UPAYA GURU PPKN DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP SISWA KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v2i2.1085Kata Kunci:
Guru PPKn, Menanaman Nilai MoralAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan gagasan dan peran guru dalam menanamkan nilai moral pada pembelajaran PPKn Mendeskripsikan materi dan hambatan peran guru dalam menanamkan nilai moral pada pembelajaran PPKn terhadap siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan. Penelitian ini perlu dilakukan untuk memberikan deskripsi Upaya guru PPKn dalam menanamkan nilai moral pada terhadap siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan. desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang teknik pengambilan datanya melalui observasi dan wawancara yaitu 2 orang guru PPKn sebagai informan kunci dan 2 orang siswa kelas VII sebagai informan pendukung di SMP Swasta Parulian 2 Medan. Dengan teknik analisis keabsahan data melalui triangngulasi dan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan hasil penelitian peran guru dalam menanamkan nilai moral pada pembelajaran PPKn adalah enyampaian Materi yang Relevan, Diskusi dan Refleksi, Pemberian Contoh Teladan, Pemberian Motivasi dan Penguatan Positif, dan Kolaborasi dengan Orang Tua dan Lingkungan Sekolah. Sedangkan materi ajar dalam menanamkan nilai moral adalah Pengetahuan Tentang nilai Moral, Perasaan tentang nilai Moral, dan contoh Perbuatan nilai Moral dan hambatan yang dirasakan guru PPKn dalam menanamkan nilai moral di SMP Swasta Parulian 2 Medan yaitu masalah kebiasaan siswa dan metode mengajar guru yang masih konfensional atau ceramah.
Unduhan
Referensi
Adha, M. M., Parikesit, H., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn Di Masa Pandemi Covid-19 Demi Masyarakat Taat Psbb. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/27544
Agustino, A. (2022). Penerapan Nilai–Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Guna Membangun Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Siswa/I Di Kelas Pada Kelas Ix. B Di Smp Negeri 1 Merawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jee (Jurnal Edukasi Ekobis), 9(2).
Alifah, M., Adha, M. M., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Rifai, A. (2021). Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/27545
Anggraini, R., & Wibawa, S. (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penerapan Etika Dan Moral Peserta Didik Dalam Lingkungan Formal Di Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 151–157. Https://Doi.Org/10.37755/Jspk.V8i2.195
Aulia, P., Nugraha, D. M., & . S. (2021). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Disiplin Belajar Siswa Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Harmony: Jurnal Pembelajaran Ips Dan Pkn, 6(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.15294/Harmony.V6i1.46646
Buka, F. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Sosial Selama Masa Pembelajaran Daring. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56393/Mindset.V2i3.936
Gani Pg, E., Thani, S., Muksalmina, M., Chyntia, E., & Sulaiman, S. (2024). Penyuluhan Hukum Tentang Digital Etik Dalam Penggunaan Sosmed Di Kalangan Remaja Pada Siswa/I Sma Swasta Iskandar Muda Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2837–2846. Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.V5i2.3416
García-Alberti, M., Suárez, F., Chiyón, I., & Mosquera Feijoo, J. C. (2021). Challenges And Experiences Of Online Evaluation In Courses Of Civil Engineering During The Lockdown Learning Due To The Covid-19 Pandemic. Education Sciences, 11(2), 59. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci11020059
Hidayah, Y., Trihastuti, M., & Widodo, B. (2021). Online Learning Model In Improving Civic Responsibility As A Solution During Covid-19 Pandemic In Indonesia. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(1), 195–206. Https://Doi.Org/10.24042/Tadris.V6i1.6227
Irfani, S., Riyanti, D., Muharam, R. S., & Suharno. (2021). Rand Design Generasi Emas 2045: Tantangan Dan Prospek Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Kemajuan Indonesia. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(2). Https://Doi.Org/10.24832/Jpkp.V14i2.532
Lin, L., & Shek, D. T. L. (2021). Serving Children And Adolescents In Need During The Covid-19 Pandemic: Evaluation Of Service-Learning Subjects With And Without Face-To-Face Interaction. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 18(4), 2114. Https://Doi.Org/10.3390/Ijerph18042114
Manalu, Y. E. T., & Najicha, F. U. (2022). Analisis Jiwa Kewarganegaraan Generasi Muda Indonesia Di Era Digital Serta Dampaknya Bagi Bangsa Dan Negara. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 192–197.
Naibaho, L., Nainggolan, J. A., Hutapea, N. M., Tobing, S. L., Bangun, D. Y. B., & Rachman, F. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanggulangi Disinformasi Dan Hoaks Di Era Media Sosial Pada Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 Perspektif Siswa/I Sma Swasta Eria Medan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(4), 15269–15277. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V7i4.36224
Paranita, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Z Dalam Mewujudkan Good Citizenship Di Perguruan Tinggi Islam. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 4(1), 35–46.
Permatasari, A. I., & Junanto, S. (2023). Mplementasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023. Diss. Uin Surakarta.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333.
Prastitasari, H. (2021). Pembelajaran Pendidikan Karakter Di Sd Melalui Pembelajaran Pjj Pada Masa Pandemi Covid-19. Https://Repo-Dosen.Ulm.Ac.Id//Handle/123456789/20053
Prayogi, R., Komalasari, K., & Nurgiansah, T. H. (2023). Kajian Perbandingan Civic Education Di Eropa Dan Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 2342–2355.
Rachman, F., & Fitra, I. (2020a). Kewarganegaraan Dan Kesehatan: Partisipasi Warga Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 289–303. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um019v5i2p289-303
Rachman, F., & Fitra, I. (2020b). Kewarganegaraan Dan Kesehatan: Partisipasi Warga Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 289. Https://Doi.Org/10.17977/Um019v5i2p289-303
Raharjo, R. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum Ppkn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020. Pkn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63–82. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20961/Pknp.V15i1.44901
Rahmayanti, E. (2023). The Use Of Films As An Educational Medium In Learning Civic Education As A Preventive Effort Against Moral Decradation In The Age Of 4.0. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 14(3), 257–278.
Ritonga, J., Fadhillah, A., Pelawi, D., Naibaho, E., Nasha, M., Ginting, S., & Yunita, S. (2022). Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Terhadap Indonesia Melalui Pemahaman Identitas Nasional Bangsa Dan Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Siswa Smp Negeri 39 Medan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 16–24.
Sabillah, M., Syamsudin, P. I., Sulthan, R., & Setiabudi, D. I. (2023). Analisis Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Pgmi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Civilia.V2i2.570
Sw, Y. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Daring Dan Solusinya Di Masapandemi Covid 19 Dalam Perspektif Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas X Di Sma Veteran 1 Sukoharjo Tahunpembelajaran2020-2021. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 2(2). Https://Doi.Org/10.32585/Cessj.V2i2.1142
Syarifah, Y. (2021). Implementasi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menggunakan Goole Classroom Untuk Meningkatkan Respon Terhadap Peserta Siswa Apada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Smks Sore Tulungagung). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 203–212. Https://Doi.Org/10.31571/Pkn.V5i2.3089
Usmi, R., & Puspitaningrum, A. (2022). Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21 Untuk Membentuk Kecerdasan Kewargaan Yang Berkeadaban Publik. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 12.
Wagiono, F., Shaddiq, S., & Junaidi, F. (2021). Implementation Of Blended Learning During Covid-19 Pandemic On Civic Education Subjects In Millenial Generation Era. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 36–44. Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V3i1.213
Widiatmaka, P. (2022). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Di Dalam Membangun Karakter Bangsa Peserta Didik. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1–10.
Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Polysynchronous Di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V6i1.5086
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten