IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.946Keywords:
Open-Ended, Reciprocal, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Salah satu permasalahan pendidikan yang menjadi prioritas adalah tentang kualitas Pendidikan. Dari berbagai masalah yang ada dilapangan, Upaya yang dapat kita lakukan adalah mengembangkan pembelajaran yang bersifat student center. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 15 Medan, banyak guru lebih menggunakan model ekspositori dan pemberian tugas secara mandiri dibandingkan dengan cara berkelompok dalam proses pembelajaran dikelas. Tugas-tugas rumah yang dibuat oleh siswa sebagian besar cenderung sama jawabannya.. Data yang diperoleh dari guru matematika yang mengajar, bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa masih tergolong rendah, ini terlihat dari perolehan nilai tes akhir semester ganjil 2023/2024 yaitu 58 % siswa yang memperoleh nilai dibawah 70. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman dan penguasaan terhadap materi sehingga hasil belajar yang diperoleh pun belum memuaskan. Oleh karena itu, guru harus memilih penerapan pembelajaran yang dapat membuat materi tersebut bermakna bagi siswa. Salah satu alternatif memilih strategi pembelajaran adalah pembelajaran reciprocal (Reciprocal Learning) berbantuan soal open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran Reciprocal Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan Reciprocal Learning dengan empat aktivitas utama yaitu bertanya, mengklarifikasi, memprediksi, dan merangkum/meninjau, dengan tahapan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan refleksi dilaksanakan dalam bebebrapa siklus. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 15 Medan di kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan tes
Downloads
References
Artiah, A., & Untarti, R. (2017). Pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas vii smp negeri 6 Purwokerto. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 3(1).
Aryana, I. M. P. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.931
Auliah, L., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9885
Br. Ginting, S. S. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP AR-RAHMAN MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN OPEN-ENDED BERBASIS BRAIN-GYM. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5442
Cahyani, D. N., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pembelajaran open-ended pada siswa SMP. INTERMATHZO, 4(2), 78–86. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/299
Craig, C. J., & Craig, C. J. (2020). Reciprocal Learning. Curriculum Making, Reciprocal Learning, and the Best-Loved Self, 83–115. https://doi.org/10.1007/978-3-030-60101-0_3
Dai, Y., Song, W., Li, Y., & Di Stefano, L. (2022). Feature disentangling and reciprocal learning with label-guided similarity for multi-label image retrieval. Neurocomputing, 511, 353–365. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.neucom.2022.09.007
Juwita, R., Utami, A. P., & Wijayanti, P. S. (2019). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.814
Komarudin, K., Monica, Y., Rinaldi, A., Rahmawati, N. D., & Mutia, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Dampak Model Open Ended dan Adversity Quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 550. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3241
Liu, Q., Chen, Y., & Cao, W. (2023). Dual-domain reciprocal learning design for few-shot image classification. Neural Computing and Applications, 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s00521-023-08255-z
Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593
Muazaroh, A. N., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 372–384. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25565
Nurdiansyah, A., Syam, R., Amaliyah, R., & Yahya, A. (2021). The Influence of Reciprocal Learning Model on Mathematics Learning Achievement of Grade X Students at SMAN 1 Tinambung. International Conference on Educational Studies in Mathematics (ICoESM 2021), 107–111. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.211211.019
Okkinga, M., van Steensel, R., van Gelderen, A. J. S., & Sleegers, P. J. C. (2018). Effects of reciprocal teaching on reading comprehension of low-achieving adolescents. The importance of specific teacher skills. Journal of Research in Reading, 41(1), 20–41. https://doi.org/10.1111/1467-9817.12082
PANGARIBUAN, L. R. (2020). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Reciprocal Teaching Dengan Bantuan Peta Konsep Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Pemecahan Matematik Siswa. Sepren, 1(02), 57–67. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.217
Peng, A., Cao, L., & Yu, B. (2020). Reciprocal learning in mathematics problem posing and problem solving: An interactive study between Canadian and Chinese elementary school students. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(12), em1913. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejmste/9130
Pradja, B. P., & Firmansyah, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 159–166.
Pratiwi, M., Siahaan, P., Chandra, D. T., Novia, H., & Suhendi, E. (2022). Introduction, connection, application, reflection, extension-multimedia based integrated instruction (ICARE-U): Impact of student’s creative thinking and communication skills on renewable energy material. AIP Conference Proceedings, 2468(1), 020039. https://doi.org/10.1063/5.0102643
Rowston, K., Bower, M., & Woodcock, S. (2021). Reciprocal causation and the effect of environmental determinants upon the technology beliefs and practice of career-change pre-service teachers. Technology, Pedagogy and Education, 30(2), 323–344. https://doi.org/10.1080/1475939X.2021.1879925
Samili, A. O., Robo, T., Ibrahim, F., Hasim, J., Ikhsan, M., & Saibi, N. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA MATERI HUBUNGAN DESA DAN PERKOTAAN KELAS VII SMP 31 HALMAHERA BARAT. Jurnal Geocivic, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/geocivic.v5i1.4867
Sari, R. (2017). Eksperimen Model Reciprocal Teaching dan Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau dari Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendidikan Matematika-FKIP.
Situmorang, A. S. (2022). Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. Sepren, 4(01), 74–80. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.811
Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.16
SYLVIA, D. (2023). PENGARUH MODEL RECIPROCAL LEARNING MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL AMALIYAH TAMORA. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara. http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2044
Telaumbanua, A. (2022). Effect of Method Reciprocal Learning, Student Learning Interest on Learning Outcomes Construction Management. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3211–3216. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.5350
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328
Wijaya, C., Budi, B., Zulkhairi, Z., Hasibuan, M., & Rosadi, E. (2021). Implementation of Education Management on Leading Class Program. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 638–645. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.416
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten