HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.255Keywords:
Regulasi Emosi, Stres Akademik, MahasiswaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran LKPD bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan beberapa hal berikut:Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi emosi dan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Kota Medan, dengan nilai korelasi Pearson sebesar r = -0,075 dan signifikansi p = 0,164.Meskipun tidak berhubungan secara signifikan, data deskriptif menunjukkan bahwa regulasi emosi mahasiswa tergolong baik, dengan nilai rata-rata empirik sebesar 59,26, melebihi rata-rata hipotetik sebesar 50.Di sisi lain, stres akademik juga berada pada tingkat yang tinggi, dengan nilai rata-rata empirik sebesar 115,15, lebih tinggi dari rata-rata hipotetik sebesar 100. Hal ini menunjukkan bahwa regulasi emosi yang baik belum cukup menurunkan tingkat stres akademik secara efektif. Hasil ini diperkuat oleh data jurusan dan universitas yang menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar mahasiswa memiliki regulasi emosi tinggi, mereka tetap mengalami stres akademik tinggi, terutama pada mahasiswa jurusan Teknik dan Pendidikan serta yang berasal dari universitas UNIMED dan USU. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa regulasi emosi merupakan faktor penting, namun bukan satu-satunya penentu stres akademik. Faktor eksternal seperti beban skripsi, tekanan waktu, dan bimbingan akademik menjadi faktor yang lebih dominan dalam memengaruhi stres mahasiswa.
Downloads
References
A’yunina, H., & Abdurrohim, A. (2021). Hubungan Antara Stres Akademik Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.
Aqiilah, I. I. (2020). PUASA YANG MENAJUBKAN (STUDI FENOMENOLOGIS PENGALAMAN INDIVIDU YANG MENJALANKAN PUASA DAUD). Jurnal EMPATI, 10(2), 163–189. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2020.27704
Dilla, I. F., & Susanti, R. (2022). Sabar Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 3(3), 131. Https://Doi.Org/10.24014/Pib.V3i3.17382
Dwi Candra Buwana, F., & Kasturi, T. (2018). Hubungan Antara Kestabilan Emosi Dan Sikap Disiplin Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara (Safety Riding). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hafsari, A. (2020). Religiusitas Dan Stres Akademik Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Malang. Http://Eprints.Umm.Ac.Id/Id/Eprint/64868
Herdajani, F. (2020). Jurnal Penelitian Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Kesadaran Diri Dengan Perilaku Disiplin Pada Santriwati Kelas XI Di Pondok Pesantren YAPIDH Bekasi. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Kesadaran Diri Dengan Perilaku Disiplin Pada Santriwati Kelas XI Di Pondok Pesantren YAPIDH Bekasi.
Hizmi, F. L. Al. (2022). Hubungan Stres Akademik Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Penyusun Skripsi Di Masa Pandemi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/Id/Eprint/41365
Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan Antara Kesabaran Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Pekanbaru. AN-NAFS, 13(01), 21–34. Https://Migrasi.Journal.Uir.Ac.Id/Index.Php/Annafs/Article/View/2728
Izah, N., Aini, D. K., & Bukhori, B. (2023). Stress Dan Strategi Coping Pada Mahasiswa Yang Bertempat Tinggal Di Pondok Pesantren. Journal Of Islamic And Contemporary Psychology (JICOP), 3(1s), 231–242. Https://Doi.Org/10.25299/Jicop.V3i1s.12364
Khofifah, A. N., Musawwir, M., & Purwasetiawatik, T. F. (2023). Pengaruh Father Involvement Terhadap Regulasi Emosi Remaja Akhir Di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 3(1), 56–64. Https://Doi.Org/10.56326/Jpk.V3i1.2043
KURNIADI, M. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS X IPS 5 SMA N 8 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS X IPS 5 SMA N 8 KOTA JAMBI. Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/9494
Mariska, A. (2018). Pengaruh Penyesuaian Diri Dan Kematangan Emosi Terhadap Homesickness. Psikoborneo, 6(3), 310–316.
Maulana, I., & Alfian, I. N. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Dan Penyesuaian Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 829–836.
Nugraha, A. P., Hati, K. B. B., Renita, D., & Anggita, G. (2020). Stres Akademik: Apa Solusinya?, Sebuah Studi Kasus Mengenai Coping Mechanism Mahasiswa.
Nugrahani, D. K. (2018). PENGARUH KEMATANGAN EMOSI DENGAN DISIPLIN BERLALU LINTAS PADA REMAJA. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Sw9zf
Nurcahyani, D. I., & Prastuti, E. (2021). Regulasi Diri Sebagai Prediktor Stres Akademik Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu. PSIKOVIDYA, 24(2), 94–101. Https://Doi.Org/10.37303/Psikovidya.V24i2.161
Nurrahma, A., Khoirunisa, Y. N., & Khoiriyah, Z. (2021). Hubungan Stres Akademik Dengan Online Student Engagement Pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Risenologi, 6(1b), 18–24.
PARDOSI, D. S. (2020). SKRIPSI LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT STRES. Http://Poltekkes.Aplikasi-Akademik.Com/Xmlui/Handle/123456789/4410
Pranata, B. (2018). HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN PERILAKU MEROKOK MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Salatiga Jurusan PAI Angkatan Tahun 2015) SKRIPSI.
Putri, A., Darmayanti, N., & Menanti, A. (2023). PENGARUH REGULASI EMOSI DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA. JIVA: Journal Of Behaviour And Mental Health, 4(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30984/Jiva.V4i1.2528
Rabbani, M. R., & Wahyudi, H. (2023). Pengaruh Academic Self-Efficacy Terhadap Stress Akademik Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1), 202–211. Https://Doi.Org/10.29313/Bcsps.V3i1.5188
Revendra, A., & Duryati, D. (2022). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Socio Humanus, 4(1), 72–86.
Rima, H. (2021). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Perantau. UIN Raden Intan Lampung. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/15917
Sari, Y. (2021). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Religiusitas Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Perantau Di Asrama Daerah Mahasiswa Yogyakarta. Indonesian Psychological Research, 3(2), 75–81.
Ulfah, E., Bakhtiar, B., & Irma, H. T. (2019). RESILIENSI WANITA PENDERITA KANKER PAYUDARA STADIUM LANJUT. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 119–129. Https://Doi.Org/10.15548/Alqalb.V9i2.860
Ulya, M. (2019). EMOSI POSITIF MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN. El-Furqania : Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(02), 154–180. Https://Doi.Org/10.54625/Elfurqania.V5i02.3507
Vania, N. R., Supriatna, E., & Fatimah, S. (2019). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Dalam Rangka Pengelolaan Stres Akademik Peserta Didik Kelas Viii Smp. FOKUS: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(6), 250–264.
Widiyastari, U. (2019). Hubungan Antara Rasa Syukur Dengan Stres Akademik Pada Santri Pondok Pesantren An-Nur Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Http://Eprints.Mercubuana-Yogya.Ac.Id/Id/Eprint/4706
Winoto, T. Y., & Putra, I. G. S. (2022). Motivasi Pembelajaran Online Di Era New Normal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3549–3554. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i9.843
Zuhdi, N. M., & Mulawarman, M. (2021). PENGARUH PERUNDUNGAN SIBER DI MEDIA SOSIAL DAN BYSTANDER TERHADAP REGULASI EMOSI REMAJA SE-KABUPATEN PEMALANG. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 7(2), 118–127. Https://Doi.Org/10.15548/Atj.V7i2.3121
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten