Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.1187Keywords:
Media Audio Visual, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimental degisn tipe one group design. Pretest yang dilakukan untuk melihat kemampuan siswa sebelum diberikannya perlakuan dan Posttest dilakukan melihat kemampuan siswa sesudah diberikannya perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar dan sampel yang digunakan adalah 32 orang siswa yang ada di UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Teknik sampel yang digunakan yaitu Total sampling dengan dua variable penelitian yaitu variable terikat berupa hasil belajar siswa, serta variabel bebas berupa media audio visual . Teknik pengumpulan data yaitu teknik test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan teknik uji t paired sample t test dengan bantuan program SPSS Versi 21, berdasarkan hasil perhitungan bahwa hasil perhitungan yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 8.071 > nilai ttabel sebesar 2,042 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pada uji t terdapat pengaruh yang signifikan antara Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar . Dari hasil uji t diatas dapat kita lihat bahwa Ha diterima dan Ho ditolak
Downloads
References
Alfianti, E., & Kartikasari, W. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sbdp Siswa Kelas V Sd Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Jurnal Pgsd Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 127–134. Https://Doi.Org/10.57093/Jpgsdunipol.V1i2.19
Amindari, A., Sumiharsono, M. R., & Waris, W. (2020). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Dan Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Journal Of Education Technology And Inovation, 3(1), 54–68. Https://Doi.Org/10.31537/Jeti.V1i1.429
Anwar, A. S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Senamkebugaranjasmani. Jurnal Sekolah Dasar, 3(1). Https://Doi.Org/10.36805/Jurnalsekolahdasar.V3i1.411
Astuti, P. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Power Point Terhadap Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii (Sdn Banjaran 08 Bandung). Fkip Unpas. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/46513
Budiyanti, F., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Diskusi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (Kibasp), 7(1), 154–166. Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V7i1.6875
Condrosari, G. Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Audio Visual Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pkk Bener Kecamatan Tegalrejo. Pendidikan Guru Paud S-1, 6(4), 376–389.
Darmayanti, N. N. K. M., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2024). Audio Visual Literacy Media Based On Fable Story To Increase Student Reading Interest For Second Grade Of Elementary Student. Journal Of Education Technology, 8(2), 353–361. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V8i2.69169
Ditasari, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Menunjang Kurikulum 2013 Pada Materi Persamaan Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 4(3). Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpak/Article/View/17141
Farrell, E. H., Whistance, R. N., Phillips, K., Morgan, B., Savage, K., Lewis, V., Kelly, M., Blazeby, J. M., Kinnersley, P., & Edwards, A. (2014). Systematic Review And Meta-Analysis Of Audio-Visual Information Aids For Informed Consent For Invasive Healthcare Procedures In Clinical Practice. Patient Education And Counseling, 94(1), 20–32. Https://Doi.Org/10.1016/J.Pec.2013.08.019
Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak Dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3257
Fitri, R. D. (2022). The Effect Of Using Animation Video As Audio-Visual Media Toward Students’speaking Skill At The Tenth Grade Of Sman Plus Riau Province. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/Id/Eprint/60801
Herlina, M., Sulaiman, E., & Widiastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Sman 5 Bengkulu Utara. Jurnal Ipa Terpadu, 3(1). Https://Doi.Org/10.35580/Ipaterpadu.V3i1.11167
Janah, N. M., & Timiyatun, E. (2020). Perbandingan Efektivitas Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet Dan Audio Visual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari). Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 2(2), 80–90. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32807/Jkt.V2i2.67
Monika, G. T., & Muhibbin, A. (2021). Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Menggunakan Strategi Point Counterpoint Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas Xi Tkj A Smk Adi Sumarmo Colomadu Tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/Id/Eprint/94405
Muhibbin, A., Monica, G. T., Patmisari, P., & Muthali’in, A. (2021). Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Menggunakan Strategi Point Counterpoint. Asanka: Journal Of Social Science And Education, 2(2), 233–252. Https://Doi.Org/10.21154/Asanka.V2i2.3181
Nadia, N., Wardiah, D., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Ip. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 133–139. Http://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/157
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual Dan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2018.V8.I3.P219-230
Pradikta, B. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(2), 67–73. Https://Doi.Org/10.31960/Konseling.V1i2.328
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Rajagukguk, M., Harefa, S., Butar-Butar, G., Samosir, T. A., & Ariawan, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sitio-Tio Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(4), 164–179.
Rivaldi, K. H. O., Putra, D. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 128. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i2.15494
Rosa, D., Asgara, E. Y., & Suryaman, M. (2022). Improving Vocabulary Mastery And Distinguishing Vocabulary Through Listening To Audio-Visual. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36312/Jime.V8i2.3095
Rubiyatno, R., & Suryadi, D. (2022). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bulutangkis Di Mts Mujahidin Pontianak. Musamus Journal Of Physical Education And Sport, 4(2), 140–149. Https://Doi.Org/10.35724/Mjpes.V4i02.4303
Saefullah, D. I. (2020). Development Of Audio Visual Learning Media Using Professional Adobe Flash Cs6 In Physical Education In Sport And Health. Journal Of Xi’an University Of Architecture & Technology, Xii(V), 3039–3046. Https://Doi.Org/10.37896/Jxat12.05/1719
Saragih, P. C., Panjaitan, M. B., & Purba, N. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Audio, Visual, Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 091287 Panei Tongah. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3ji), 1(4), 107–113.
Setiawati, H. M. P., Octavianus, S., & Sari, D. N. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pengajaran Sekolah Minggu Di Gereja Kemah Tabernakel, Bumiayu, Salatiga. Jurnal Efata: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 8(1), 59–70. Https://Doi.Org/10.47543/Efata.V8i1.58
Simarmata, Grace V. E., Sinaga, Christa V., & Thesalonika, E. (2022). “Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Siswa Kelas V Sd Negeri 122380 Pematangsiantar”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 5138–5145.
Siregar, Y.-, Rochadi, K., & Lubis, N. (2019). The Effect Of Health Promotion Using Leaflets And Audio-Visual On Improving Knowledge And Attitude Toward The Danger Of Hiv/Aids Among Adolescents. International Journal Of Nursing And Health Services (Ijnhs), 2(3), 172–179. Https://Doi.Org/10.35654/Ijnhs.V2i3.213
Siswanto, J., & Mustofa, A. W. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Media Penelitian Pendidikan, 6(1), 1–9.
Widyalaksono, P., Mashuri, H., & Lusianti, S. (2020). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Pola Langkah Pencak Silat Sekolah Dasar. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 8–17. Http://Repository.Unpkediri.Ac.Id/Id/Eprint/2581
Wilsam, W. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Terintegrasi Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Pada Siswa Kelas Ii Mi Datok Sulaiman. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palopo.
Yazar, T., & Arifoglu, G. (2012). A Research Of Audio Visual Educational Aids On The Creativity Levels Of 4-14 Year Old Children As A Process In Primary Education. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 51, 301–306. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2012.08.163
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten