EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII

Authors

  • Jesika Jelita Putri Br Simarmata Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Adi Suarman Situmorang Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Agusmanto Hutauruk Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.242

Keywords:

Efektivitas Problem Based Learning,, Kemampuan Numerasi, Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa dalam menyelesaikan soalmateri persamaan kuadrat di kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan, yang terbagi menjadi lima kelas. Dari populasi tersebut, kelas VIII-6 yang terdiri dari 34 siswa dan kelas VIII-7 yang berjumlah 32 siswa dipilih sebagai sampel, dengan asumsi bahwa kedua kelompok mempunyai kemampuan kognitif yang serupa. Kelas VIII-6 menjadi kelompok eksperimen, sedangkan kelas VIII-7 sebagai kelompok kontrol. Alat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan observasi. Hasil rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0,63 untuk kelas eksperimen dan 0,61 untuk kelas kontrol, yang menandakan model problem based learning lebih efektif. Hasil analisis dari indikator kualitas pembelajaran terkait kemampuan numerasi matematika memberikan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,005 pada tingkat signifikansi 5%, yang menunjukkan terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran biasa, sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning lebih unggul. Berdasarkan lembar observasi mengenai kesesuaian tingkat pembelajaran, diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,1, yang menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran sudah tergolong baik, dengan pencapaian waktu ideal adalah 4,75, yang juga menunjukkan baik. Melihat dari aspek kualitas pembelajaran dan lembar observasi, model problem based learning ternyata efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat di kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jesika Jelita Putri Br Simarmata, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Adi Suarman Situmorang, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Agusmanto Hutauruk, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Abdulrozzak, R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. Http://Repository.Upi.Edu/Id/Eprint/20722

Akbar, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sma Negeri 1 Batukliang Utara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V5i1.1386

Almulla, M. A. (2019). The Efficacy Of Employing Problem-Based Learning (Pbl) Approach As A Method Of Facilitating Students’ Achievement. Ieee Access, 7, 146480–146494.

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas Ix Smpit Khairunnas. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 70–74. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V6n2.P70-74

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Pendidikan Matematika, 5(1656–6540), 12–13.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V11i1.23601

Festiawan, R., Hooi, L. B., Widiawati, P., Yoda, I. K., S, A., Antoni, M. S., & Nugroho, A. I. (2021). The Problem-Based Learning: How The Effect On Student Critical Thinking Ability And Learning Motivation In Covid-19 Pandemic? Journal Sport Area, 6(2), 231–243. Https://Doi.Org/10.25299/Sportarea.2021.Vol6(2).6393

Flamboyant, F. U., Murdani, E., & Soeharto, S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Sma Negeri Di Kota Singkawang Pada Materi Hukum Archimedes. Variabel, 1(2), 51. Https://Doi.Org/10.26737/Var.V1i2.810

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.352.10

Ismiyati, T. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 1(2), 10–18. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47239/Jgdd.V1i2.74

Krismayanti, W., & Mansurdin, M. (2020). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(7), 102–110.

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i2.499

Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31851/Indiktika.V4i2.7903

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.244

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i1.323

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115–127.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect Of Problem Based Learning (Pbl) Models On Motivation And Learning Outcomes In Learning Civic Education. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V9i3.21565

Putri, J. E., & Zainil, M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sdn 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Journal Of Basic Education Studies, 4(1), 3115–3125.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Raharjo, H., Khairudin, M., & Baser, J. A. (2018). The Influence Of Problem-Based Learning And Direct Teaching On Students’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 62–71. Https://Doi.Org/10.21831/Jptk.V24i1.18015

Royantoro, F., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik. Http://Repository.Unipa.Ac.Id:8080/Xmlui/Handle/123456789/820

Safitri, R., Hadi, S., & Widiasih, W. (2023). Effect Of The Problem Based Learning Model On The Students Motivation And Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 9(9), 7310–7316. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V9i9.4772

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway Xvi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).

Santika, I. W. D., Parwati, N. N., & Divayana, D. G. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Sma. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 105–117. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jtpi.V10i2.3397

Sudirman, S., Yunita, I., Senjaya, A. J., Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66–74. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32938/Jpm.V2i1.556

Tambunan, L., Rusdi, R., & Miarsyah, M. (2018). Efectiveness Of Problem Based Learning Models By Using E-Learning And Learning Motivation Toward Students Learning Outcomes On Subject Circullation Systems. Indonesian Journal Of Science And Education, 2(1), 35–43.

Wahyuni, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Dalam Pembelajaran Tematik. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 73–82. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35724/Magistra.V7i2.2981

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i3.P445-452

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i1.341

Published

2024-10-23

How to Cite

Br Simarmata, J. J. P., Situmorang, A. S. ., & Hutauruk, A. . (2024). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 315–323. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.242

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.