PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITAPADA SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.135Keywords:
Model Pembelajaran Mastery Learning, Teks Berita, Keterampilan MenulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas XI SMA Markus Medan Tahun Ajaran 2024/2025.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Markus Medan Tahun Ajaran 2024/2025 berjumlah 140 orang yang terbagi empat kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS – 1 sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Samping insidental. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk pretest dan posttest Penggunaan model pembelajaran mastery learning, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 55,28 dengan simpangan baku 10,02 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 72,15 dengan simpangan baku 96,68 Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, thitung > ttabel (8,10 >1,672), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas XI SMA Markus Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.
Downloads
References
Apriatun, N., Muniarty, P., Ilmu, T., & Bima, E. (2024). Pengaruh Perputaran Kas Terhadap Kualitas Laba Pada Pt. Mustika Ratu Tbk. 6(3), 26–38.
Arifin, N., Jihan, J., Edy Nurtamam, M., Cendrawati Ramli, A., Wonmaly, W., & Pabisangan Tahirs, J. (2023). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences Pada Perguruan Tinggi. Journal On Education, 6(1), 3500–3511. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.3420
Darmawan, D. (2020). Pengaruh Teknik Three-Step Interview Terhadap Kemampan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas Vii Mts Miftahul Falah. Universitas Negeri Jakarta. Http://Repository.Unj.Ac.Id/Id/Eprint/5288
Disi Triamanda, V., & Hafrison, H. (2023). Kontribusi Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7029–7038. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V7i2.7329
Enia Listikal, & Andria Catri Tamsin. (2023). Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 17 Kerinci. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 01–10. Https://Doi.Org/10.55606/Lencana.V1i2.1397
Fauzia, F. I., Salamah, I. S., Zulfikar, M. F., & Hakim, R. T. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Dan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sd. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1370–1384.
Inggriyani, F., & Anisa Pebrianti, N. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 7(01), 1–22. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V7i01.175
Irsyad, A. M., & Anggraini, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Pariaman. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 114–121.
Jihan, A., Fahri, M., & Kasman, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas Ii Sdi Modern El-Cordova. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 7221–7228. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i6.9485
Kasanova, R. (2021). Pengembangan Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sdn Gladak Anyar Iv. Journal On Education, 3(4), 320–328.
Liandes, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Step Interview Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Kelas Viii Mts Negeri 4 Tabalong.
Maskurin, M. L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Three Step Interview Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Pokok Bahasan Kehidupan Awal Manusia Indonesia Di Kelas X Ips 2 Sma Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Siliwangi.
Maula, Alfida Ilma, Cindy Rizky Rati, Sandi Nirwana, Sinta Imatul Jannah, F. A. (2024). Pembelajaran Teks Berita (Number March).
Muhammad, M. (2018). Pengaruh Metode Three Step Interview Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V Sd Inpres Pannampu Ii Kota Makassar. Universitas Bosowa.
Muttaqin, A., Yoesoef, A., & Abdullah, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Teknik Three Step Interview Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sigli Tahun Ajaran 2017/2018. Jim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 3(2).
Nurfauzan, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Teknik Three Step Interview Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas Xi Sman 1 Pangkalan Kerinci. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(2), 245–259. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i2.4035
Oktamia Anggraini Putri. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.
Putra, N. S. (2019). Kebebasan Bereskpresi Di Media Sosial Ditinjau Dari Right Of Integrity Dalam Hak Moral Pencipta (Studi Komparasi Perancis, Amerika, Jerman). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Putri Ayulia Putri, N., Nurdin, B., & Melia, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Three Step Interview Dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas X Sman 3 Solok Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6609–6616. Https://Doi.Org/Https://Mail.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1828
Putri, L. M., & Ramadhan, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13–30. Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V5i1.316
Rosanti, S., Hamdani, N. A., & Maskur, M. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif Ispring Suite 8 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Menulis Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasan Offering Help Di Sekolah Menengah Atas. Teknologi Pembelajaran, 5(1).
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpbs.V11i4.42052
Siagian, B. A., Ganda, H. Y., Pakpahan, Y. K., & Manurung, W. O. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Digital Di Sma N 1 Sei Bamban. Journal Of Social Responsibility By Higher Education Forum, 3(3), 242–246. Https://Doi.Org/10.47065/Jrespro.V3i3.3286
Siagian, S. D. N., Siregar, L. M., & Saputra, R. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Iv Sd Negeri 0117 Sibuhuan. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(4), 63–75.
Silalahi, N. R., Sitohang, T., & Siagian, B. A. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Di Kelas Vii Smp Hkbp Sidorame Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 6(2), 155–161. Https://Doi.Org/10.33503/Alfabeta.V6i2.3729
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.
Usmadi, U., Hasanah, H., & Ergusni, E. (2020). The Impact Of The Implementation Three-Step Interview Cooperative Learning Model In Mathematics Learning Toward The Learners’ Activities And Outcomes. Malikussaleh Journal Of Mathematics Learning, 3(1), 8–12.
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V10i2.4399
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten