PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI KELAS (VIII)

Authors

  • Harlen Simanjuntak Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Rolan Manurung Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Chornelyus Dehouq Simorangkir Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.531

Keywords:

Pembelajaran, Berdiferensiasi, Menulis, Puisi, Siswa

Abstract

Tempat Penelitian diadakan di SMP Negeri 18 Medan dan ini dilaksanakan mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi model Project Based Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan, dengan menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan Two Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 300 siswa. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Untuk memperoleh data, tugas menulis teks puisi digunakan dari analisis yang diperoleh kemampuan menulis teks puisi siswa di Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan menggunakan pembelajaran diferensiasi dengan model Project Based Learning. Skor terendah sebesar 60 dan skor tertinggi sebesar 95 dengan rata-rata 80,17. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh thitung = 9.82456 dan ttabel = 1.67155 dengan taraf signifikansi 5% dengan df= (N1+N2)-2, df yaitu 58. Dari df 58 diperoleh taraf signifikansi 5%. = 1,67155 diperoleh berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan. dilakukan, terlihat Thitung>Ttabel sebesar 9,82456>1,67155. Dengan demikian hipotesis awal (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi akan dinyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan model Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks puisi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Harlen Simanjuntak, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Rolan Manurung, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Chornelyus Dehouq Simorangkir, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

References

Ai, X., Jiang, Z., Hu, K., Chandrasekaran, S., & Wang, Y. (2020). Integrating A Cross-Reference List And Customer Journey Map To Improve Industrial Design Teaching And Learning In “Project-Oriented Design Based Learning”. Sustainability, 12(11), 4672. Https://Doi.Org/10.3390/Su12114672

Anjarini, D. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilomiah Geografi Sma. Universitas Negeri Malang. Http://Repository.Um.Ac.Id/Id/Eprint/62404

Aprianti, N. P. C. D., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Mengwi Badung Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10738

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i2.562

Damayanti, S., Nanggala, A., & Suryadi, K. (2023). Building Smart And Good Young Citizens Through Project-Based Learning In Civic Education As A Means Of Preventing Cyberbullying In The Digitalization Era. International Seminar, 5, 113–124. Https://Conference.Unita.Ac.Id/Index.Php/Conference/Article/View/106

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090

Fitz, A. I., Murtini, W., & Schuller, G. (2022). A Project-Based Learning Model To Improve Learning Outcomes For 8th Grade 4 Satap Kismantoro Wonogiri Students. Journal Of Research In Vocational Education, 4(10). Https://Doi.Org/10.53469/Jrve.2022.04(10).04

Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49–60. Https://Doi.Org/Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. Https://Doi.Org/10.15294/Jpp.V35i1.13886

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.352.10

Jusita, M. L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 4(2), 90–95.

Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46963/Asatiza.V4i3.1231

Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model Dl Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37081/Mathedu.V6i2.5223

Laia, I. S. A. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Lahusa. Https://Repository.Uhn.Ac.Id/Handle/123456789/8255

Lestari, D. P., Joharmawan, R. J., & Purwati, Y. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 1 Ngasem Kelas Vii Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Mipa Dan Pembelajarannya (Jmipap), 3(1), 12–18. Http://Journal3.Um.Ac.Id/Index.Php/Mipa/Article/View/3955

Li, Y., & Wang, L. (2018). Using Ipad-Based Mobile Learning To Teach Creative Engineering Within A Problem-Based Learning Pedagogy. Education And Information Technologies, 23(1), 555–568. Https://Doi.Org/10.1007/S10639-017-9617-Y

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal Of Creative Student Research, 1(2), 81–91. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55606/Jcsrpolitama.V1i2.1150

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V8i1.8880

Pane, R. N. P. S., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Bullet: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03), 173–180. Https://Journal.Mediapublikasi.Id/Index.Php/Bullet/Article/View/306

Pramesti, D., Probosari, R. M., & Indriyanti, N. Y. (2022). Effectiveness Of Project Based Learning Low Carbon Stem And Discovery Learning To Improve Creative Thinking Skills. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 3(3), 444–456. Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V3i3.156

Putri, Y. P., & Supatmo, S. (2020). Model Pembelajaran Seni Grafis Cukil Hardboard Pada Kelas Ix Smp Negeri 1 Bawen. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 9(3), 70–92. Https://Doi.Org/10.15294/Eduarts.V9i3.40511

Rusmansyah, R., Leny, L., & Sofia, H. N. (2023). Improving Students’ Scientific Literacy And Cognitive Learning Outcomes Through Ethnoscience-Based Pjbl Model. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 4(1), 1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V4i1.382

Sergeeva, N., & Kortantamer, D. (2021). Enriching The Concept Of Authentic Leadership In Project-Based Organisations Through The Lens Of Life-Stories And Self-Identities. International Journal Of Project Management, 39(7), 815–825. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijproman.2021.09.001

Simanullang, E. K. A. N. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 4 Medan Oleh.

Sitorus, P., Surbakti, M., & Gulo, P. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pesertaa Didik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 127. Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V12i3.43024

Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv B Mi Model Panyabungan. Ittihad, 5(1).

Vogler, J. S., Thompson, P., Davis, D. W., Mayfield, B. E., Finley, P. M., & Yasseri, D. (2018). The Hard Work Of Soft Skills: Augmenting The Project-Based Learning Experience With Interdisciplinary Teamwork. Instructional Science, 46(3), 457–488. Https://Doi.Org/10.1007/S11251-017-9438-9

Published

2025-04-28

How to Cite

Simanjuntak, H., Manurung, R., & Simorangkir, C. D. (2025). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI KELAS (VIII). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 894–904. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.531

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.