PENGARUH MODEL TPS (THINK-PAIR-SHARE) BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SMA SWASTA IMELDA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1132Keywords:
Model TPS, audiovisual, keterampilan menulis, teks negosiasi, pembelajaran kooperatif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) berbantuan audiovisual terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Swasta Imelda Medan. Model TPS memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, berkolaborasi, dan berbagi ide secara aktif, sementara media audiovisual digunakan untuk meningkatkan interaksi dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain two-group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model TPS berbantuan audiovisual secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam inovasi pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Downloads
References
Afryeni. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA PADA MATERI POKOK PUISI RAKYAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE.
Amrina Izzatika. (2022). Pengembangan Media Visual,Audio dan Audio Visual. Azam Nur, W., & Nuryatin, A. (2024). Pengaruh Model Think Pair Share
Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan
pada Siswa Kelas VIII. In Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 1). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma
Debby, & Mellisa. (2020). Teks Negosiasi (Guepedia, Ed.; 1st ed.). Guepedia. Elena,Sumarno, S., & Mahyangsari, P. (2024). Implementasi Model Problem Based
Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Peserta Didik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 12580– 12590.
Enawar, E., & Sori, S. (2021a). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 247–256. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1348
Enawar, E., & Sori, S. (2021b). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 247–256. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1348
Hamidah, N. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASIF MELALUI METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL. Jurnal P4I, 3(1), 19–22.
Harianja, J. K., Surbakti, H., Rambe, A. A. S. A., Hasan, M., Ramadhani, Y. R., Sartika, H. S., Nirbita, B. N., Chamida, D., Rahmawati, I., Lestari, H., & Panjaitan, M. M. J. (2022). Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif (A. Karim & J. Simarmata, Eds.; 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Intan, Suhardin, & Samritin. (2024). PROSA Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. PROPOSA : Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 2(3), 885–891. https://doi.org/10.35326/prosa.v8i4.5425
Ismi, K., Alawiyah, R. W., & Mawardati, R. (2023). Open Access KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK
KELAS II SD NEUHEUN. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pembelajaran, 62–69. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/index
Izzatika, A., Khairani, F., Perdana, D. R., & Utami, I. W. (2023). Pengembangan Media Visual, Audio dan Audio Visual (1st ed.). TEKNOSAIN.
Luh, N., Indra, P., Sudika2, W., Made, I., Winangun3, A., Dharma, J., Program, A., Pendidikan, S., Dasar, S., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021.
Nurpadilah, S., Fazriah, Y., Kartini, C., & Siliwangi, I. (2021). Kemampuan Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture di SMK |. 489.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital.
Purnomo, A., Kanusta.M, Fitriyah, Guntur. M, Siregar, R. A., Ritonga, S., Nasution, S. I., Maulidah, S., & Listantia, N. (2022). PENGANTAR MODEL PEMBELAJARAN (Muhammad yahya & Andrias, Eds.; 1st ed.). YAYASAN HAMJAH DIHA.
Rahmadhani, N., Muin, N., & Puspitasari, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share Siswa SMA Negeri
Pangkep. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 560–573. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4554
Rahmah, A. N., Majiah, G., Rostikawati, Y., & Siliwangi, I. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA SMP. 869.
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Saputra, D., Anggraini, R. T., & Hastuti. (2022). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung. http://skripsi.stkippgribl.ac.id/
Sianipar, V. M. B. (2018). Pembelajaran Literasi Informasi Terhadap Menulis Karangan Argumentasi. Prosisding Seminar Literasi Sastra Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 1(1), 128–135.
Simanjuntak, H. (2024). Pembelajaran yang menyenangkan : Vol. x,192 hlm,14,8x 21cm (Sisi febria agami, Ed.). Tim YPCM.
Solung, R. S., & Paat, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan SCIENING: Science Learning Journal. SCIENING: Science Learning Journal, 2(2), 106–113.
Sugiyono. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF,KUALITATIF DAN R&D (19th ed.). AlFABETA.
.
Umayah, I., Annisa, P. B., & Fauziya, D. S. (2019). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR
SHARE DI KELAS X. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia, 2.
Wahyuni, S., Harfiandi, & Kustina, R. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMAS T
BUSTANUL ARIFIN GAYO LUES. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1).
Wijaya, H. (2021). Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter (Hengki wijaya, Ed.). https://doi.org/10.31219/osf.io/xn4dw
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten