PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM DENGAN LITERASI SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION (OBE)
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1118Keywords:
STEAM, Literasi Saintifik, Outcome Based EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran STEAM Dengan Literasi Saintifik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Berbasis Outcome Based Education (OBE) pada program studi pendidikan matematika FKIP UHN. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester I program studi pendidikan matematika FKIP UHN. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen tetap dan 80 orang mahasiswa aktif dari 2 mata kuliah di program studi pendidikan matematika FKIP UHN. Pemilihan 80 orang mahasiswa dilakukan secara acak. Analisis deskriptif yang meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas dan Uji Hipotesis. Berdasarkan analisis data pengujian dengan spss didapatkan nilai sig 0,000 < 0,05, hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua Variabel. Dalam hal ini maka H0 ditolak dan Ha diterima yang meyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Model Pembelajaran STEAM Dengan Literasi Saintifik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Berbasis Outcome Based Education (OBE).
Downloads
References
Ag Damit, M. A., Omar, M. K., & Mohd Puad, M. H. (2021). Issues and Challenges of Outcome-based Education (OBE) Implementation among Malaysian Vocational College Teachers. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(3). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i3/8624
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829
Annisa, M. A. P. C. W., & Febriastuti, R. (2021). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEAM BERBAHAN LOOSE PARTS DALAM MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN ABAD 21 PADA ANAK USIA DINI. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118–130. https://doi.org/10.22515/abna.v2i2.4484
Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019
Atmojo, I. R. W. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engenering, Art And Mathematich (STEAM) untuk Meningkatkan Kompetensi Paedagogik dan Professional Guru SD Melalui Metode Lesson Study. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.20961/jpd.v8i2.44214
Churat, J., Prommatha, R., Pengsawat, W., Upanit, W., Chaemchun, S., Intasena, A., & Yotha, N. (2022). The Use of the SQ4R Technique in Enhancing Grade 11 Student Critical Reading. Higher Education Studies, 12(4). https://doi.org/10.5539/hes.v12n4p113
Fauziah, N. W. (2022). Penerapan Metode Belajar STEAM dengan Bahan Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 40–45.
Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. In Beta Jurnal Tadris Matematika (Vol. 9, Issue 1, p. 61). https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.1
Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 275–281. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3561
Luo, Y.-J., Lin, M.-L., Hsu, C.-H., Liao, C.-C., & Kao, C.-C. (2020). The Effects of Team-Game-Tournaments Application towards Learning Motivation and Motor Skills in College Physical Education. Sustainability, 12(15), 6147. https://doi.org/10.3390/su12156147
Muslim, A. (2020). The effect of cooperative learning Type Teams-Games-Tournaments (TGT) on mathematical connection and communication ability in elementary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1), 012170. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012170
Nurfadillah, R. R., & Rakhman, A. (2020). IMPLEMENTASI METODE STEAM BERBASIS MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 266–274. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p
Pardimin, P. (2022). Pengelolaan Pembelajaran STEAM untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. Media Manajemen Pendidikan, 5(1), 67–78. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7017
Purwaningsih, C. W. W., Triharnanto, J., & Pusporini, W. (2022). Penggunaan Media Loose Part Berbasis STEAM Dalam Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Seminar Nasional 100 Tahun Tamansiswa, 1(1), 31–35.
Rachmah, L. L., Farantika, D., & Prawinda, R. A. (2022). Pembelajaran Steam dengan Media Loose Parts Guna Menstimulasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(3), 466. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.535
Rizki, L. E., Anggrasari, L. A., & Sholikhah, O. H. (2022). Implementasi mempari (membaca pagi hari) dengan teknik menyusun kata pada pembelajaran membaca lancar di kelas II. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 1(1), 390–395.
Rochanah, L. (2021). Pesona Pembelajaran Bermuatan SELAMET pada Peningkatan HOST Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 102–114. https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.737
Sarniah, S., Anwar, C., Wahyu, R., & Putra, Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. 3(1), 87–96.
Selfie, S., & Hartati, H. (2021). The Effectiveness of The Powerpoint Assisted SQ4R Model on Reading Skills In Class V Students. Elementary School Teacher, 5(1). https://doi.org/10.15294/est.v5i1.33821
Sholikh, M. N., Sulisworo, D., & Maruto, G. (2019). Effects of Cooperative Blended Learning Using Google Classroom on Critical Thinking Skills. Proceedings of the 6th International Conference on Community Development (ICCD 2019), 326–330. https://doi.org/10.2991/iccd-19.2019.86
Sulikhah, S., Utomo, S., & Santoso, S. (2020). Pengaruh Teknik Survey Question Read Reflect Recite Review (Sq4R) Dan Teknik Skema Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sd Negeri Kelas Iii Di Kecamatan Karanganyar Demak. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 365–385. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4752
Training, P. A., & Dikti, K. (2018). OUTCOME- ‐ Based Education Outcome- ‐ based Education ( OBE ).
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). THE UTILIZATION OF LOOSE PARTS MEDIA IN STEAM LEARNING FOR EARLY CHILDHOOD. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326
Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, & Helmawati. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Administrasi Pendidikan Journal, 4(1), 1–6.
Wulandari, Y., Mahmuda, A. A., Astuti, M. D., Ariyanto, W. T., & Darmadi, D. (2021). Orientasi Pengembangan Dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 317–321. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3155
Yunanda, H., Advinda, L., & Sumarmin, R. (2018). Effects of cooperative learning model type games teams tournament (TGT) and entry behavior student to learning competence class XI IPA senior high school 1 Lengayang. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 6(2), 329–339. https://doi.org/http://ijpsat.ijsht-journals.org/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten