PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DENGAN GEOGEBRA DALAM MENGANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA MATEMATIKA TERHADAP BARISAN CAUCHY DAN KONTRAKTIF

Authors

  • Agnes Venita Gultom Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Chintia Utami Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Hany Mory Ferbiona Br Purba Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Michael Christian Simanullang Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.948

Keywords:

Barisan Cauchy, Barisan Kontraktif, GeoGebra,, Augmented Reality, Analisis Real

Abstract

Pembelajaran konsep abstrak dalam matematika, seperti Barisan Cauchy dan Barisan Kontraktif, sering kali menjadi tantangan bagi mahasiswa karena sifatnya yang kompleks dan membutuhkan pemahaman visual yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa terhadap konsep tersebut dengan memanfaatkan Augmented Reality (AR) berbasis GeoGebra sebagai alat bantu visualisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap seorang mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Medan. Data diperoleh melalui observasi, analisis jawaban mahasiswa, serta evaluasi pemahaman sebelum dan sesudah penggunaan GeoGebra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran barisan Cauchy memberikan dampak positif terhadap pemahaman mahasiswa. Visualisasi interaktif memungkinkan mahasiswa untuk mengamati bagaimana elemen dalam barisan semakin rapat seiring bertambahnya indeks, serta memahami peran parameter dalam menentukan konvergensi barisan. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa integrasi teknologi AR dengan GeoGebra berperan signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika yang abstrak. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Analisis Real serta sebagai dasar pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agnes Venita Gultom, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia

Chintia Utami, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia

Hany Mory Ferbiona Br Purba, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia

Michael Christian Simanullang, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Indonesia

References

Andriyani, A., & Buliali, J. L. (2021). Development learning media of circle using android-based augmented reality for the deaf students. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 170–185. https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1353

Arici, F., Yildirim, P., Caliklar, Ş., & Yilmaz, R. M. (2019). Research trends in the use of augmented reality in science education: Content and bibliometric mapping analysis. Computers & Education, 142, 103647. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103647

Bursali, H., & Yilmaz, R. M. (2019). Effect of augmented reality applications on secondary school students’ reading comprehension and learning permanency. Computers in Human Behavior, 95, 126–135. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.035

Chang, S.-C., & Hwang, G.-J. (2018). Impacts of an augmented reality-based flipped learning guiding approach on students’ scientific project performance and perceptions. Computers & Education, 125, 226–239. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.06.007

Chusna, A., Setiadi, A. D., Amalia, E., & Fajaroh, F. (2021). STUDI LITERATUR PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN KIMIA: KEUNGGULAN, MANFAAT DAN APLIKASINYA. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 71–84. https://doi.org/https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/149

Crispin, A. R. (2024). Virtual/Augmented Reality: Konsep, Implementasi dan Pengujian. PUBLISH BUKU UNPRI PRESS ISBN, 1(2). https://doi.org/10.51622/pengabdian.v2i1.192

Efendi, M. Y., Lutfi, I., Utami, I. W. P., & Jati, S. S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (ARC) berbasis pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari untuk Peserta Didik Kelas X KPR 1 SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 176–187.

Guntur, M. I. S., Setyaningrum, W., Retnawati, H., & Marsigit. (2020). Can augmented reality improve problem-solving and spatial skill? Journal of Physics: Conference Series, 1581(1), 012063. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012063

Hendriyani, Y., Effendi, H., Novaliendry, D., & Effendi, H. (2019). AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(2), 63–68. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.244

Hidayat, T. (2015). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak. Creative Information Technology Journal, 2(1), 77. https://doi.org/10.24076/citec.2014v2i1.39

Hsu, H.-P., Wenting, Z., & Hughes, J. E. (2019). Developing Elementary Students’ Digital Literacy Through Augmented Reality Creation: Insights From a Longitudinal Analysis of Questionnaires, Interviews, and Projects. Journal of Educational Computing Research, 57(6), 1400–1435. https://doi.org/10.1177/0735633118794515

