PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DENGAN GEOGEBRA DALAM MENGANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA MATEMATIKA TERHADAP BARISAN CAUCHY DAN KONTRAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.948Keywords:
Barisan Cauchy, Barisan Kontraktif, GeoGebra,, Augmented Reality, Analisis RealAbstract
Pembelajaran konsep abstrak dalam matematika, seperti Barisan Cauchy dan Barisan Kontraktif, sering kali menjadi tantangan bagi mahasiswa karena sifatnya yang kompleks dan membutuhkan pemahaman visual yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa terhadap konsep tersebut dengan memanfaatkan Augmented Reality (AR) berbasis GeoGebra sebagai alat bantu visualisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap seorang mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Medan. Data diperoleh melalui observasi, analisis jawaban mahasiswa, serta evaluasi pemahaman sebelum dan sesudah penggunaan GeoGebra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran barisan Cauchy memberikan dampak positif terhadap pemahaman mahasiswa. Visualisasi interaktif memungkinkan mahasiswa untuk mengamati bagaimana elemen dalam barisan semakin rapat seiring bertambahnya indeks, serta memahami peran parameter dalam menentukan konvergensi barisan. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa integrasi teknologi AR dengan GeoGebra berperan signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika yang abstrak. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Analisis Real serta sebagai dasar pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi di masa depan.
Downloads
References
Andriyani, A., & Buliali, J. L. (2021). Development learning media of circle using android-based augmented reality for the deaf students. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 170–185. https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1353
Arici, F., Yildirim, P., Caliklar, Ş., & Yilmaz, R. M. (2019). Research trends in the use of augmented reality in science education: Content and bibliometric mapping analysis. Computers & Education, 142, 103647. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103647
Bursali, H., & Yilmaz, R. M. (2019). Effect of augmented reality applications on secondary school students’ reading comprehension and learning permanency. Computers in Human Behavior, 95, 126–135. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.035
Chang, S.-C., & Hwang, G.-J. (2018). Impacts of an augmented reality-based flipped learning guiding approach on students’ scientific project performance and perceptions. Computers & Education, 125, 226–239. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.06.007
Chusna, A., Setiadi, A. D., Amalia, E., & Fajaroh, F. (2021). STUDI LITERATUR PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN KIMIA: KEUNGGULAN, MANFAAT DAN APLIKASINYA. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 71–84. https://doi.org/https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/149
Crispin, A. R. (2024). Virtual/Augmented Reality: Konsep, Implementasi dan Pengujian. PUBLISH BUKU UNPRI PRESS ISBN, 1(2). https://doi.org/10.51622/pengabdian.v2i1.192
Efendi, M. Y., Lutfi, I., Utami, I. W. P., & Jati, S. S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (ARC) berbasis pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari untuk Peserta Didik Kelas X KPR 1 SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 176–187.
Guntur, M. I. S., Setyaningrum, W., Retnawati, H., & Marsigit. (2020). Can augmented reality improve problem-solving and spatial skill? Journal of Physics: Conference Series, 1581(1), 012063. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012063
Hendriyani, Y., Effendi, H., Novaliendry, D., & Effendi, H. (2019). AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(2), 63–68. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.244
Hidayat, T. (2015). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak. Creative Information Technology Journal, 2(1), 77. https://doi.org/10.24076/citec.2014v2i1.39
Hsu, H.-P., Wenting, Z., & Hughes, J. E. (2019). Developing Elementary Students’ Digital Literacy Through Augmented Reality Creation: Insights From a Longitudinal Analysis of Questionnaires, Interviews, and Projects. Journal of Educational Computing Research, 57(6), 1400–1435. https://doi.org/10.1177/0735633118794515
Kartini, K., Sudirman, S., & Lestari, W. D. (2020). PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBANTUAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY PADA SISWA EKSTROVERT DAN INTROVERT. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 139. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.2709
Lai, A., Chen, C., & Lee, G. (2019). An augmented reality-based learning approach to enhancing students’ science reading performances from the perspective of the cognitive load theory. British Journal of Educational Technology, 50(1), 232–247. https://doi.org/10.1111/bjet.12716
Lestari, A. A., Nyoto, R. D., & Sukamto, A. S. (2018). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK PENGENALAN ALAT INDRA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 6(1), 32. https://doi.org/10.26418/justin.v6i1.23740
Mourtzis, D., Siatras, V., Angelopoulos, J., & Panopoulos, N. (2020). An Augmented Reality Collaborative Product Design Cloud-Based Platform in the Context of Learning Factory. Procedia Manufacturing, 45, 546–551. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.076
Mursyidah, D. (2022). Aplikasi Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Pengenalan Bangun Ruang bagi Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 4(1), 427–433. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jtn.v4i1.2941
Muwahiddah, U., Asikin, M., & Mariani, S. (2019). Project Based Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238
Nelson, S., Darni, R., & Haris, F. (2022). Development Augmented Reality (AR) Learning Media for Pencak Silat Course at Faculty of Sports and Science Universitas Negeri Padang. Educational Administration: Theory and Practice, 28(01), 37–46.
Noviani, E., & Fajri, B. R. (2022). Rancang Bangun Media Interaktif Augmented Reality Pengenalan Gerak Dasar Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12553–12561. https://doi.org/https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3756
Nurwijaya, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 107–116. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1563
Nuryana, E., & Wintarti, A. (2022). DEVELOPMENT OF ELECTRONIC MODULE WITH AUGMENTED REALITY ON PYRAMID FOR VIII GRADE. MATHEdunesa, 11(3), 894–903. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p894-903
Pangestu, A., Susanti, E., & Setyaningrum, W. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada penalaran spasial siswa. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika, 1, 205–210. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.39
Prasetiyo, T., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.17977/um031v4i12017p037
Qomario, Q., Tohir, A., & Prastyo, C. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students’ high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(1), 69–73. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i1.106
Riani, A., Utomo, E., & Nuraini, S. (2021). Development of Local Wisdom Augmented Reality (AR) Media in Elementary Schools. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(6), 154–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i6.2735
Sara, J. A., & Danawak, Y. (2021). Kajian Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains, 3(1), 240–247. https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/200
Suciliyana, Y., & Rahman, L. O. A. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Usia Sekolah. Jurnal Surya Muda, 2(1), 39–53. https://doi.org/10.38102/jsm.v2i1.51
Sukma, L. R. G., Prayitno, S., Baidowi, B., & Amrullah, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. PALAPA, 10(2), 198–216. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.1897
Theodoropoulos, A., & Lepouras, G. (2021). Augmented Reality and programming education: A systematic review. International Journal of Child-Computer Interaction, 30, 100335. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2021.100335
Turan, Z., Meral, E., & Sahin, I. F. (2018). The impact of mobile augmented reality in geography education: achievements, cognitive loads and views of university students. Journal of Geography in Higher Education, 42(3), 427–441. https://doi.org/10.1080/03098265.2018.1455174
Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Andhita, K. (2022). Effect of Augmented Reality (AR) on Problem Solving Ability in 3D Spatial Modeling in Elementary Schools. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 1476–1480. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.369
Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(5), 190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238
Widyasari, N., & Mastura, L. I. (2020). Improving Geometry Thinking Ability through Augmented Reality Based Learning Media. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 9(1), 80. https://doi.org/10.24235/eduma.v9i1.5304
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten