STUDI LITERATUR - SCAFFOLDING DENGAN METODE DEFRAGMENTING STRUKTUR BERPIKIR MASALAH HOTS

Penulis

  • Suci Wulandari Universitas Adzkia, Sumatra Barat, Indonesia
  • Rahmatul Hayati Universitas Adzkia, Sumatra Barat, Indonesia
  • Maifit Hendriani Universitas Adzkia, Sumatra Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1196

Kata Kunci:

Scaffolding, HOTS, Defragmenting, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Banyak penelitian yang telah membahas terkait masalah HOTS. Teori-teori seperti konsep scaffolding dari Vygotsky, dimana seseorang akan dapat mencapai pemahamannya dengan adanya bimbingan dari orang yang lebih paham, serta konsep defragmenting, dimana dengan memecah struktur berpikir mulai dari pemahaman masalah sampai dengan penyelesaian masalah, seseorang dapat difasilitasi kemampuan berpikirnya, terutama kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS. Oleh karena itu perlu dianalisa konsep-konsep ini untuk mengkaji scaffolding dengan metode defragmenting pada masalah HOTS. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk mengkaji bagaimana pendekatan scaffolding dengan metode defragmenting struktur berpikir dapat mendukung siswa dalam memahami HOTS dalam matematika. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengkaji: (1) Peran scaffolding dalam penyelesaian masalah matematika HOTS; (2) Konsep scaffolding dengan metode defragmenting struktur berpikir; dan (3) Karakteristik pembelajaran yang menerapkan metode ini. Temuan utama studi kepustakaan ini menyatakan bahwa kecemasan matematika menjadi hambatan utama dalam pemahaman HOTS oleh siswa. Namun, dengan pendekatan scaffolding dan defragmenting, siswa dapat memecah masalah menjadi bagian yang lebih kecil, memudahkan pemahaman, dan meningkatkan kemampuan dalam HOTS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan scaffolding dengan metode defragmenting memiliki potensi besar untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap masalah matematika yang kompleks. Implikasi untuk studi literatur ini mengarahkan untuk mengembangkan suatu program pembelajaran yang mengusung scaffolding dengan metode defragmenting untuk mefasilitasi HOTS.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Albab, U., Budiyono, and D. Indriati. 2020. “Metacognition Skills and Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Mathematics.” in Journal of Physics: Conference Series2.

Anghileri, Julia. 2006. “Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning Julia Anghileri University of Cambridge.” Mathematics Learning 10(2):1–16.

Badjeber, Rafiq, and Jayanti Putri Purwaningrum. 2018. “Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP.” Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):36–43.

Gusdinata, Jeki, and Somakim. 2019. “The Development of Mathematics HOTS Problems on Trigonometric for Senior High School.” in International Conference on Progressive Education.

Hasim, Salbiah binti Mohamad, Ruhizan binti Mohamad Yasin, and Roslinda binti Rosli. 2016. “A Meta Analysis Study On The Effectiveness of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Based Learning in Science and Mathematics Subjects.” in In Proceeding 7th International Seminar on Regional Education.

Kartiningrum, Eka Diah. 2015. Panduan Penyusunan Studi Literatur.

Lestari, Siti Rohmi Yuliati, and Ika Lestari. 2018. “HIGHER-ORDER THINKING SKILLS (HOTS) ANALYSIS OF STUDENTS IN SOLVING HOTS QUESTION IN HIGHER EDUCATION.” PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan 32(2):181–88.

Ma’rufi, M. Ilyas, and R. F. Pasandaran. 2020. “Higher Order Thinking Skills (HOTS) First Middle School of Class Viii Students in Completing the Problem of Polyhedron.” in Journal of Physics: Conference Series.

Pratama, G. S., and H. Retnawati. 2018. “Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook.” P. 8 in Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1097.

Salsabila, Fathiya, R. Johar, and Bahrun. 2018. “Students’ Difficulties in Solving Higher Order Thinking Skills Problems on Algebra Content.” in Proceedings of AICS-Social Sciences.

Sofiatun, Siti, Pinta Deniyanti Sampoerna, and Lukman El Hakim. 2018. “The Effect of Scaffolding Techniques on the Ability of Student’s Reasoning Ability and Mathematics Anxiety Reviewed from Gender.” UNNES Journal of Mathematics Education 7(1):63–71.

Sukendra, I. K. 2020. “Developing Teaching Materials for Trigonometry in Mathematics with Realistic Orientation Using HOTS Questions.” in Journal of Physics: Conference Series2.

Wulandari, Luthfiyanti Putri, and Rini Setianingsih. 2018. “THE GIVING OF SCAFFOLDING TO OVERCOME JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ DIFFICULTIES IN SOLVING HIGHER ORDER THINKING PROBLEMS OF ALGEBRA.” MATHEdunesa 1(7):46–50.

Wulandari, S., and M. U. Gusteti. 2021. “Defragmentation of Preservice Teacher’s Thinking Structures in Solving Higher Order Mathematics Problem.” Pp. 1–9 in ICOMSET 2020. Vol. 1940.

Wulandari, Suci, Sri Novia Martin, and Widdya Rahmalina. 2022. “ANALISIS PROSES BERPIKIR MAHASISWA DENGAN KECEMASAN TERHADAP MASALAH MATEMATIKA HOTS BERDASARKAN FASE KERJA MASON.” De Fermat 5(2):120–35.

Zulfa, H., D. R. S. Saputro, and Riyadi. 2018. “Analysis of Difficulties in Mathematics Learning on Students with Deictic Gesture Type in Problem-Solving HOTS Algebra Test.” in Journal of Physics: Conference Series.

Zulfa, H., D. R. S. Saputro, and Riyadi. 2019. “Students’ Difficulties in Mathematics Learning with Artisan Character Type in HOTS Trigonometry Test.” in Journal of Physics: Conference Series.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Wulandari, S. ., Hayati, R. ., & Hendriani, M. . (2024). STUDI LITERATUR - SCAFFOLDING DENGAN METODE DEFRAGMENTING STRUKTUR BERPIKIR MASALAH HOTS. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 15–25. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1196

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.