IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRATIS MELALUI MATA PELAJARAN PKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS VIII

Authors

  • Angela Putri Simorangkir Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Lukman Pardede Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Monalisa Marta Siahaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Hotmaida Simanjuntak Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Rince Marpaung Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.535

Keywords:

Nilai-Nilai Demokrasi, Mata Pelajaran PKn, Pembentukan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai demokratis melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di SMP HKBP Sidorame Medan. Pendidikan Kewarganegaraan berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi, seperti kebebasan berpendapat, musyawarah, keadilan, dan tanggung jawab, yang berkontribusi pada pembentukan karakter demokratis siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru PKn, serta siswa kelas VIII. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PKn dilakukan melalui berbagai metode, seperti diskusi kelas, simulasi pemilu, dan debat. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam penerapannya, seperti rendahnya partisipasi siswa, dominasi metode ceramah, serta kurangnya keterlibatan dalam organisasi sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif serta optimalisasi peran organisasi sekolah, seperti OSIS dan ekstrakurikuler, dalam memberikan pengalaman nyata bagi siswa mengenai prinsip-prinsip demokrasi.Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan PKn, metode pembelajaran yang inovatif, serta organisasi sekolah memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa yang demokratis. Dengan strategi pembelajaran yang tepat, diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya serta mampu berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Angela Putri Simorangkir, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Lukman Pardede, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Monalisa Marta Siahaan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Hotmaida Simanjuntak, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Rince Marpaung, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universtias HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Adha, M. M., Parikesit, H., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn Di Masa Pandemi Covid-19 Demi Masyarakat Taat Psbb. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/27544

Alifah, M., Adha, M. M., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Rifai, A. (2021). Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/27545

Anggraini, R., & Wibawa, S. (2019a). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penerapan Etika Dan Moral Peserta Didik Dalam Lingkungan Formal Di Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 151–157. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37755/Jspk.V8i2.195

Anggraini, R., & Wibawa, S. (2019b). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penerapan Etika Dan Moral Peserta Didik Dalam Lingkungan Formal Di Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 151–157. Https://Doi.Org/10.37755/Jspk.V8i2.195

Asgari, S., Trajkovic, J., Rahmani, M., Zhang, W., Lo, R. C., & Sciortino, A. (2021). An Observational Study Of Engineering Online Education During The Covid-19 Pandemic. Plos One, 16(4), E0250041. Https://Doi.Org/10.1371/Journal.Pone.0250041

Buka, F. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Sosial Selama Masa Pembelajaran Daring. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56393/Mindset.V2i3.936

Cita Sari, D., Setiawan, A., Shiozaki, Y., Rajab, K., Yasid, A., Md Sham, F., Bin Ali, A. H., Harun, M., Dorloh, S., Yuldashev, A. A., Muntaha, Bin Abd Aziz, M. K. N., Siddik, S., Seituni, S., Azizah, N., Alawi, A. M., Maharani, D., Wachidah, H. N., Bin Ismail, N., … Puspitorini, P. S. (2021). Internationalization Dynamics Of Character Based Education Pandemic. Tamansiswa International Journal In Education And Science, 3(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.30738/Tijes.V3i1.11117

Elihami, E. (2021). E-Learning In Islamic Education And Pancasila On During Covid-19 Pandemic. Academy Of Education Journal, 12(2), 303–310. Https://Doi.Org/10.47200/Aoej.V12i2.746

Faidy, A. B., & Arsana, I. M. (2014). Hubungan Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Xi. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 454–468.

Gani Pg, E., Thani, S., Muksalmina, M., Chyntia, E., & Sulaiman, S. (2024). Penyuluhan Hukum Tentang Digital Etik Dalam Penggunaan Sosmed Di Kalangan Remaja Pada Siswa/I Sma Swasta Iskandar Muda Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2837–2846. Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.V5i2.3416

García-Alberti, M., Suárez, F., Chiyón, I., & Mosquera Feijoo, J. C. (2021). Challenges And Experiences Of Online Evaluation In Courses Of Civil Engineering During The Lockdown Learning Due To The Covid-19 Pandemic. Education Sciences, 11(2), 59. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci11020059

Irfani, S., Riyanti, D., Muharam, R. S., & Suharno. (2021). Rand Design Generasi Emas 2045: Tantangan Dan Prospek Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Kemajuan Indonesia. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(2). Https://Doi.Org/10.24832/Jpkp.V14i2.532

Kandia, I. W. (2023). Sejarah Perjalanan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Di Indonesia. Jocer: Journal Of Civic Education Research, 1(2), 65–75.

