ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTATIF MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Authors

  • Golda Novatrasio Siregar Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia
  • Adi Suarman Situmorang Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia
  • Dame Ifa Sihombing Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.902

Keywords:

Analisis Model Pembelajaran PBL, Kemampuan Representatif, Pendidikan Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan representatif mahasiswa di prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang mengikuti mata kuliah media pembelajaran matemtika yang terdisi dari 2 kelas. Dengan teknik random sampling akan dipilah satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Besarnya peningkatan akan dilihat dengan menggunakan anova dan dilanjut dengan uji scheffe untuk melihat perbandingan yang tidak direncanakan rata-rata kelompok setiap kelas dalam analisis variannya. Hasil perhitungan normalitas dan homogenitas menunjukkan nilai signifikan data > 0,05 yang artnya seluruh data berdistribusi normal dan varians seluruh data seluruh kelas adalah homogen atau sama. Hasil perhitungan N-Gain terlihat bahwa kualitas peningkatan kemampuan representatif siswa kelas eksperimen sebesar 0, 33 dan kelas kontrol sebesar 0, 30 yang artinya bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan representatif mahasiswa yang mengikuti mata kuliah matematika ekonomi dan bisnis. Selanjutnya hasil Anova menunjukkan adanya peningkatan kemampuan representatif mahasiswa yang memperoleh pembelajaran model PBL lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajara konvensional dan hasil uji Scheffe menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representatif matematis mahasiswa secara keseluruhan lebih banyak dipengaruhi oleh perlakuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Golda Novatrasio Siregar, Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Adi Suarman Situmorang, Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Dame Ifa Sihombing, Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Abstract viewed = 98 times

References

Akhmad, M. A., Mustari, M., Putra, Moh. A., Arif, T. A., Fadollah, I., & Sila, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 341–355. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1462

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Dede Anggiana, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 886–894. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061

Kartini, I., Pohan, L. R., Lubis, P. A. A., & Toruan, S. M. L. (2023). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 256–263. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.819

Kusgiarohmah, P. A., Sudirman, S., & Rahardjo, S. (2022). Kemampuan Representasi Simbolik Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 560–571. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1135

Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613–6619. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Nurkomaria, V., Lusiana, L., & Zainab, Z. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.8730

Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Smk Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 14–23. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.685

Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Prasetyo, A., Siswanto, J., & Numareta, F. Y. (2024). Keefektifan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas 2 Sd Negeri Bugangan 03 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(20).

Priyono, S., & Hermanto, R. (2015). Peningkatan kemampuan representasi matematik peserta didik dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan media software Geogebra. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 55–64.

Rostandi, usep D. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah/Madrasah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 40–52.

Siregar, N. U., Pulungan, F. K., Thahara, M., Dalimunthe, N. F., Fakhri, N., Herawati, N., Rahmawati, A., & Saragih, R. M. B. (2023). Penerapan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(3), 8151–8162. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1602

Situmorang, A. S. (2020). Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Representatif Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHN. Sepren, 1(02), 1–7. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.212

Situmorang, A. S., Tambunan, H., Purba, Y. J. R., & Purba, K. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Balok di Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.P. 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8121–8127.

Sukriyatun, G., Mujahidin, E., & Tanjung, H. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Inovasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, 12, 9–10. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3935

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896

Zendrato, N., Zebua, Y., & Harefa, E. B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prinsip-Prinsip Teknik Pengukuran Tanah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 544–551. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.75

Published

2025-04-28

How to Cite

Siregar, G. N. ., Situmorang, A. S., & Sihombing, D. I. . (2025). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTATIF MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1253–1261. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.902

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)