PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI

Authors

  • Sonya Indah Nababan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Harlen Simanjuntak Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Renita Br Saragih Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v2i2.1120

Keywords:

Media Pembelajaran, Aplikasi Lectora Inspire, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning berbasis aplikasi lectora inspire terhadap keterampilan teks berita siswa kelas XI di smk negeri 2 medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Two Group Only Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025 yang berjumlah 210 siswa siswi didistribusikan menjadi 7 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster sampling Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Sesuai dengan metode kunatitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung. Perhitungan hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji uji "t" pada taraf signifikan a = 0,05. Dari data perhitungan thitung 6,51 dan tabel 1,672. Hasil pemerolehan H_0(hipotesis nol) di tolak dan Ha diterima, sehingga akan dinyatakan bahwa pengaruh media pembelajaran e-learning berbasis aplikasi lectora inspire tehadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sonya Indah Nababan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Harlen Simanjuntak, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Renita Br Saragih, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Algiovan, N. (2022). Need Analysis On Assessment Based E-Learning Platform In Reading Class For Vocational Students At East Lampung. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–20. Http://Repository.Iainpalu.Ac.Id/Id/Eprint/1418

Alhabeeb, A., & Rowley, J. (2018). E-Learning Critical Success Factors: Comparing Perspectives From Academic Staff And Students. Computers & Education, 127, 1–12. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2018.08.007

Amtu, O., Makulua, K., Matital, J., & Pattiruhu, C. M. (2020). Improving Student Learning Outcomes Through School Culture, Work Motivation And Teacher Performance. International Journal Of Instruction, 13(4), 885–902. Http://Www.E-Iji.Net

Andhini, D. P., Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. (2023). Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self-Concept Siswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 879–891. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V4i2.352

Budiyanti, F., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Diskusi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (Kibasp), 7(1), 154–166. Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V7i1.6875

Buntoro, G. A., Ariyadi, D., & Astuti, I. P. (2018). Pemanfaatan E-Learning Quipper School Oleh Guru Dan Siswa Untuk Optimalisasi Pembelajaran Di Man 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal Of Community Engagement), 1(2), 157–167. Http://Jurnal.Ugm.Ac.Id/Jpkm/Article/View/27404

Clark, A. E., Nong, H., Zhu, H., & Zhu, R. (2021). Compensating For Academic Loss: Online Learning And Student Performance During The Covid-19 Pandemic. China Economic Review, 68, 101629. Https://Doi.Org/10.1016/J.Chieco.2021.101629

Dela Arwanda, D. A., Prana Dwija Iswara, & Isrok’atun. (2023). Pengembangan E-Book Fabel Nusantara Untuk Meningkatkan Kecepatan Membaca Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2145–2153. Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V6i4.7380

Diwangkoro, E., & Soenarto. (2020). Development Of Teaching Factory Learning Models In Vocational Schools. Journal Of Physics: Conference Series, 1456(1), 012046. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1456/1/012046

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46576/Wdw.V0i56.4

Fajriati, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Berbasis Self-Directed Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Fase E Di Sman 1 Ngraho. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Https://Repository.Unugiri.Ac.Id:8443/Id/Eprint/6442

Fauziyah, L., & Haryanto, M. (2024). Reaktualisasi Pembelajaran Menulis Naskah Drama Pada Generasi Z Dengan Metode Discovery Learning Berbasis Artificial Intelligence (Chat Gpt). Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 143–157. Https://Doi.Org/10.60132/Jip.V2i3.309

Fayanto, S.-, Kawuri, M. Y. R. T., Jufriansyah, A., Setiamukti, D. D., & Sulisworo, D. (2019). Implementation E-Learning Based Moodle On Physics Learning In Senior High School. Indonesian Journal Of Science And Education, 3(2), 93. Https://Doi.Org/10.31002/Ijose.V3i2.1178

Firly Adibha, Srinandya Harum Caryarini, Muhammad Khairul Luthfi, Azzira Rachmadani Arfianti, & Pia Khoirotun Nisa. (2024). Konglomerasi Media (Koran Kompas) Ke Berita Digital Terhadap Masyarakat. Jurnal Ilmiah Research And Development Student, 2(2), 103–116. Https://Doi.Org/10.59024/Jis.V2i2.757

Hajerina, H. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smpn 18 Sigi Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 113–122. Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V5i2.270

Harfoushi, O. (2017). Influence Of Cloud Based Mobile Learning Applications On User Experiences: A Review Study In The Context Of Jordan. International Journal Of Interactive Mobile Technologies (Ijim), 11(4), 202. Https://Doi.Org/10.3991/Ijim.V11i4.6938

