PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1007Keywords:
Discovery Learning, Kemampuan Representasi Matematis, Self-efficacyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan representasi matematis dan self-efficacy peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan post-test only control group design dengan sampel penelitian dua kelas menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berjumlah 64 siswa, dengan teknik random sampling. Kelas eksperimen diajarkan dengan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensial. Instrumen yang digunakan tes kemampuan representasi matematis dan angket self-efficacy. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai signifikansi (Sig.2-tailed) self-efficacy peserta didik sebesar 0,004 < 0,05 pada taraf signifikan 5 % yang menunjukkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan representasi matematis pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel di kelas X. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan representasi matematis sebesar 0,739 dan self-efficacy peserta didik sebesar 0,723.
Downloads
References
Afriyani, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Kognitif Siswa Sman 1 Koto Xi Tarusan. Ta’dib, 21(2), 99. Https://Doi.Org/10.31958/Jt.V21i2.1048
Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Self Efficacy Peserta Didik: Dampak Pjbl-Stem Pada Materi Ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 7(2), 158–170. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V7i2.42441
Andaru, R. (2019). Pengaruh Kohesivitas Kelompok, Self Efficacy Dan Jenis Kelamin Terhadap Social Loafing Pada Mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Atika, D., Nuswowati, M., & Nurhayati, S. (2018). Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jipk.V12i2.15474
Choi, S., & Lee, S. W. (2020). Enhancing Teacher Self-Efficacy In Multicultural Classrooms And School Climate: The Role Of Professional Development In Multicultural Education In The United States And South Korea. Aera Open, 6(4), 233285842097357. Https://Doi.Org/10.1177/2332858420973574
Emy Sohilait. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Riemann Research Of Mathematics And Mathematics Education, 3(1), 35–41.
Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 1. Https://Doi.Org/10.36841/Pgsdunars.V7i2.478
Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1907–1914. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.894
Ismayilova, K., & M.Klassen, R. (2019). Research And Teaching Self-Efficacy Of University Faculty: Relations With Job Satisfaction. International Journal Of Educational Research, 98, 55–66. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijer.2019.08.012
Khoiroh, S. U., Waqfin, M. S. I., & Rohmah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih Kelas Vii Mts Rahmat Said Bongkot. Joems (Journal Of Education And Management Studies), 3(3), 43–48.
Laila, R. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Literasi Sains Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(2). Https://Doi.Org/10.24036/Jppf.V6i2.108662
Li, S., & Zheng, J. (2018). The Relationship Between Self-Efficacy And Self-Regulated Learning In One-To-One Computing Environment: The Mediated Role Of Task Values. The Asia-Pacific Educ. Res., 27(6), 455–463. Https://Doi.Org/10.1007/S40299-018-0405-2
Mugiyatun, & Khafid, M. (2020). Pengaruh Prakerin, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Lingkungan Keluarga Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 100–118. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V9i1.37233
Nawir, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Kinemaster Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ips. Cendekiawan, 4(2), 154–164.
Ningrum, H. U., Mulyono, Isnarto, & Wardono. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika Dan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Sma. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 679–686.
Nofiana, M. (2020). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap High Order Thinking Skills Siswa Kelas Xi. Bio Educatio : (The Journal Of Science And Biology Education), 5(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.31949/Be.V5i1.1595
Oktaviani, R. (2021). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Ketelitian Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 73–85. Https://Doi.Org/10.32585/Edudikara.V6i2.236
Pertiwi, P. P., & Raihana, P. A. (2023). Hubungan Self Efficacy Dan Mindset Dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/Id/Eprint/114164
Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 130–134. Https://Doi.Org/10.29303/Jpm.V15i2.1544
Siddiq, F. H., & Suhana. (2023). Pengaruh Computer Self-Efficacy Terhadap Burnout Pada Dosen Kota Bandung Di Era Pandemi. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1), 227–234. Https://Doi.Org/10.29313/Bcsps.V3i1.5226
Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.629
Subekti, M. A. S., & Prahmana, R. C. I. (2021). Developing Interactive Electronic Student Worksheets Through Discovery Learning And Critical Thinking Skills During Pandemic Era. Mathematics Teaching Research Journal, 13(2), 137–176.
Widyatnyana, K. N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Teks Cerpen Dengan Menggunakan Media Canva For Education. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 229–236. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Bahasa.V10i2.695
Zhao, H., Zhang, M., Li, Y., & Wang, Z. (2023). The Effect Of Growth Mindset On Adolescents’ Meaning In Life: The Roles Of Self-Efficacy And Gratitude. Psychology Research And Behavior Management, 16, 4647–4664. Https://Doi.Org/10.2147/Prbm.S428397
Zulnaidi, H., Heleni, S., & Syafri, M. (2021). Effects Of Sscs Teaching Model On Students’ Mathematical Problemsolving Ability And Self-Efficacy. International Journal Of Instruction, 14(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten