IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Lena Rosdiana Pangaribuan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Simon Maruli Panjaitan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Lolyta Damora Simbolon Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Halmaliana Lorensia br. Kembaren Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.946

Keywords:

Open-Ended, Reciprocal, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Salah satu permasalahan pendidikan yang menjadi prioritas adalah tentang kualitas Pendidikan. Dari berbagai masalah yang ada dilapangan, Upaya yang dapat kita lakukan adalah mengembangkan pembelajaran yang bersifat student center. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 15 Medan, banyak guru lebih menggunakan model ekspositori dan pemberian tugas secara mandiri dibandingkan dengan cara berkelompok dalam proses pembelajaran dikelas. Tugas-tugas rumah yang dibuat oleh siswa sebagian besar cenderung sama jawabannya.. Data yang diperoleh dari guru matematika yang mengajar, bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa masih tergolong rendah, ini terlihat dari perolehan nilai tes akhir semester ganjil 2023/2024 yaitu 58 % siswa yang memperoleh nilai dibawah 70. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman dan penguasaan terhadap materi sehingga hasil belajar yang diperoleh pun belum memuaskan. Oleh karena itu, guru harus memilih penerapan pembelajaran yang dapat membuat materi tersebut bermakna bagi siswa. Salah satu alternatif memilih strategi pembelajaran adalah pembelajaran reciprocal (Reciprocal Learning) berbantuan soal open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran Reciprocal Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan Reciprocal Learning dengan empat aktivitas utama yaitu bertanya, mengklarifikasi, memprediksi, dan merangkum/meninjau, dengan tahapan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan refleksi dilaksanakan dalam bebebrapa siklus. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 15 Medan di kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan tes

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lena Rosdiana Pangaribuan, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Simon Maruli Panjaitan, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Lolyta Damora Simbolon, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Halmaliana Lorensia br. Kembaren, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

References

Artiah, A., & Untarti, R. (2017). Pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas vii smp negeri 6 Purwokerto. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 3(1).

Aryana, I. M. P. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.931

Auliah, L., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9885

Br. Ginting, S. S. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP AR-RAHMAN MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN OPEN-ENDED BERBASIS BRAIN-GYM. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5442

Cahyani, D. N., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pembelajaran open-ended pada siswa SMP. INTERMATHZO, 4(2), 78–86. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/299

Craig, C. J., & Craig, C. J. (2020). Reciprocal Learning. Curriculum Making, Reciprocal Learning, and the Best-Loved Self, 83–115. https://doi.org/10.1007/978-3-030-60101-0_3

Dai, Y., Song, W., Li, Y., & Di Stefano, L. (2022). Feature disentangling and reciprocal learning with label-guided similarity for multi-label image retrieval. Neurocomputing, 511, 353–365. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.neucom.2022.09.007

Juwita, R., Utami, A. P., & Wijayanti, P. S. (2019). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.814

Komarudin, K., Monica, Y., Rinaldi, A., Rahmawati, N. D., & Mutia, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Dampak Model Open Ended dan Adversity Quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 550. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3241

Liu, Q., Chen, Y., & Cao, W. (2023). Dual-domain reciprocal learning design for few-shot image classification. Neural Computing and Applications, 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s00521-023-08255-z

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Muazaroh, A. N., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 372–384. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25565

Nurdiansyah, A., Syam, R., Amaliyah, R., & Yahya, A. (2021). The Influence of Reciprocal Learning Model on Mathematics Learning Achievement of Grade X Students at SMAN 1 Tinambung. International Conference on Educational Studies in Mathematics (ICoESM 2021), 107–111. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.211211.019

Okkinga, M., van Steensel, R., van Gelderen, A. J. S., & Sleegers, P. J. C. (2018). Effects of reciprocal teaching on reading comprehension of low-achieving adolescents. The importance of specific teacher skills. Journal of Research in Reading, 41(1), 20–41. https://doi.org/10.1111/1467-9817.12082

PANGARIBUAN, L. R. (2020). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Reciprocal Teaching Dengan Bantuan Peta Konsep Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Pemecahan Matematik Siswa. Sepren, 1(02), 57–67. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.217

Peng, A., Cao, L., & Yu, B. (2020). Reciprocal learning in mathematics problem posing and problem solving: An interactive study between Canadian and Chinese elementary school students. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(12), em1913. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejmste/9130

Pradja, B. P., & Firmansyah, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 159–166.

Pratiwi, M., Siahaan, P., Chandra, D. T., Novia, H., & Suhendi, E. (2022). Introduction, connection, application, reflection, extension-multimedia based integrated instruction (ICARE-U): Impact of student’s creative thinking and communication skills on renewable energy material. AIP Conference Proceedings, 2468(1), 020039. https://doi.org/10.1063/5.0102643

Rowston, K., Bower, M., & Woodcock, S. (2021). Reciprocal causation and the effect of environmental determinants upon the technology beliefs and practice of career-change pre-service teachers. Technology, Pedagogy and Education, 30(2), 323–344. https://doi.org/10.1080/1475939X.2021.1879925

Samili, A. O., Robo, T., Ibrahim, F., Hasim, J., Ikhsan, M., & Saibi, N. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA MATERI HUBUNGAN DESA DAN PERKOTAAN KELAS VII SMP 31 HALMAHERA BARAT. Jurnal Geocivic, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/geocivic.v5i1.4867

Sari, R. (2017). Eksperimen Model Reciprocal Teaching dan Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau dari Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendidikan Matematika-FKIP.

Situmorang, A. S. (2022). Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. Sepren, 4(01), 74–80. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.811

Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.16

SYLVIA, D. (2023). PENGARUH MODEL RECIPROCAL LEARNING MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL AMALIYAH TAMORA. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara. http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2044

Telaumbanua, A. (2022). Effect of Method Reciprocal Learning, Student Learning Interest on Learning Outcomes Construction Management. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3211–3216. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.5350

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328

Wijaya, C., Budi, B., Zulkhairi, Z., Hasibuan, M., & Rosadi, E. (2021). Implementation of Education Management on Leading Class Program. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 638–645. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.416

Published

2025-04-28

How to Cite

Pangaribuan, L. R. ., Panjaitan, S. M., Simbolon, L. D. ., & br. Kembaren, H. L. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 427–437. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.946

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.