Kartini, K., Sudirman, S., & Lestari, W. D. (2020). PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBANTUAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY PADA SISWA EKSTROVERT DAN INTROVERT. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 139. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.2709

Lai, A., Chen, C., & Lee, G. (2019). An augmented reality-based learning approach to enhancing students’ science reading performances from the perspective of the cognitive load theory. British Journal of Educational Technology, 50(1), 232–247. https://doi.org/10.1111/bjet.12716

Lestari, A. A., Nyoto, R. D., & Sukamto, A. S. (2018). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK PENGENALAN ALAT INDRA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 6(1), 32. https://doi.org/10.26418/justin.v6i1.23740

Mourtzis, D., Siatras, V., Angelopoulos, J., & Panopoulos, N. (2020). An Augmented Reality Collaborative Product Design Cloud-Based Platform in the Context of Learning Factory. Procedia Manufacturing, 45, 546–551. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.076

Mursyidah, D. (2022). Aplikasi Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Pengenalan Bangun Ruang bagi Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 4(1), 427–433. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jtn.v4i1.2941

Muwahiddah, U., Asikin, M., & Mariani, S. (2019). Project Based Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238

Nelson, S., Darni, R., & Haris, F. (2022). Development Augmented Reality (AR) Learning Media for Pencak Silat Course at Faculty of Sports and Science Universitas Negeri Padang. Educational Administration: Theory and Practice, 28(01), 37–46.

Noviani, E., & Fajri, B. R. (2022). Rancang Bangun Media Interaktif Augmented Reality Pengenalan Gerak Dasar Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12553–12561. https://doi.org/https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3756

Nurwijaya, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 107–116. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1563

Nuryana, E., & Wintarti, A. (2022). DEVELOPMENT OF ELECTRONIC MODULE WITH AUGMENTED REALITY ON PYRAMID FOR VIII GRADE. MATHEdunesa, 11(3), 894–903. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p894-903

Pangestu, A., Susanti, E., & Setyaningrum, W. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada penalaran spasial siswa. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika, 1, 205–210. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.39

Prasetiyo, T., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.17977/um031v4i12017p037

Qomario, Q., Tohir, A., & Prastyo, C. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students’ high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(1), 69–73. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i1.106

Riani, A., Utomo, E., & Nuraini, S. (2021). Development of Local Wisdom Augmented Reality (AR) Media in Elementary Schools. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(6), 154–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i6.2735

Sara, J. A., & Danawak, Y. (2021). Kajian Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains, 3(1), 240–247. https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/200

Suciliyana, Y., & Rahman, L. O. A. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Usia Sekolah. Jurnal Surya Muda, 2(1), 39–53. https://doi.org/10.38102/jsm.v2i1.51

Sukma, L. R. G., Prayitno, S., Baidowi, B., & Amrullah, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. PALAPA, 10(2), 198–216. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.1897

Theodoropoulos, A., & Lepouras, G. (2021). Augmented Reality and programming education: A systematic review. International Journal of Child-Computer Interaction, 30, 100335. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2021.100335

Turan, Z., Meral, E., & Sahin, I. F. (2018). The impact of mobile augmented reality in geography education: achievements, cognitive loads and views of university students. Journal of Geography in Higher Education, 42(3), 427–441. https://doi.org/10.1080/03098265.2018.1455174

Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Andhita, K. (2022). Effect of Augmented Reality (AR) on Problem Solving Ability in 3D Spatial Modeling in Elementary Schools. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 1476–1480. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.369

Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(5), 190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238

Widyasari, N., & Mastura, L. I. (2020). Improving Geometry Thinking Ability through Augmented Reality Based Learning Media. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 9(1), 80. https://doi.org/10.24235/eduma.v9i1.5304

Published

2025-03-26

How to Cite

Gultom, A. V. ., Utami, C., Br Purba, H. M. F. ., & Simanullang, M. C. . (2025). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DENGAN GEOGEBRA DALAM MENGANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA MATEMATIKA TERHADAP BARISAN CAUCHY DAN KONTRAKTIF. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 726–735. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.948

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.