PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CHATGPT PADA KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.110Keywords:
ChatGPT, Kemampuan Menulis, Teks Argumentasi, Sekolah Menengah Kejuruan, EksperimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi ChatGPT terhadap kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas XI DPIB 2 SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen posttest-only control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi ChatGPT dan kelas kontrol yang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Instrumen yang digunakan berupa tes menulis teks argumentasi dan dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan menulis siswa pada kelas kontrol adalah 51,87 (kategori cukup), sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata 78,67 (kategori baik). Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi ChatGPT berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks argumentasi siswa.
Downloads
References
Afriany, R., Sinaga, R., Samsinar, S., & Frangky, F. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Inteligence Dalam Membuat Media Pembelajaran. Jurnal Abdinus: Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(2), 512–522. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29407/Ja.V9i2.24911
Alkadri, S. P. A., & Ramadhianto, M. D. (2024). Inovasi Pembelajaran Digital: Workshop Media Pembelajaran Video Canva Untuk Guru Sma Muhammadiyah 1 Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 103–117.
Anggraeni, F. K. A., & Meilina, I. L. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Berbasis Artificial Intelligence Untuk Menambah Wawasan Guru Mgmp Ipa Kabupaten Jember. Pengabdianmu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(10), 1803–1813. Https://Doi.Org/10.33084/Pengabdianmu.V9i10.7637
Ardiansyah, A. S., Dewi, N. R., Junaedi, I., Efrilianda, D. A., Mulyono, M., Astuti, C. R. H. Y., Erlita, D., & Hasaroh, E. F. (2023). Pelatihan Digitalisasi Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru Smp Negeri 2 Tulung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (Jpkmi), 3(3), 21–28.
Downie, S., Gao, X., Bedford, S., Bell, K., & Kuit, T. (2021). Technology Enhanced Learning Environments In Higher Education: A Cross-Discipline Study On Teacher And Student Perceptions. Journal Of University Teaching And Learning Practice, 18(4). Https://Doi.Org/10.53761/1.18.4.12
Fauzi, I., & Sastra Khusuma, I. H. (2020). Teachers’ Elementary School In Online Learning Of Covid-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58–70. Https://Doi.Org/10.25217/Ji.V5i1.914
Fauziyah, L., & Haryanto, M. (2024). Reaktualisasi Pembelajaran Menulis Naskah Drama Pada Generasi Z Dengan Metode Discovery Learning Berbasis Artificial Intelligence (Chat Gpt). Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 143–157. Https://Doi.Org/10.60132/Jip.V2i3.309
Haidir, H., Muhamad, T., Roviati, R., Evi, E., & Deka, D. (2024). Penerapan Chat Gpt Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Sosial Teknologi, 4(3), 182–189. Https://Doi.Org/10.59188/Jurnalsostech.V4i3.1064
Hidayati, S. N., Widodo, W., Subekti, H., Aulia, E. V., & Sari, D. P. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence Untuk Pendidik Ipa Dalam Memfasilitasi Microlearning. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 182. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V8i1.19712
Komara, C., Wati, D. P., Syaepurrohman, P., Yatri, I., & Iba, K. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Berbasis Artificial Intelligence (Ai) Text-To-Video Generator. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 69–79.
Lie, A., Tamah, S. M., Gozali, I., Triwidayati, K. R., Utami, T. S. D., & Jemadi, F. (2020). Secondary School Language Teachers’online Learning Engagement During The Covid-19 Pandemic In Indonesia. Journal Of Information Technology Education: Research, 19, 803–832. Http://Eprints.Ukmc.Ac.Id/Id/Eprint/4784
Lumbantobing, A. I., Setiadi, B., Nafsah, B. A., Nuraini, D. R., Iriyanti, H. N., Febriliayan, I. H., Saputra, R. M., Adrasah, S. J., & Fansyuri, M. (2023). Peningkatan Pemanfaatan Teknologi Dan Literasi Digital Pada Siswa Smk Pgri Larangan. Appa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20–26.
Masyhura, N. (2022). Implementation Of Digital Literacy In Elementary Schools.
Norenza, Z., & Zunurahma, F. C. (2024). Analisa Penggunaan Perangkat Digital Dalam Pembuatan Komik Digital: Chat Gpt. Jurnal Kreatif: Karya Pengabdian Untuk Masyarakat Aktif Dan Inovatif, 1(02), 89–103.
