ANALISIS ESENSI CIVICS SEBAGAI GENERASI PERTAMA PKN di INDONESIA

Authors

  • Reno Francius Simanullang Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Susanna Br Ginting Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Reh Bungana Beru Parangin-Angin Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Deny Setiawan Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.926

Keywords:

Nilai, Civics, Generasi, PKn

Abstract

Artikel ini membahas tentang hakikat pendidikan kewarganegaraan dalam suatu negara dalam negara demokrasi. Pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian dari pendidikan dalam sistem persekolahan untuk mendidik warga negara agar menjadi warga negara yang baik. Warga negara yang baik harus memiliki nilai-nilai atau watak dan keterampilan untuk hidup dalam negara demokrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: Mendeskripsikan sejarah civics sebagai generasi pertama PKN di Indonesia,  Menganalisis nilai-nilai civics yang terkandung dan tertanam hingga saat ini. Subjek penelitian termasuk Guru BK, Guru PPKn, dan Siswa. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. - Analisis data melibatkan tiga tahap, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode validitas data melibatkan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa civics memberikan banyak nilai yang dapat dipelajari dari pembelajaran civics, seperti percaya diri, komitmen, penguasaan atas nilai religius, norma dan moral luhur, nilai keadilan, demokratis, toleransi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Reno Francius Simanullang, Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Susanna Br Ginting, Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Reh Bungana Beru Parangin-Angin, Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Deny Setiawan, Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

References

Alifah, M., Adha, M. M., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Rifai, A. (2021). Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/27545

Buka, F. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Sosial Selama Masa Pembelajaran Daring. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56393/Mindset.V2i3.936

Hendra, H., & Hajri, P. (2023). Kajian Komparasi Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia Dan Malaysia. Foundasia, 14(1), 42–54.

Irfani, S., Riyanti, D., Muharam, R. S., & Suharno. (2021). Rand Design Generasi Emas 2045: Tantangan Dan Prospek Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Kemajuan Indonesia. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(2). Https://Doi.Org/10.24832/Jpkp.V14i2.532

Kandia, I. W. (2023). Sejarah Perjalanan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Di Indonesia. Jocer: Journal Of Civic Education Research, 1(2), 65–75.

Lin, L., & Shek, D. T. L. (2021). Serving Children And Adolescents In Need During The Covid-19 Pandemic: Evaluation Of Service-Learning Subjects With And Without Face-To-Face Interaction. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 18(4), 2114. Https://Doi.Org/10.3390/Ijerph18042114

Maatuk, A. M., Elberkawi, E. K., Aljawarneh, S., Rashaideh, H., & Alharbi, H. (2022). The Covid-19 Pandemic And E-Learning: Challenges And Opportunities From The Perspective Of Students And Instructors. Journal Of Computing In Higher Education, 34(1), 21–38. Https://Doi.Org/10.1007/S12528-021-09274-2

Manalu, Y. E. T., & Najicha, F. U. (2022). Analisis Jiwa Kewarganegaraan Generasi Muda Indonesia Di Era Digital Serta Dampaknya Bagi Bangsa Dan Negara. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 192–197.

Nanggala, A., & Damayanti, S. (2023). Membangun Smart And Good Young Citizens Melalui Program Organisasi Kepemudaan Berbasis Civic Literacy. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Pkn, 10(1), 96–108.

Ningsih, T., Yuwono, D., Sholehuddin, M., & Suharto, A. (2021). The Significant Of E-Assessment For Indonesian Literacy With Character Education In Pandemic Era. Journal Of Social Studies Education Research, 12(4), 231–256. Https://Www.Learntechlib.Org/P/220460/

Nurdiansyah, E., & Dhita, A. N. (2024). Model Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pembelajaran Moral Dan Karakter. Jurnal Civic Hukum, 9(1).

Paranita, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Z Dalam Mewujudkan Good Citizenship Di Perguruan Tinggi Islam. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 4(1), 35–46.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333.

Prayogi, R., Komalasari, K., & Nurgiansah, T. H. (2023). Kajian Perbandingan Civic Education Di Eropa Dan Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 2342–2355.

Raharjo, R. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum Ppkn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020. Pkn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63–82. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20961/Pknp.V15i1.44901

Rahmayanti, E. (2023). The Use Of Films As An Educational Medium In Learning Civic Education As A Preventive Effort Against Moral Decradation In The Age Of 4.0. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 14(3), 257–278.

Sabillah, M., Syamsudin, P. I., Sulthan, R., & Setiabudi, D. I. (2023). Analisis Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Pgmi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Civilia.V2i2.570

Sihombing, R. A., & Lukitoyo, P. S. (2021). Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 49–59. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jpku.V9i1.31426

Sw, Y. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Daring Dan Solusinya Di Masapandemi Covid 19 Dalam Perspektif Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas X Di Sma Veteran 1 Sukoharjo Tahunpembelajaran2020-2021. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 2(2). Https://Doi.Org/10.32585/Cessj.V2i2.1142

Usmi, R., & Puspitaningrum, A. (2022). Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21 Untuk Membentuk Kecerdasan Kewargaan Yang Berkeadaban Publik. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 12.

Widiatmaka, P. (2022). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Di Dalam Membangun Karakter Bangsa Peserta Didik. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1–10.

Widiatmaka, P. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Membangun Warga Negara Yang Baik Dan Mengantisipasi Krisis Karakter Pemuda. Jurnal Pallangga Praja (Jpp), 5(1), 7–18.

Widodo, B., & Nugraha, Y. (2023). Internalisasi Pendidikan Qurani Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membentuk Karakter Religius Warga Negara Di Era Digital. Civics: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 360–370.

Wijaya, A. K., Gitono, U., & Adha, M. M. (2020). Kontribusi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Role Playing Untuk Pengembangan Keterampilan Intelektual Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Universitas Tanjungpura, 1(2), 130–139.

Published

2025-04-28

How to Cite

Simanullang, R. F., Ginting, S. B., Parangin-Angin, R. B. B., & Setiawan, D. (2025). ANALISIS ESENSI CIVICS SEBAGAI GENERASI PERTAMA PKN di INDONESIA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 466–472. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.926

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.