BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR

Authors

  • Irham Habibi Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1484

Keywords:

Berpikir Kritis, Gaya Berpikir Gregorc, Strategi Pembelajaran Matematika, Pendidikan Matematika

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan esensial yang harus dimiliki mahasiswa pendidikan matematika dalam menghadapi tantangan pembelajaran matematika. Dalam konteks gaya berpikir Gregorc, yang terdiri atas konkret urutan, abstrak urutan, konkret acak, dan abstrak acak, setiap individu memiliki pendekatan unik dalam menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah. Metode Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan tes wawancara menggunakan indikator pencapaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengekslorasi. kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan matematika berdasarkan gaya berpikir Gregorc. Hasil studi menunjukkan bahwa mahasiswa dengan gaya berpikir konkret urutan cenderung sistematis dalam proses berpikir kritis, sedangkan yang memiliki gaya abstrak urutan lebih terfokus pada prinsip dan generalisasi konsep. Sementara itu, mahasiswa dengan gaya konkret acak cenderung fleksibel dalam menghubungkan konteks nyata, dan yang berpikir abstrak acak lebih kreatif dan inovatif dalam menemukan solusi. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya strategi pembelajaran yang dapat mengakomodasi keberagaman gaya berpikir mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis secara optimal dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Irham Habibi Harahap, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia

Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia

References

Amin, M., Ibrahim, M., & Alkusaeri, A. (2022). Meta Analisis: Keefektifan Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journal Of Authentic Research On Mathematics Education (Jarme), 4(2), 248–262. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37058/Jarme.V4i2.4844

Ariawan, R., & Zetriuslita, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif (Studi Kasus Pada Mata Kuliah Persamaan Differensial). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1410–1426. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.652

Aryanih, E., Amaliyah, A., & Gumilar, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd Negeri Rawarengas 2. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 862–870. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30605/Jsgp.7.2.2024.4106

Astindari, T., & Noervadila, I. (2019). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas X Semester Ganjil Di Smk Negeri 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 6(2), 15–24. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V6i2.25

Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal Of Educational Review And Research, 3(1), 14. Https://Doi.Org/10.26737/Jerr.V3i1.2024

Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman, S. (2022). Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pembelajaran Creative Problem Solving. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337. Https://Doi.Org/10.30998/Jkpm.V7i2.13071

Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., Rustina, R., & Nimah, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Berpikir Gregorc. Journal Of Authentic Research On Mathematics Education (Jarme), 2(2), 96–107. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37058/Jarme.V2i2.1734

Fitri, S. N., Liana, M., & Tambunan, L. R. (2023). Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Berpikir Menurut Gregorc. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 131–146. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V14i2.16324

Habibatul Izzah, K., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 2(2), 210. Https://Doi.Org/10.23887/Ijerr.V2i2.17629

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36. Https://Doi.Org/10.33365/Ji-Mr.V2i2.1413

Ismail, S., & Bempah, H. O. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi. Jambura Journal Of Educational Chemistry, 13(1), 7–13.

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 2(1), 107. Https://Doi.Org/10.31331/Medives.V2i1.528

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 210–218.

Luritawaty, I. P., Herman, T., & Prabawanto, S. (2022). Analisis Cara Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 191–202. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V11i2.698

Miatun, A., & Nurafni, N. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflective Dan Impulsive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 150–164. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V6i2.26094

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99. Https://Doi.Org/10.30998/Jkpm.V6i1.7960

Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Https://Doi.Org/Https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Sesiomadika/Article/View/2480

Ramanisa, H., Khairudin, K., & Netti, S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 2(1), 34–38. Https://Doi.Org/10.30598/Jumadikavol2iss1year2020page34-38

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Bangun Ruang Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Smp. Prisma, 9(2), 179–191.

Sari, H. J., Kusaeri, A., & Mauliddin, M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jpmi (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 56–66. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.26737/Jpmi.V5i2.1813

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.21831/Jrpm.V7i2.34290

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483–492.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv). Suska Journal Of Mathematics Education, 4(1), 9. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V4i1.5057

Tillah, N. F., & Subekti, H. (2025a). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Berdasarkan Indikator Dan Level Literasi Sains. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 137–154. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V12i1.1271

Tillah, N. F., & Subekti, H. (2025b). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Berdasarkan Indikator Dan Level Literasi Sains. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 137–154.

Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). The Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (Fc) Terhadap Hasil Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 71–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V10i2.10546

Yunus, N. A., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal Of Mathematics, 2(1), 30–38. Https://Doi.Org/10.34312/Jjom.V2i1.2591

Zuhri, Z., Hamdani, A. S., & Harini, N. V. (2022). Analisis Koneksi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau Dari Kecenderungan Gaya Berpikir. Musamus Journal Of Mathematics Education, 4(2), 108–118. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35724/Mjme.V4i2.4262

Published

2025-04-28

How to Cite

Harahap, I. H. . (2025). BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 135–141. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1484

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.