Novelti, N., Devi, P. A. P., Wakhibah Dwi Khusnah, Marjuki, M., & Stevani, M. (2024). Pelatihan Teknis Pemanfaatan Artificial Intelligences Chat Gpt Dan Canva Bagi Guru Smk Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Masa Kini. Journal Of Human And Education (Jahe), 4(6), 1332–1339. Https://Doi.Org/10.31004/Jh.V4i6.2084
Nurhayati, S., & Erviana, Y. (2025). Pelatihan Presentasi Ilmiah Bagi Siswa Menggunakan Artificial Intelligence Chatgpt Dan Canva Sebagai Pengembangan Pembelajaran Di Ma Ma’arif Nu Sains Al-Qur’an Sumbang. Paradigma Pengabdian, 1(1), 48–60.
Puspaningtyas, N. D., & Marchamah Ulfa. (2020). Improving Students Learning Outcomes In Blended Learning Through The Use Of Animated Video. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 133–142. Https://Doi.Org/10.22236/Kalamatika.Vol5no2.2020pp133-142
Rachmavita, F. P. (2020). Interactive Media-Based Video Animation And Student Learning Motivation In Mathematics. Journal Of Physics: Conference Series, 1663(1), 012040. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1663/1/012040
Rosita, R., Jumrah, J., Rahmayani, S., & Hamdana, H. (2024). Transformasi Digital Dalam Pendidikan: Pelatihan Tools Ai Untuk Mendukung Pengajaran Dan Administrasi Guru. Room Of Civil Society Development, 3(6), 235–246. Https://Doi.Org/10.59110/Rcsd.438
Rufaidah, L. N., Umamah, N., Sumardi, Marjono, & Surya, R. A. (2021). Learning Environment Technology-Based In Improving Students’ Independent Learning. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science, 747(1), 012056. Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/747/1/012056
Sabani, F., Bulu, R. M., Hasis, P. K., Yusuf, M., & Hutami, E. P. (2024). Pendampingan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Tk Se-Luwu Raya. Transformasi : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 174. Https://Doi.Org/10.31764/Transformasi.V4i2.24289
Saputra, I., Hayatunnufus, H., Dewi, S. M., Reflianto, R., Putri, E. Y., & Mahniza, M. (2024). Pelatihan Digitalisasi Sumber Belajar, Asesmen, Dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Chatgpt Bagi Guru Smpn 9 Payakumbuh. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 3237–3248. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V8i4.26825
Satrianansyah, S., Azizah, S. N., Damaiyanti, W., Akbar, M. T., Abdullah, M. M., Pasha, F. R., Rahman, R. F., Lia, A., Ertalia, E., & Juniansyah, A. (2024). Pemaanfaatan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Digital Seperti Canva, Google Drive, Chat Gpt Dan Gemini Pada Guru Sdn 14 Lubuk Sakti. Jurnal Univ. Bi Mengabdi, 3(2), 59–68.
Septiani, A. N. S. I., & Rejekiningsih, T. (2020). Development Of Interactive Multimedia Learning Courseware To Strengthen Students’ Character. European Journal Of Educational Research, 9(3), 1267–1280. Http://Www.Eu-Jer.Com
Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital Dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar Menuju Generasi Emas Tahun 2045. Prosiding Semai: Seminar Nasional Pgmi, 1, 411–427.
Vioreza, N., Supriatna, N., & Hakam, K. A. (2022). Development Of Digital Teaching Materials Based On Betawi Local Food To Increase Ecoliteracy In Elementary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 9(2), 402–416. Https://Doi.Org/Https://Repository.Unpkediri.Ac.Id/Id/Eprint/12690
Widayanti, N. A., Budiarti, W. N., Riwanto, M. A., Dwiyanti, A. N., Winandika, G., Wulandari, M. P., & Umayah, U. (2024). Implementasi Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pgsd Ust, 5(1), 234–240. Https://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Sn-Pgsd/Article/View/18925
Yaniawati, P., Al-Tammar, J., Supianti, I. I., Md Osman, S. Z., & Saeful Malik, A. (2021). Using Of Sigil Software In Math Education: E-Module Development And Effects On Self-Regulated Learning Skills. Journal For The Education Of Gifted Young Scientists, 9(3), 251–268. Https://Doi.Org/10.17478/Jegys.954829
Yulianci, S., Nurjumiati, N., Asriyadin, A., & Adiansha, A. A. (2021). The Effect Of Interactive Multimedia And Learning Styles On Students’ Physics Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 7(1), 87–91. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V7i1.529
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten