PENGARUH PENDEKATAN QUESTION FORMULATION TECHNIQUE (QFT) DAN KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA

Authors

  • Zalpah Zalpah Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia
  • Ishaq Nuriadin Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia
  • Irdalisa Irdalisa Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1007

Keywords:

Question Formulation Technique (QFT) , Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Literasi Sains

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak pendekatan pengajaran dan tingkat literasi terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada peserta didik. Sejumlah 44 peserta didik dibagi ke dalam kelompok eksperimen yang menerapkan pendekatan Question Formulation Technique (QFT) dan kelompok kontrol dengan pendekatan ekspositori. Melalui analisis varian (ANOVA), penelitian ini mengevaluasi tiga hipotesis utama. Hasil untuk Hipotesis 1 tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dalam peningkatan HOTS (Sig. = .068). Hipotesis 2 mengungkapkan bahwa peserta didik dengan literasi tinggi memiliki skor HOTS yang signifikan lebih tinggi daripada mereka yang memiliki literasi rendah (Sig. = .002). Sementara itu, Hipotesis 3 tidak menemukan bukti interaksi yang signifikan antara metode pengajaran dan tingkat literasi (Sig. = .209). Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi memegang peranan penting dalam pengembangan HOTS, sedangkan pilihan pendekatan pengajaran tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini menyarankan pendidikan literasi yang kuat sebagai kunci untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, tanpa ketergantungan yang signifikan pada pendekatan pengajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh Question Formulation Technique (QFT) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran tematik Mata Pelajaran IPA kelas V, 2) terdapat pengaruh kemampuan literasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi  peserta didik pada pembelajaran tematik Mata Pelajaran IPA kelas V, 3) tidak terdapat interaksi pengaruh antara pendekatan Question Formulation Technique (QFT) dan literasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran tematik Mata Pelajaran IPA kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zalpah Zalpah, Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Ishaq Nuriadin, Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Irdalisa Irdalisa, Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

References

Clark, S., Harbaugh, A. G., & Seider, S. (2019). Fostering Adolescent Curiosity Through A Question Brainstorming Intervention. Journal Of Adolescence, 75(1), 98–112. Https://Doi.Org/10.1016/J.Adolescence.2019.07.007

Cummings, K. M. (2020). A Mixed-Method Case Study Of The Effects Of Question Formulation Technique On Classroom Engagement In A Secondary Earth Science Classroom And Teachers’perceptions Of This Shift. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37134/Jpsmm.Vol11.1.10.2021

Dah, N. M., & Noor, M. S. A. M. (2021). The Development Of An Investigable Questions Formulation Technique (Iqft) In Open Inquiry Learning: Pembangunan Investigable Questions Formulation Technique (Iqft) Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik Malaysia, 11(1), 103–120.

Dera, J., Borgaonkar, A. D., Scharf, D., & Sodhi, J. (2020). Promoting Engineering Research Early–A Case Study Of Research Question Formulation In A First-Year Engineering Course. 2020 Asee Virtual Annual Conference Content Access. Https://Peer.Asee.Org/35103

Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Fisika Di Sma. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 79. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V7i1.4436

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11.

Hamzah, H., Hamzah, M. I., & Zulkifli, H. (2022). Systematic Literature Review On The Elements Of Metacognition-Based Higher Order Thinking Skills (Hots) Teaching And Learning Modules. Sustainability, 14(2), 813. Https://Doi.Org/10.3390/Su14020813

Hanafi, M., Syamsuri, S., & Mutaqin, A. (2022). Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Matematika Berdasarkan Brookhart Konteks Motif Batik Pandegelang Pada Siswa Mts. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 43. Https://Doi.Org/10.33394/Mpm.V10i1.5207

Hanifah, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (Hots) Di Sekolah Dasar. Current Research In Education: Conference Series Journal, 1(1), 5.

Humaira, M. A. (2021). Perceptions Of Student Teachers On Collaborative Relationships Between University And Inclusive Elementary Schools : A Case Study In Indonesia. October. Https://Doi.Org/10.26803/Ijlter.20.10.15

I.W. Puwardana, Sariyasa, & I.N. Suastika. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Pada Materi Pengolahan Data Dalam Kehidupan Sehari-Hari Untuk Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 147–156. Https://Doi.Org/10.23887/Jpepi.V11i2.625

Irdalisa, I., Amirullah, G., & Dirza, A. F. (2022). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Steam Bagi Guru Ipa. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1393–1401.

Irdalisa, I., Elvianasti, M., Maesaroh, M., Yarza, H. N., & Fuadi, T. M. (2021). Improving Student’s Curiosity By Ict-Assisted Guided Inquiry Models. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 156–163. Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V13i1.402

Irdalisa, I., Hanum, E., Zulherman, Z., & Nurhayati, E. (2023). Development Of An Ethnoscience-Based Digital Comic" Tari Saman" For Human Movement System Material. International Journal Of Humanities Education And Social Sciences, 3(3). Https://Doi.Org/Phuja Tawilla Septina

Lestari, S. A. P. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Himpunan Kelas Vii Smp. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 111. Https://Doi.Org/10.30998/Jkpm.V4i2.3862

Marlina, T., & Khoiriyah, Z. (2022). Peran Guru Pada Pembelajaran Literasi Di Sekolah Dasar Untuk Merealisasikan Program Merdeka Belajar. Bina Gogik, 9(2), 160–166.

Masitoh, L. F., & Aedi, W. G. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) Matematika Di Smp Kelas Vii. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 886–897. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i2.328

Miharja, F. J. (2016). Literasi Islam Dan Literasi Sains Sebagai Penjamin Mutu Kualitas Manusia Indonesia Di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2016, 1010–1018.

Muhamad Dah, N., & Mat Noor, M. S. A. (2021). Facilitating Pupils’ Questioning Skills In Open Inquiry Learning Through An Investigable Question Formulation Technique (Iqft). Journal Of Mathematics And Science Teacher, 1(2), Em0005. Https://Scholar.Stjohns.Edu/Theses_Dissertations/112

Muttaqin, M. F., & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Keterampilan 4c Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Mi/Sd, 2(1), 43–54. Https://Doi.Org/10.35878/Guru.V2i1.342

Nisa, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengembangan Instrument Penilaian Hots Berbantuan Quizizz Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2146–2159. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i5.756

Nurinsani, C., Herdiawan, R. D., & Rofi’i, A. (2022). Depicting Appraisal Systems On Descriptive Texts From The 12th Grade Of The English Textbook. Sitasi Ilmiah, 1(1), 1–12.

Oktaviandany, D. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hots (Higher Order Thinking Skill) Siswa Sma. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3).

Rachmadtullah, R., & Syofyan, H. (2020). The Role Of Civic Education Teachers In Implementing Multicultural Education In Elementary School Students. 8(2), 540–546. Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2020.080225

Reyes, J. E. (2023). The Question Formulation Technique As A Tool For Making Sense Of Literary And Informational Texts. University Of Massachusetts Lowell.

Rusudianto, A. R., Susanta, A. S., & Muktadir, A. M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking (Hot) Pelajaran Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 1–19. Https://Doi.Org/10.33369/Dikdas.V3i1.12110

Siagian, Q. A., & Sagala, P. N. (2021). Development Of Test Instruments To Measure High Order Thinking Skill (Hots) Mathematics Of Students In Mts 2 State Of Medan City. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 154–174. Https://Doi.Org/10.31943/Mathline.V6i2.222

Ujang Suparman. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Peserta Didik.

Published

2025-04-28

How to Cite

Zalpah, Z., Nuriadin, I., & Irdalisa, I. (2025). PENGARUH PENDEKATAN QUESTION FORMULATION TECHNIQUE (QFT) DAN KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 459–469. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1007

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.