Hastini, S., & Cholil, W. (2021). Analisa Komponen Itsm Pada E-Learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan Itil V.3. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 79. Https://Doi.Org/10.33365/Jtk.V15i1.955

Herrmann‐Abell, C. F., & Deboer, G. E. (2018). Investigating A Learning Progression For Energy Ideas From Upper Elementary Through High School. Journal Of Research In Science Teaching, 55(1), 68–93. Https://Doi.Org/10.1002/Tea.21411

Karim, R. A., Adnan, A. H. M., Salim, M. S. A. M., Kamarudin, S., & Zaidi, A. (2020). Education Innovations Through Mobile Learning Technologies For The Industry 4.0 Readiness Of Tertiary Students In Malaysia. Iop Conference Series: Materials Science And Engineering, 917(1), 012022. Https://Doi.Org/10.1088/1757-899x/917/1/012022

Kovács, E., Krekić, V. P., & Ivanović, J. (2020). Students’ Standpoints About The Significance Of Cooperative Learning In Maths Teaching In Lower Primary School Grades. Croatian Journal Of Education, 22(2), 331–356. Https://Doi.Org/10.15516/Cje.V22i2.3286

Nadziroh, F. (2017). The Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Journal Of Computer Science And Visual Communication Design, 2(1), 1–14.

Nasution, A. I., Rohani, & Tristiana, D. W. (2021). Modification Of The Model Problem Solving Learning With The Approach Of Offline In Class X Private Smk Az Zahra Sonomartani. International Journal Of Humanities Education And Social Sciences (Ijhess), 1(2). Https://Doi.Org/10.55227/Ijhess.V1i2.40

Novera, N., Soewarno, S., Wahyuni, A., & Maidiyah, E. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Luring Dan Whatsapp Dengan Menggunakan Luring Dan E-Learning Pada Mata Kuliah Kajian Fisika Sekolah I. Jurnal Serambi Akademica, 9(6), 911–918. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32672/Jsa.V9i6.3092

Nurhartina, A., & Torobi, I. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Pgri Serui. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V3i1.667

Patra, I., Hashim Alghazali, T. A., Sokolova, E. G., Prasad, K. D. V, Pallathadka, H., Hussein, R. A., Shanan, A. J., & Ghaneiarani, S. (2022). Scrutinizing The Effects Of E-Learning On Enhancing Efl Learners’ Reading Comprehension And Reading Motivation. Education Research International, 2022, 1–11. Https://Doi.Org/10.1155/2022/4481453

Putri, K. E., & Damayanti, S. (2019). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa 2 Di Era Disruption. Semdikjar Iii. Http://Ojs.Semdikjar.Fkip.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Semdikjar/Article/View/58/57

Saraswati, D. L., Sari, T. A., Kameswari, D., Solihatun, S., Sirait, E. D., Apriyani, D. D., Alfi, Z. R., Nazelliana, D., Ardy, V., & Rahmawati, N. D. (2021). The Influence Of Think-Pair-Share (Tps) Cooperative Learning Methods On The Results Of Studying Physics Assessed From Student Attention. Journal Of Physics: Conference Series, 1816(1), 12075. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1816/1/012075

Sianturi, S. R., & Lisum, K. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2), 122–130.

Sitepu, I. D., Nasution, M. F. A., & Ibrahim, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Senam Dasar Model Hybrid Learning Berbasis Kkni. Jurnal Prestasi, 3(5), 56. Https://Doi.Org/10.24114/Jp.V3i5.13450

Sitohang, T., Saragih, E. L. L., & Gaol, L. T. L. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environment) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 4 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(4), 329–336.

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.629

Suharmi, S., & Aviani, D. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (Mude), 1(3), 419–424. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37676/Mude.V1i3.2677

Sylvi Tri Andani, & Dewi Anggraini. (2023). Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp. Pustaka: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 48–58. Https://Doi.Org/10.56910/Pustaka.V3i2.467

Tinungki, G. M., & Nurwahyu, B. (2020). The Implementation Of Google Classroom As The E-Learning Platform For Teaching Non-Parametric Statistics During Covid-19 Pandemic In Indonesia. International Journal Of Advanced Science And Technology, 29(4), 5793–5803.

Utomo, A. P., Hasanah, L., Hariyadi, S., Narulita, E., & Umamah, N. (2020). The Effectiveness Of Steam-Based Biotechnology Module Equipped With Flash Animation For Biology Learning In High School. International Journal Of Instruction, 13(2), 463–476. Http://Www.E-Iji.Net

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jktp: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13–18.

Published

2025-06-24

How to Cite

Nababan, S. I., Simanjuntak, H., & Saragih, R. B. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2). https://doi.org/10.56667/de_journal.v2i2.1120

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.