Manalu, Y. E. T., & Najicha, F. U. (2022). Analisis Jiwa Kewarganegaraan Generasi Muda Indonesia Di Era Digital Serta Dampaknya Bagi Bangsa Dan Negara. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 192–197.

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. Https://Doi.Org/10.24246/J.Sw.2021.V37.I1.P54-61

Nanggala, A., & Damayanti, S. (2023). Membangun Smart And Good Young Citizens Melalui Program Organisasi Kepemudaan Berbasis Civic Literacy. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Pkn, 10(1), 96–108.

Nurdiansyah, E., & Dhita, A. N. (2024). Model Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pembelajaran Moral Dan Karakter. Jurnal Civic Hukum, 9(1).

Paranita, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Z Dalam Mewujudkan Good Citizenship Di Perguruan Tinggi Islam. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 4(1), 35–46.

Permatasari, A. I., & Junanto, S. (2023). Mplementasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023. Diss. Uin Surakarta.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333.

Prayogi, R., Komalasari, K., & Nurgiansah, T. H. (2023). Kajian Perbandingan Civic Education Di Eropa Dan Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 2342–2355.

Rachman, F., & Azam, Q. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Moral And Civic Education, 5(1), 42–55. Https://Doi.Org/10.24036/8851412512021536

Rachman, F., & Fitra, I. (2020). Kewarganegaraan Dan Kesehatan: Partisipasi Warga Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 289. Https://Doi.Org/10.17977/Um019v5i2p289-303

Rahmad, N., Setiyawan, D., & Dewi, M. A. S. (2024). Penyuluhan Hukum Tentang Pemahaman Siswa Terhadap Bullying Dalam Perspektif Hukum Di Smk Muhammadiyah Sempor. Jurnal Warta Desa (Jwd), 6(2), 96–103. Https://Doi.Org/10.29303/Jwd.V6i2.301

Rahmayanti, E. (2023). The Use Of Films As An Educational Medium In Learning Civic Education As A Preventive Effort Against Moral Decradation In The Age Of 4.0. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 14(3), 257–278.

Ritonga, J., Fadhillah, A., Pelawi, D., Naibaho, E., Nasha, M., Ginting, S., & Yunita, S. (2022). Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Terhadap Indonesia Melalui Pemahaman Identitas Nasional Bangsa Dan Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Siswa Smp Negeri 39 Medan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 16–24.

Sabillah, M., Syamsudin, P. I., Sulthan, R., & Setiabudi, D. I. (2023). Analisis Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Pgmi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Civilia.V2i2.570

Sihombing, R. A., & Lukitoyo, P. S. (2021). Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 49–59. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jpku.V9i1.31426

Syarifah, Y. (2021). Implementasi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menggunakan Goole Classroom Untuk Meningkatkan Respon Terhadap Peserta Siswa Apada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Smks Sore Tulungagung). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 203–212. Https://Doi.Org/10.31571/Pkn.V5i2.3089

Usmi, R., & Puspitaningrum, A. (2022). Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21 Untuk Membentuk Kecerdasan Kewargaan Yang Berkeadaban Publik. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 12.

Wagiono, F., Shaddiq, S., & Junaidi, F. (2021). Implementation Of Blended Learning During Covid-19 Pandemic On Civic Education Subjects In Millenial Generation Era. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 36–44. Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V3i1.213

Wijaya, A. K., Gitono, U., & Adha, M. M. (2020). Kontribusi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Role Playing Untuk Pengembangan Keterampilan Intelektual Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Universitas Tanjungpura, 1(2), 130–139.

Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Polysynchronous Di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V6i1.5086

Published

2025-05-08

How to Cite

Simorangkir, A. P. ., Pardede, L., Siahaan, M. M., Simanjuntak, H., & Marpaung, R. (2025). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRATIS MELALUI MATA PELAJARAN PKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS VIII. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 896–913. https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.535

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.