ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Authors

  • Ispiyanti Sembiring Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Sanggam P Gultom Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Golda Novatrasio Sauduran Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.908

Keywords:

Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 1 Gunung Sitember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 25 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes uraian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kategori tinggi sebanyak 6 peserta didik atau 24%, pada kategori sedang sebanyak 13 peserta didik atau 52%, dan pada kategori rendah sebanyak 6 peserta didik atau 24%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 1 Gunung Sitember termasuk kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ispiyanti Sembiring, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Sanggam P Gultom, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Golda Novatrasio Sauduran, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

References

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.

Anggelina, M., Rosyidah, U., Setyawati, A., Nahdlatul, U., & Lampung, U. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Pekalongan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 89–95.

Bastomi, M. (2023). Analisis Metode Economic Order Quantity, Safety Stock, Reorder Point, dan Cost of Inventory dalam Mengoptimalkan Manajemen Persediaan Umkm Bakso Pedas. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(1), 29–44. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/modern.v2i1.2750

Fajriyah, K., & Agustini, F. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 5(1).

Fitrianingsih, I., & Budiman, I. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 327. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.p327-334

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53–64.

Gultom, S. P. (2017). Analisis Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematik Antara Siswa yang Diberi Pembelajaran Open-Ended Dengan Pembelajaran Konvensional. JURNAL Suluh Pendidikan FKIP-UHN, September, 100–111.

Hidayah, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. 1(2). https://doi.org/10.38114/riemann.v3i2.149

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi Covid-19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161.

Juansah, D. E., Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2345. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5213

Kalengkongan, L. N., Regar, V. E., & Mangelep, N. O. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear Berdasarkan Prosedur Newman. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 2(2), 31–38.

Karunia Eka Lestari, M. R. Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika.

Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang sisi lengkung menggunakan prosedur newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 125–138.

Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(1), 36–43. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.30000

OECD. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations Andreaas Schleicher. 1–63.

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar SE- Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 5(1), 71–76. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1107

Raeda Abjad, Nurma Angotasan, I. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.16-23

Ramadanti Jaelani, Risma ; Hidayanti, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 44–58.

Situmorang, A. S., & Pangaribuan, L. R. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Uhn. JURNAL Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 33–45.

Sumantika, A., Sirait, G., Susanti, E., & Tarigan, E. P. L. (2023). Determination of Economic Value using the EOQ and ROP Approaches in the Raw Material Control System. Formosa Journal of Applied Sciences, 2(6), 1051–1064. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/fjas.v2i6.4323

Suraji, Maimunah, S. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). 1–42.

Vitaloka, W. P., Habibi, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial berdasarkan prosedur Newman. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Wahyuddin, W., & Nurcahaya, N. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here (Eth) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Takalar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 72–105. https://doi.org/10.22373/jppm.v2i1.4500

Published

2025-04-28

How to Cite

Sembiring, I., Gultom, S. P., & Sauduran, G. N. . (2025). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 719–726. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.908

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.