PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.504Keywords:
Perhatian Orang Tua, Kompetensi Kepribadian Guru, Kemandirian BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kompetensi kepribadian guru terhadap kemandirian belajar siswa kelas V di SD Negeri 105453 Gunung Para. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Ex-post Facto, dapat dijelaskan bahwa dalam melakukan penelitian langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan validasi di mana data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa kelas V SD 107467 Gunung Para yang berjumlah 22 siswa, Validasi ini dilakukan untuk mengetahui data yang valid untuk digunakan pada saat penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dengan menggunakan 23 pernyataan. yang sudah divalidasi dan sebelum divalidkan adalah 40 pernyataan. Analisis data dilakukan menggunakan regresi berganda untuk melihat hubungan antara variabel perhatian orang tua, kompetensi kepribadian guru, dan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan nilai t diketahui niai t hitung sebesar 2,899 > t tabel 2,086, sehingga dapat disimpulkan variabel Perhatian Orang Tua (X1) berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar Siswa (Y). Berdasarkan nilai t diketahui niai t hitung sebesar 2,836 > t tabel 2,086, sehingga dapat disimpulkan variabel Kompetensi Kepribadian Guru (X2) berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar Siswa (Y). Nilai Konstanta (α) sebesar 9,145 dapat diartikan Perhatian Orang Tua dan Kompetensi Kepribadian Guru pada tingkat variabel Kemandirian Belajar Siswa. Apabila Variabel independen bernilai 0 atau konstan maka Kemandirian Belajar Siswa (Y) memiliki nilai sebesar 9,145.
Downloads
References
Adawiyah, R., & Suaedah, S. (2022). POLA ASUH ORANG TUA PADA MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 15 KOTA BEKASI. Research and Development Journal of Education, 8(2), 808. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12884
ANGGRAENI, A. Y. U. R. (2021). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RT 01 RW 01 KELURAHAN ASEMROWO KECAMATAN ASEMROWO KOTA SURABAYA. http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7414
Anugrahani, N. A. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK. JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 239–248. https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p239
Apritia, C. K., & Barnadib, S. I. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Jogokariyan Yogyakarta. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30738/keluarga.v1i2.606
Darmansyah, D. (2020). Penerapan Kode Etik Guru untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Model Palu. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.125
Fadhilah, T. N. … Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 249. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.
Hendri, H. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 56. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528
Jauhar, S. … Hikma, R. S. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua dengan Minat Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 87. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.30994
Julaeha, E., & Fathimatuzzahro, A. (2022). Dampak Pola Asuh Single Parent terhadap Minat Belajar Anak. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 51. https://doi.org/10.24235/prophetic.v5i1.11171
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Kurnia, H., & Widayanti, F. K. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Kepanduan Hizbul Wathon terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Academy of Education Journal, 11(01), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v11i01.318
Muttaqien, I. Z., & Darmiyanti, A. (2022). Membangun Karakter Profesional Tenaga Kependidikan Dengan Memahami Kode Etik Kepala Sekolah Dalam Membentuk Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12562–12568. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10555
Nur, A. H., & Karismatika, I. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017–2018. SUCCESS: Jurnal bimbingan konseling dan pendidikan, 1(1), 1–9.
Patta, M. (2019). Implementasi Kode Etik Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Puspitaningtyas, A. R. (2016). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 1 PANJI SITUBONDO TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 4(2), 61–70. https://doi.org/Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 1 Panji Situbondo Tahun Ajaran 2016/2017
Putri, D. A., & Hutasuhut, D. H. (2022). HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. DARUL ILMI TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5343–5350. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v3i3.1864
Putri, Y. S. … Ismaya, E. A. (2020). PERAN POLA ASUH DALAM PEMBENTUKAN MINAT BELAJAR ANAK DI DESA MEDINI. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697–704. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.377
Sabilla, M. … Sefriani, R. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK N 9 Padang. JURNAL PTI (PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI) FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITA PUTRA INDONESIA “YPTK” PADANG, 82–86. https://doi.org/10.35134/jpti.v8i2.49
Sari, D. K. … Suprapti, A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.1-6
Sintiya, S. … Anas, N. (2023). Analisis Pemahaman Guru terhadap Makna Kode Etik dan Peraturan di Sekolah SMP IT Al Afkari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 252–258. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5287
Sirait, E. D., & Sugiono, S. (2020). Implementasi pendidikan karakter terhadap karakter siswa di sekolah menengah kejuruan bethel petamburan. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 11(1), 16–31. https://doi.org/https://doi.org/10.47562/edk.v11i1.138
Sitanggang, F. S. … Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepribadian Siswa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2358–2362. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.589
Suaidah, S. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)(Studi di SMP Shohibul Barokah Kota Serang). Uin Smh Banten. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6602
Sukirman, S., & Mirnawati, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 389–402.
Suryani, E. … Sardjijo, S. (2021). Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Swasta Kota Batam. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 239–249. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n2.p101-110
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten