.34462
Fitri, A., Fathoni, M. I. A., & Sari, A. C. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Untuk Menciptakan Pembelajaran Aktif Dan Inovatif. Journal Of Research Applications In Community Service, 3(1), 33–38. Https://Doi.Org/10.32665/Jarcoms.V3i1.2815
Harahap, A., Wibowo, T. S., Sitopu, J. W., Solehuddin, M. O. H., & Napsin, N. (2022). Penggunaan Dan Manfaat Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Ditingkat Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(1).
Hasyim, M. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Statistika Berbasis Ict Dengan Model Blended Project Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1083–1097. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i2.339
Hermawan, D., Hutagalung, S., & Indrajat, H. (2020). Integrasi Kearifan Lokal Dan Aplikasi Android: Manajemen Wisata Desa Di Desa Sungai Langka Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Sakai Sambayan, 4(3), 260–266. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/28383
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138–146.
Khaira, H. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (Semnas Pbsi)-3, 39–44. Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/Id/Eprint/41218
Kurniawan, A. W., Surya, K. K. H., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani Unsur Kelentukan Berbasis Multimedia Interaktif Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Patriot, 4(1), 25–35. Https://Doi.Org/10.24036/Patriot.V4i1.831
Lider, G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Semester 1 Sd Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal Of Educational Development, 3(1), 189–198. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.6575177
Mcinnes, R. (2019). Developing Multimedia Collaboratively: Practical Approaches For Large-Scale Online Curriculum Development. Journal Of University Teaching And Learning Practice, 16(1), 109–121. Https://Doi.Org/10.53761/1.16.1.8
Mudinillah, A. (2019). The Development Of Interactive Multimedia Using Lectora Inspire Application In Arabic Language Learning. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 285–300.
Nawir, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Kinemaster Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ips. Cendekiawan, 4(2), 154–164.
Oktaweri, S., Festiyed, & Djamas, D. (2019). Curriculum Analysis In Developing Interactive Multimedia Teaching Materials Scientific Model Assisted Games For Physics Learning. Journal Of Physics: Conference Series, 1185(1), 012118. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1185/1/012118
Prasetya, A. Y. W. N., & Kuswandi, D. (2018). Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1423–1427. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jptpp.V3i11.11751
Pratama, A. N., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 157–168.
Purba, T. I. S., Saragih, E. L. L., & Rolan, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa-Siswi Kelas Viii Smp Hkbp Sidorame Medan. 440–447.
Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Smpn 1 Na Ix-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334.
Purwanita, Y., Riyanto, Y., & Suyanto, T. (2019). The Influence Of Multimedia Assisted Inquiry Learning Methods On My Heroes’ Theme Of Critical Thinking Skills And Learning Outcomes Of Class Iv Students Of Elementary School. International Journal For Educational And Vocational Studies, 1(2), 75–80. Https://Doi.Org/10.29103/Ijevs.V1i2.1435
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Rohayati, Y., Astra, I. . B., & Suwiwa, I. G. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Materi Kesehatan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Rekreasi. Jurnal Ika, 16(1), 33. Https://Doi.Org/10.23887/Ika.V16i1.19824
Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292–306.
Sari, P., Ni Ketut Srie Kusuma, W., & Ni Made, M. (2022). Multimedia-Assisted Genrative Learning Model Towards Ipa Learning Satisfaction In Students Of Grade Iv Elementary School Achievement School Year 2020/2021. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(I), 38–45. Https://Doi.Org/10.25078/Aw.V7ii.777
Suchyadi, Y., & Suharyati, H. (2021). The Use Of Multimedia As An Effort To Improve The Understanding Ability Of Basic School Teachers ‘Creative Thinking In The Era ‘Freedom Of Learning,’. Merdeka Belajar, 42–53.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten