PENGARUH MODEL TPS (THINK-PAIR-SHARE) BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SMA SWASTA IMELDA MEDAN

Authors

  • Merina Hutagaol Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Harlen Simanjuntak Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Vina Merina Sianipar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1132

Keywords:

Model TPS, audiovisual, keterampilan menulis, teks negosiasi, pembelajaran kooperatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) berbantuan audiovisual terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Swasta Imelda Medan. Model TPS memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, berkolaborasi, dan berbagi ide secara aktif, sementara media audiovisual digunakan untuk meningkatkan interaksi dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain two-group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model TPS berbantuan audiovisual secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam inovasi pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Merina Hutagaol, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Harlen Simanjuntak, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Vina Merina Sianipar, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Afryeni. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA PADA MATERI POKOK PUISI RAKYAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE.

Amrina Izzatika. (2022). Pengembangan Media Visual,Audio dan Audio Visual. Azam Nur, W., & Nuryatin, A. (2024). Pengaruh Model Think Pair Share

Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan

pada Siswa Kelas VIII. In Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 1). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma

Debby, & Mellisa. (2020). Teks Negosiasi (Guepedia, Ed.; 1st ed.). Guepedia. Elena,Sumarno, S., & Mahyangsari, P. (2024). Implementasi Model Problem Based

Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Peserta Didik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 12580– 12590.

Enawar, E., & Sori, S. (2021a). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 247–256. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1348

Enawar, E., & Sori, S. (2021b). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 247–256. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1348

Hamidah, N. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASIF MELALUI METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL. Jurnal P4I, 3(1), 19–22.

Harianja, J. K., Surbakti, H., Rambe, A. A. S. A., Hasan, M., Ramadhani, Y. R., Sartika, H. S., Nirbita, B. N., Chamida, D., Rahmawati, I., Lestari, H., & Panjaitan, M. M. J. (2022). Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif (A. Karim & J. Simarmata, Eds.; 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Intan, Suhardin, & Samritin. (2024). PROSA Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. PROPOSA : Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 2(3), 885–891. https://doi.org/10.35326/prosa.v8i4.5425

Ismi, K., Alawiyah, R. W., & Mawardati, R. (2023). Open Access KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK

KELAS II SD NEUHEUN. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pembelajaran, 62–69. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/index

Izzatika, A., Khairani, F., Perdana, D. R., & Utami, I. W. (2023). Pengembangan Media Visual, Audio dan Audio Visual (1st ed.). TEKNOSAIN.

Luh, N., Indra, P., Sudika2, W., Made, I., Winangun3, A., Dharma, J., Program, A., Pendidikan, S., Dasar, S., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021.

Nurpadilah, S., Fazriah, Y., Kartini, C., & Siliwangi, I. (2021). Kemampuan Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture di SMK |. 489.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital.

Purnomo, A., Kanusta.M, Fitriyah, Guntur. M, Siregar, R. A., Ritonga, S., Nasution, S. I., Maulidah, S., & Listantia, N. (2022). PENGANTAR MODEL PEMBELAJARAN (Muhammad yahya & Andrias, Eds.; 1st ed.). YAYASAN HAMJAH DIHA.

Rahmadhani, N., Muin, N., & Puspitasari, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share Siswa SMA Negeri

Pangkep. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 560–573. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4554

Rahmah, A. N., Majiah, G., Rostikawati, Y., & Siliwangi, I. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA SMP. 869.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938

Saputra, D., Anggraini, R. T., & Hastuti. (2022). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung. http://skripsi.stkippgribl.ac.id/

Sianipar, V. M. B. (2018). Pembelajaran Literasi Informasi Terhadap Menulis Karangan Argumentasi. Prosisding Seminar Literasi Sastra Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 1(1), 128–135.

Simanjuntak, H. (2024). Pembelajaran yang menyenangkan : Vol. x,192 hlm,14,8x 21cm (Sisi febria agami, Ed.). Tim YPCM.

Solung, R. S., & Paat, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan SCIENING: Science Learning Journal. SCIENING: Science Learning Journal, 2(2), 106–113.

Sugiyono. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF,KUALITATIF DAN R&D (19th ed.). AlFABETA.

.

Umayah, I., Annisa, P. B., & Fauziya, D. S. (2019). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR

SHARE DI KELAS X. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia, 2.

Wahyuni, S., Harfiandi, & Kustina, R. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMAS T

BUSTANUL ARIFIN GAYO LUES. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1).

Wijaya, H. (2021). Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter (Hengki wijaya, Ed.). https://doi.org/10.31219/osf.io/xn4dw

Published

2025-06-14

How to Cite

Hutagaol, M., Simanjuntak, H., & Sianipar, V. M. . (2025). PENGARUH MODEL TPS (THINK-PAIR-SHARE) BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SMA SWASTA IMELDA MEDAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 998–1011. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1132

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.