PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN COPING STRESS PADA MAHASISWA YANG BEKERJA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.255Kata Kunci:
Pengaruh, Kecerdasan Emosi, Coping Stress, Mahasiswa Yang BekerjaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Coping Stress Pada Mahasiswa Yang Bekerja. Pada hasil penelitian ini, akan dipaparkan kesimpulan berupa rangkuman dari penelitian yang telah dilakukan: Hasil penelitian ini menunjukkan analisis korelasi data terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan coping stress pada mahasiswa yang bekerja di kota Medan. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney Test antara variabel yang satu dengan variabel kedua menunjukan hipotesis penelitian diterima. Artinya, semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin rendah coping stress pada mahasiswa yang bekerja di kota Medan. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi, maka semakin tinggi coping stress yang dilakukan mahasiswa. Berdasarkan hasil kategorisasi subjek penelitian, dapat diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa yang bekrja di kota Medan berada dalam kategori sedang. Pada variabel kecerdasan emosi paling banyak pada kategori sedang adalah aspek penguasaan diri dan pengenalan diri, sedangkan pada coping stress menunjukan bahwa problem focused coping paling banyak pada kategori rendah.
Unduhan
Referensi
aldi, A., Suhardiman, S., & Ihsan, A. N. (2024). Culture Shock Dan Adaptasi Studi Fenomenologi Pada Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 Di Universitas Pendidikan Ganesha. Journal On Education, 6(4), 19381–19391. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i4.5954
Budiarti, E., & Hanoum, M. (2019). Koping Stres Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesejahteraan Psikologis Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Soul: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 11(1), 44–61.
Derang, I., Novitarum, L., & Hasibuan, Y. L. (2023). Hubungan Body Shaming Dengan Harga Diri Pada Mahasiswa Ners Di Stikes Santa Elisabeth Medan Tahun 2022. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(7), 2845–2862. Https://Doi.Org/10.53625/Jcijurnalcakrawalailmiah.V2i7.5270
Faizati, S. Q., Sa’diyah, G. A. R., Prihatini, F. F., & Khusna, H. K. (2022). Kesejahteraan Psikologis Ibu Yang Memiliki Anak Disleksia (Studi Kasus Pada Film Wonderful Life). Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 6(1), 126–151. Https://Doi.Org/10.21274/Martabat.2022.6.01.126-151
Fatmawati, I. (2018). Hubungan Antara Regulasi Diri Dan Resiliensi Pada Remaja Di Keluarga Yang Bercerai.
Hutabarat, E., & Nurchayati, N. (2021). Penyesuaian Diri Mahasiswa Batak Yang Merantau Di Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 45–59.
Khairun, A. A., Equatora, M. A., Zulyadi, T., & Saputra, H. (2023). Penyuluhan Body Shaming Di Sma Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Indonesian Journal Of Community Services, 2(1), 5–8. Https://Doi.Org/10.47540/Ijcs.V2i1.802
Lisa Astini, Nur Afni Safarina, & Ella Suzanna. (2022). Gambaran Kesejahteraan Psikologis Wanita Menikah Dari Keluarga Bercerai. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(1), 21–30. Https://Doi.Org/10.29080/Jpp.V13i1.685
Maliki, A. R. (2019). Kesejahteraan Subjektif Dan Kepuasan Perkawinan Pada Pasangan Yang Tidak Memiliki Anak Karena Infertilitas. Psikoborneo, 7, 933–942.
Mufidah, V. N., & Fadilah, N. N. (2022). Penyesuaian Diri Terhadap Fenomena Culture Shock Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Muqoddima Jurnal Pemikiran Dan Riset Sosiologi, 3(1), 61–70. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47776/10.47776/Mjprs.003.01.05
Musdalipa, M. (2020). Penyesuaian Diri Dan Daya Juang Pada Mahasiswa Asing Thailand Di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 696–708.
Nadlyfah, A. K., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan Antara Pengungkapan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau Di Semarang. Jurnal Empati, 7(1), 136–144.
Nafila, M. (2021). Hubungan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Resiliensi Akademik Pada Siswa Kelas Xii Program Akselerasi Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/Id/Eprint/27795
Nanik, N., Surijah, E. A., Natalya, L., & Chrisyanti, M. (2022). Efek Mediasi Ketakutan Menjadi Lajang Dalam Hubungan Antara Stereotip Negatif Dan Kesejahteraan Psikologi Perempuan Lajang. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 11(1), 1–19. Http://Repository.Ubaya.Ac.Id/Id/Eprint/42519
Pattynama, P. C., Sahrani, R., & Heng, P. H. (2019). Peran Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Keterlibatan Akademik Terhadap Intensi Mengundurkan Diri Dengan Resiliensi Sebagai Mediator. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(2), 307. Https://Doi.Org/10.24912/Jmishumsen.V1i1.5629
Pelupessy, D., Hartono, S. S. B., & Yang, Y. (2020). Psychological Well-Being And The Sense Of Community Among Displaced (Women) Natural Disaster Survivors. Jurnal Sains Psikologi, 9(1), 46–56.
Putri, A., Darmayanti, N., & Menanti, A. (2023). Pengaruh Regulasi Emosi Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jiva: Journal Of Behaviour And Mental Health, 4(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30984/Jiva.V4i1.2528
Sarina, S. (2018). Gambaran Psychological Well-Being Pekerja Sosial Dian Bersinar Foundation Medan. Jurnal Diversita, 4(1), 16. Https://Doi.Org/10.31289/Diversita.V4i1.1567
Simarmata, O. Y., & Lestari, M. D. (2020). Harga Diri Dan Penerimaan Diri Pasangan Menikah Tidak Memiliki Anak Di Bali. Jurnal Psikologi. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/Id/Eprint/90248
Soemantri, N. P. (2019). Adaptasi Budaya Mahasiswa Asal Indonesia Di Australia. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 46–56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32509/Wacana.V18i1.727
Wati, R., Venny, V., Tantama, Y. S., & Dwi Putra, A. I. (2021). Psychological Well-Being Pada Pengungsi Pencari Suaka Yang Tinggal Di Negara Transit. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jjbk.V12i1.31809
Yani, A. I. (2021). Psychological Well-Being Mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah Iain Bengkulu. Uin Fas Bengkulu. Http://Repository.Iainbengkulu.Ac.id/id/eprint/6794
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten