ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DALAM SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1086Keywords:
Kesalahan, Sintaksis, Skripsi MahasiswaAbstract
Kesalahan bahasa pada dasarnya disebabkan pada diri orang yang menggunakan bahasa yang bersangkutan bukan pada bahasa yang digunaka nya. Tujuan dilakukan nya penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan penggunan struktur frasa dan kalimat dalam tataran sintaksis pada skripsi mahasiswa. Penelitian ini mengguanakan metode analisis isi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah skripsi mahasiswa angkatan 2018 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar sebanyak 40 skripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tentang analisis kesalahan berbahasa tataran sintaksis dalam kumpulan skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yaitu teknik dokumentasi dan hermeneutik, teknik ini merupakan teknik baca, catat, dan simpulkan. Hasil dari penelitian kesalahan struktur frasa dalam skripsi mahasiswa angkatan 2018 yang lulus tahun 2022 didapati 7 (tujuh) dan kalimat ada 12 penyebab kesalahan, yakni: adanya pengaruh dari bahasa daerah, ketidak tepatan penggun an preposisi, ketidaktepatan dalam penyusunan kata, berlebihan dalam penggunan unsur (mubazir), berlebihan dalam penggunan bentuk superlatif, dan penjamakan yang ganda, dan Penggunan bentuk respirokal yang tidak tepat
Downloads
References
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1).
Ali, M. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Arifin, N., Jihan, J., Edy Nurtamam, M., Cendrawati Ramli, A., Wonmaly, W., & Pabisangan Tahirs, J. (2023). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences Pada Perguruan Tinggi. Journal on Education, 6(1), 3500–3511. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3420
Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan penting evaluasi pembelajaran Bahasa di sekolah dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1–9.
Badudu, Y. (2021). Cakrawala Bahasa Indonesia.
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2). http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.58230/27454312.2
Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1–9.
Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Sintesis, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.24071/sin.v11i1.927
Khoirurrohman, T., & Anjany, A. (2020). Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Ketug (Kajian Sosiolinguistik). DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 362–370.
Kusumawati, T. I. (2018). Peranan Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi. Nizhamiyah, 8(2). http://dx.doi.org/10.30821/niz.v8i2.396
Maulida, U. (2021). Kesalahan Berbahasa Tataran Ejaan, Morfologi, dan Sintaksis Skripsi Mahasiswa Program Studi PGMI Binamadani. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i1.220
Moeliono, A. M., Lapoliwa, H., Alwi, H., & Sasangka, S. S. T. W. (2017). Tata bahasa baku bahasa Indonesia.
Muslich, M. (2017). Bahasa Indonesia pada era globalisasi.
Najah, Z., & Agustina, A. (2020). Analisis Kesalahan Semantik pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Intan Lampung. Al-Fathin, 3(1), 112.
Pramitasari, A. (2020). Kesalahan berbahasa bidang sintaksis pada karya ilmiah (Skripsi) mahasiswa Universitas Pekalongan. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1).
Puspitasari, T., & Devi, A. (2019). Pengaruh bahasa ibu terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 465–470.
Putri, F. N. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16. https://doi.org/10.30659/j.8.1.16-24
Rahardi, R. K. (2017). Kajian Sosiolinguistik: Ihwal Kode dan Alih Kode. Ghalia Indonesia.
Ramaniyar, E. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Penelitian Mini Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 70–80. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.407
Saputra, M., & Alber, A. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis Dalam Skripsi Mahasiswa Universitas Islam Riau. Jurnal Sastra Indonesia, 10(3), 215–226. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i3.49607
Shalima, I., & Wijayanti, A. (2020). Kesalahan Berbahasa Dalam Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Tidar. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(2).
Sudaryanto, D. P. (2015). Metode dan aneka teknik analisis Bahasa [Method and technique of language study]. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Suhendar, N. (2016). Ragam Bahasa Di Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang (Kajian Sosiolinguistik). Lokabasa, 7(1), 53–61.
Zulfahmi, H. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Model Pembelajaran Tutorial. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2). https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.429
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten