PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V

Authors

  • Imelda Sabrina Sibarani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Elisabeth Simarmata Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Adelina Tumiur Silalahi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Novelin Nababan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.583

Keywords:

Pengaruh, Penggunaan Media Audio Visual, Hasil Belajar IPA Siswa

Abstract

Pembelajaran dikatakan menyenangkan apabila didalamnya terdapat suasana yang rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, bangkitnya minat belajar, adanya keterlibatan penuh, perhatian siswa tercurah, lingkungan belajar yang menarik, suasana yang ceria, siswa yang dapat mengelola diri untuk selalu memiliki minat dalam belajar agar dapat memenuhi kebutuhan yang dimilikinya, pasti akan selalu terus berusaha untuk memenuhi kebutuhannya sebagai tujuan dari proses belajar yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sd Negeri No. 091270 AFD 13 Laras, Kabupaten Simalungun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media audio visual dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rekomendasi diberikan kepada para pendidik untuk mempertimbangkan penggunaan media ini dalam proses pembelajaran guna meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Imelda Sabrina Sibarani, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Elisabeth Simarmata, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Adelina Tumiur Silalahi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Novelin Nababan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

References

Agustin, N. K. T. J., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tps Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 239–249.

Akmalia, R., Fajriana, F., Rohantizani, R., Nufus, H., & Wulandari, W. (2021). Development of powtoon animation learning media in improving understanding of mathematical concept. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(2), 105. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i2.5710

Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4346–4355. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2848

BENI, L. (2023). i PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI FLORA FAUNA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Cahyani, D., Simbolon, N., Sitohang, R., Simanungkalit, E., & Gandamana, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box Pop Up 3D Pada Pembelajaran Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas IV SDN 016529 Bp. Mandoge. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 98–113.

Condrosari, G. Y. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media audio visual anak usia 5-6 tahun di tk pkk bener kecamatan tegalrejo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 6(4), 376–389.

Farhan, A. (2022). Penggunaan Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Simetri Lipat Dan Putar Pada Kelas 3 MIS Al Istiqamah Aceh Besar. UIN Ar-Raniry.

Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9321–9330. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287

Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Inayah, N. R., Sukmawati, R. A., & Amalia, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Platform Powtoon pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Computing and Education Technology Journal, 1, 1–10. https://doi.org/https://jbasic.org/index.php/basicedu

Mahatir, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Minat Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di SD Anak Bangsa Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mulyasari, D. W., Abdussakir, A., & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.1-14

Novera, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7161–7173.

Nurdiansyah, A., Gunawana, A., & Sari, M. Z. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.56393/lentera.v3i2.1826

Pratama, G. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CRH Berbantuan Media Audio Visualterhadap Hasil Belajar IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 52–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14628

Prima Rias Wana. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 100–107. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.207

Rijal, F. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 49 Kota Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321

Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p073

Sari, D. A., Ramadi, R., & Ragil, V. P. P. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas 1A SD Negeri Gandaria Utara 03. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Selamet, I. K. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 7(2), 121–125. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2505

Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan CTL Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54

Published

2024-12-22

How to Cite

Sibarani, I. S. ., Simarmata, E., Silalahi, A. T., & Nababan, N. . (2024). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 135–141. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.583

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.