PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING TRIGGER QUESTIONS TERHADAP PROSES BERPIKIR MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.1119Keywords:
Pengaruh Berpikir Matematis, Scaffolding, Trigger Questions, Strategi Scaffolding Trigger Questions, Soal PISAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Scaffolding Trigger Questions Terhadap Proses Berpikir Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA di Kelas X SMA Negeri 4 Medan T.A. 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 dengan jumlah 35 siswa dan kelas X-6 dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen berpikir matematis siswa mempunyai nilai rata-rata pre-test = 38,68 sedangkan rata-rata post-test = 84,77. Pada kelas kontrol berpikir matematis siswa mempunyai nilai rata-rata pre-test = 28,51 sedangkan rata-rata post-test = 63,82. Maka berdasarkan hasil perhitungan pada berpikir matematis siswa menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan memperhatikan nilai Sig.(2-tailed) yang diperoleh dan hasil rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan strategi scaffolding trigger questions berpengaruh pada berpikir matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA di kelas X SMA Negeri 4 Medan.
Kata Kunci : Pengaruh, Berpikir Matematis, Scaffolding, Trigger Questions, Strategi Scaffolding Trigger Questions, Soal PISA
Downloads
References
Anisah, A., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22342/Jpm.5.1.333.
Ariawan, R., & Zetriuslita, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif (Studi Kasus Pada Mata Kuliah Persamaan Differensial). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1410–1426. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.652
Darma, Y. (2012). Efektivitas Strategi Heuristik Dengan Pendekatan Metakognitif Dan Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas Xii Madrasah Aliyah Di Pontianak. Uns (Sebelas Maret University).
Dinarti, S., & Qomariyah, U. N. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berbasis Etnomatika Budaya Jombang. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 103–112. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36709/Jpm.V14i2.76
Fadriati, F., Muchlis, L., & Bs, I. A. (2023). Model Pembelajaran Pai Dengan Project Based Learning Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sma. Islamika, 5(1), 177–188. Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V5i1.2542
Fahlevi, R., & Yuliani, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Sma Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1191–1204. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V4i5.P%25p
Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal Of Educational Review And Research, 3(1), 14. Https://Doi.Org/10.26737/Jerr.V3i1.2024
Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., Rustina, R., & Nimah, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Berpikir Gregorc. Journal Of Authentic Research On Mathematics Education (Jarme), 2(2), 96–107. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37058/Jarme.V2i2.1734
Fitri, S. N., Liana, M., & Tambunan, L. R. (2023). Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Berpikir Menurut Gregorc. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 131–146. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V14i2.16324
Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36. Https://Doi.Org/10.33365/Ji-Mr.V2i2.1413
Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game. Indonesian Journal Of Intellectual Publication, 1(3), 204–211.
Huda, U. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika.
Indriyani, N., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Desain Model Dan Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information And Communication Technology) Pada Tingkat Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 8(2), 1741–1758. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V8i2.480
Ismail, S., & Bempah, H. O. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi. Jambura Journal Of Educational Chemistry, 13(1), 7–13.
Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 210–218.
Jelatu, S., Mon, M. E., & San, S. (2019). Relasi Antara Kemampuan Numerik Dengan Prestasi Belajar Matematika. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–18. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V10i1.2390
Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 Smk Dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905–923.
Kisac, I., & Budak, Y. (2014). Metacognitive Strategies Of The University Students With Respect To Their Perceived Self-Confidence Levels About Learning. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 116(2), 3336–3339. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2014.01.759
Maskur, R., Permatasari, D., & Rakhmawati, R. M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal Pada Materi Konsep Pecahan Kelas Vii Smp. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 78–87.
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99. Https://Doi.Org/10.30998/Jkpm.V6i1.7960
Munawarah, M., Fajriana, F., Listiana, Y., Maryana, M., & Aklimawati, A. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Negeri 1 Syamtalira Bayu. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 37. Https://Doi.Org/10.29103/Jpmm.V3i1.11105
Nizammudin, M., Sukamto, S., & Priyanto, W. (2022). Analisis Kemampuan Disposisi Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Iv Pada Materi Bangun Datar Di Sd Negeri Bantengmati 02 Demak. Wawasan Pendidikan, 2(2), 566–573. Https://Doi.Org/10.26877/Wp.V2i2.10033
Novitasari, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Analisis Real Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau Dari Ranah Kognitif. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).
Ritunga, I., Rahayu, G. R., & Suhoyo, Y. (2018). Critical Reflection And Feedback For Medical Students: A Comparative Study.
Rukman, N. K., & Zulfikar, R. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 7(1), 106–117. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.7.1.106-117
Sabina, F. (2019). Penerapan Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Penalaran Matematis Serta Dampaknya Terhadap Self Regulated Learning Siswa Smp. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 201–215. Https://Doi.Org/10.33753/Madani.V2i2.52
Seng, N. B. (2020). Newman Error Analysis For Errors In Mathematical Word Questions Among Year Three Students In Sekolah Kebangsaan Taman Kluang Barat. International Journal Of Novel Research In Education And Learning, 7(2), 58–63.
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv). Suska Journal Of Mathematics Education, 4(1), 9. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V4i1.5057
Wahyu Utomo, M. F., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 185–193. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V11i2.25569
Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-Learning Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas Viii Mts Negeri 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Iain Ponorogo.
Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). The Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (Fc) Terhadap Hasil Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 71–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V10i2.10546
Yunus, N. A., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal Of Mathematics, 2(1), 30–38. Https://Doi.Org/10.34312/Jjom.V2i1.2591
Zuhri, Z., Hamdani, A. S., & Harini, N. V. (2022). Analisis Koneksi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau Dari Kecenderungan Gaya Berpikir. Musamus Journal Of Mathematics Education, 4(2), 108–118. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35724/Mjme.V4i2.4262
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten